Semburat Matahari Terbit di Gunung Bromo

Rabu, 24 Februari 2021 19:00 Reporter : Tyas Titi Kinapti
Semburat Matahari Terbit di Gunung Bromo Semburat Matahari Terbit di Gunung Bromo. ©2021 Merdeka.com/D.N. Marhendri

Merdeka.com - Jika penat dengan hiruk pikuk kota, berkunjung ke Gunung Bromo adalah tujuan yang tepat. Gunung yang memiliki ketinggian 2.329 meter ini mampu melepaskan stres saat melihat pesona matahari terbit dari arah timur kaki gunung. Sensasi melihat matahari terbit di atas pegunungan pun menjadi momen yang tak akan terlupakan bagi para wisatawan.

semburat matahari terbit di gunung bromo
©2021 Merdeka.com/D.N. Marhendri

Butuh perjuangan untuk mendapatkan momen sunrise yang cantik. Dari berangkat dini hari saat masih gelap sekitar pukul 03.30 atau 04.00 WIB, melalui jalan yang penuh pasir sampai menaiki 250 anak tangga untuk menuju puncak gunung.

Meski begitu, semua rasa lelah seolah terbayarkan saat melihat detik-detik matahari muncul dari tempat peraduannya. Semburat langit berwarna oranye dengan pemandangan gunung ini sukses memanjakan mata setiap penikmatnya.

semburat matahari terbit di gunung bromo
©2021 Merdeka.com/D.N. Marhendri

Keelokan Kaldera Tengger juga terlihat dari puncak gunung yang berlokasi di Jawa Timur ini, di antaranya Gunung Bromo, Gunung Watangan, Kursi, dan Gunung Widodaren. Hamparan pegunungan yang gagah membuat kamu tak berhenti takjub atas ciptaan Tuhan.

semburat matahari terbit di gunung bromo
©2021 Merdeka.com/D.N. Marhendri

Keindahan Gunung Bromo tak berhenti sampai disitu saja. Dari puncak gunung berapi yang masih aktif ini para wisatawan akan melihat kawah Gunung Bromo. Kepulan asap putih yang tebal dan material vulkanik membuat wisata Gunung Bromo terlihat semakin eksotis.

Menariknya, hingga kini masyarakat Suku Tengger mengadakan upacara adat Kasodo pada hari tertentu. Upacara ini melemparkan sesaji di kawah sebagai permohonan panen dan meminta tolak bala bagi masyarakt Suku Tengger.

semburat matahari terbit di gunung bromo
©2021 Merdeka.com/D.N. Marhendri

Usai melihat matahari terbit, para wisatawan juga mampu merasakan sensasi mengendarai jeep melewati lautan pasir dan jalan berbatu. Dengan merogoh kocek sebesar Rp 500 ribu untuk 6 orang penumpang, para wisatawan akan dimanjakan dengan sejuknya udara padang savana. Jangan lupa untuk berfoto dengan latar belakang padang savana yang ciamik. [Tys]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini