10 Cara Cegah Penyebaran Virus Corona Covid-19, Harus Diterapkan

Kamis, 26 Maret 2020 16:17 Reporter : Mutia Anggraini
10 Cara Cegah Penyebaran Virus Corona Covid-19, Harus Diterapkan warga gunakan masker untuk cegah virus corona. ©2020 merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Masifnya penyebaran virus corona covid-19 di Indonesia menjadi satu sorotan publik. Sebab, angka kasus infeksi virus corona covid-19 yang kian bertambah setiap harinya. Situasi ini membuat masyarakat Indonesia pada umumnya menjadi kian waspada.

Kini, tiap individu dituntut untuk memiliki kesadaran diri terhadap kesehatan diri sendiri. Selain itu, masyarakat juga dituntut untuk memiliki tanggung jawab terhadap pencegahan penyebaran virus corona covid-19 tersebut di wilayahnya masing-masing.

Berikut merupakan rangkuman yang dapat dipraktikkan untuk menghadapi virus corona covid-19:

1 dari 10 halaman

Cuci Tangan

tangan

www.newsms.fm

Tangan adalah media yang paling efektif untuk kuman, bakteri, dan virus singgah sementara untuk menginfeksi. Sebab, tangan menjadi salah satu anggota tubuh yang sering digunakan untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Untuk mencegah dan menekan penyebaran virus corona covid-19, cuci tangan sesering mungkin pada waktu-waktu yang penting. Anda dapat mencuci tangan sebelum makan, setelah beraktivitas, setelah buang air besar dan kecil, dan sebelum menyentuh mulut, hidung, dan mata.

2 dari 10 halaman

Gunakan Disinfektan

rumah tangga

www.hgtv.com

Langkah pencegahan selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah dengan menggunakan disinfektan. Cairan disinfektan ini dapat Anda buat sendiri dengan menggunakan beberapa bahan yang ada di sekitar Anda.

Semprotkan disinfektan pada benda-benda yang sering mendapatkan interaksi dengan manusia. Semprotkan disinfektan pada benda seperti gagang pintu, toilet, saklar lampu, stop kontak, pegangan tangga, dan lain sebagainya. Anda dapat menyemprotkan disinfektan ini pada pagi dan sore hari. Semprotkan setiap hari agar bakteri, kuman, dan virus yang ada tidak dapat bertahan di tempat tinggal Anda.

3 dari 10 halaman

Hindari Menyentuh Wajah

rusak

2016 Merdeka.com/Shutterstock

Sumber kuman, bakteri, dan virus adalah tangan. Melalui tangan, berbagai sumber penyakit dapat masuk ke dalam tubuh. Salah satu anggota tubuh lain yang rentan menjadi media penularan virus adalah mulut, hidung, dan mata.

Oleh karena itu, hindari menyentuh wajah dengan tangan. Jaga kebersihan tangan sebelum menyentuh area wajah seperti mulut, hidung, dan mata. Anda dapat mencuci tangan terlebih dahulu atau gunakan hand sanitizer.

4 dari 10 halaman

Hindari Kontak Langsung

tangan

2018 Merdeka.com/Pixabay

Interaksi sosial yang melibatkan kontak fisik menyebabkan virus corona covid-19 ini cepat menyebar dan menginfeksi hampir seluruh benua yang ada di dunia.

Dengan menghindari kontak langsung dengan orang lain seperti berjabat tangan dan berpelukan, maka risiko penyebaran virus corona covid-19 akan dapat ditekan dengan maksimal.

5 dari 10 halaman

Jangan Berbagi Barang Pribadi

makan yang kotor

www.eatthis.com

Mulai pertimbangkan untuk tidak berbagi barang dengan orang lain seperti sendok, piring, sedotan, handphone, sisir, dan lain sebagainya. Tekan laju penyebaran virus corona covid-19 dengan menggunakan barang sendiri.

Menurut ahli, virus corona covid-19 ini dapat menempel pada permukaan benda-benda yang ada di sekitar kita selama tiga hari. Jaga kebersihan barang-barang pribadi dan pastikan bersih sebelum digunakan.

6 dari 10 halaman

Terapkan Etika Bersin dan Batuk

ilustrasi bersin

Shutterstock.com/wavebreakmedia

Melalui bersin dan batuk, virus corona covid-19 ini dapat menyebar. Sebab, virus ini dapat menempel pada cairan yang ada di hidung, mulut, dan mata.

Tutup mulut dan hidung ketika bersin dan batuk menggunakan siku bagian dalam ataupun tisu bersih. Setelah itu, buang tisu yang telah digunakan di tempat sampah dan cuci tangan menggunakan sabun hingga bersih.

7 dari 10 halaman

Bersihkan Perabotan Rumah

ilustrasi perabotan

2012 Merdeka.com

Dilansir pada halodoc, Virus corona covid-19 dapat menempel pada benda-benda sekitar seperti logam, aluminium, kayu, kertas, plastik, dan kaca. Padahal, bahan-bahan tersebut berada di sekitar rumah Anda.

Membersihkan perabotan rumah merupakan tindakan yang bijak untuk saat ini terlebih apabila benda tersebut sering tersentuh. Bersihkan benda-benda tersebut dengan cairan disinfektan.

8 dari 10 halaman

Jaga Jarak

ilustrasi mencegah flu

Shutterstock.com/jaggat2

Jaga selalu jarak fisik dengan orang lain. Lakukan minimal 1 meter dengan orang lain di sekitar Anda. Dengan melakukan ini, Anda dapat meminimalisir penularan virus corona covid-19 di sekitar Anda.

Pemerintah telah memberlakukan berbagai kebijakan serupa untuk mencegah masifnya penyebaran virus corona covid-19. Beberapa di antaranya adalah bekerja dari rumah untuk memaksimalkan jarak antara satu orang dengan yang lainnya.

9 dari 10 halaman

Cuci Bahan Makanan

ilustrasi sayuran

2014 Merdeka.com/shutterstock/Pakhnyushcha

Dalam distribusi bahan makanan, terjadi interaksi yang melibatkan banyak orang. Maka dari itu, mencuci bahan makanan dengan menggunakan air bersih sebelum dimasak adalah hal yang perlu dilakukan pada saat ini untuk mencegah penyebaran virus corona covid-19.

Jika perlu, cuci bahan-bahan makanan tersebut dengan menggunakan larutan khusus untuk mencuci bahan makanan agar kuman, bakteri, dan virus dapat mati

10 dari 10 halaman

Hindari Berkumpul dengan Banyak Orang

012 yoga tri priyanto

genius.com

Salah satu faktor utama mengenai tingginya penyebaran virus corona covid-19 adalah adanya kontak langsung dengan orang yang terinfeksi virus. Untuk itu, menghindari kontak langsung dengan orang lain dalam jumlah banyak seperti berkumpul adalah tindakan yang patut dilakukan pada saat ini.

Ganti kebutuhan bersosialisasi Anda dengan menggunakan sambungan telepon atau internet untuk sementara waktu.

[mta]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini