Pesona Masjid 99 Kubah Makassar di Tepi Pantai Losari

Jumat, 30 April 2021 15:00 Reporter : Tyas Titi Kinapti
Pesona Masjid 99 Kubah Makassar di Tepi Pantai Losari Masjid 99 Kubah Makassar. ©2021 Merdeka.com/Kuas Cahaya

Merdeka.com - Pada tepian Pantai Losari di Kota Makassar, berdiri masjid unik nan cantik, Masjid 99 Kubah. Sesuai namanya, masjid ini dipercantik dengan puluhan kubah. Kubah-kubah berbagai ukuran, mulai dari kecil hingga besar, semua menghiasi bagian atas masjid.

Warna masjid ini dominan dengan warna cerah seperti, merah, oranye, dan kuning. Dari kejauhan bangunan ini sudah tampak mencolok. Penampilan masjid ini sakral, monumental, megah dan berkarakter. 99 diambil dari Asmaul Husna yang merupakan nama-nama Allah.

Masjid rancangan Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil terletak di lahan reklamasi pesisir Pantai Losari. Tepatnya berada di Kawasan CPI (Center Point of Indonesia), Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Masjid ini menjadi ikon baru Kota Makassar dan Sulawesi Selatan.

masjid 99 kubah makassar
©2021 Merdeka.com/Kuas Cahaya

Masjid dengan luas bangunan 72 meter x 45 meter ini bisa menampung sekitar 13 ribu jemaah. Bangunan tepat ibadah umat Muslim ini memiliki tiga bagian yang bisa digunakan jemaah. Ruang sholat dapat menampung 3.880 jemaah, ruang mezzanine dapat menampung 1.005 jemaah. Pelataran suci memuat 8.190 jemaah.

Kelak, masjid yang berada di kawasan Timur Indonesia ini dapat menampung kegiatan ibadah dan syiar Islam. Bangunan ikonik juga diharapkan menjadi tempat rekreasi atau wisata religi bagi para wisatawan lokal atau mancanegara.

masjid 99 kubah makassar
©2021 Merdeka.com/Kuas Cahaya

Berada di tepi Pantai Losari, Masjid 99 Kubah Makassar sangat cantik dilihat saat momen-momen matahari terbenam. Bangunan ini akan berpadu dengan semburat jingga yang menawan. Warnanya nampak cantik saat malah, kubahnya terlihat megah dengan struktur menawan. Panoramanya pun menakjubkan.

Meski masih dalam tahap pembangunan, namun sangat ramai dikunjungi wisatawan. Terutama pada sore hari, jadi lokasi andalan muda-mudi Makassar menikmati sunset. Para wisatawan yang berkunjung tak ketinggalan mengabadikan keindahan Masjid 99 Kubah Makassar ini.

masjid 99 kubah makassar
©2021 Merdeka.com/Kuas Cahaya

Pembangunan tahap awal masjid ini pertama dilakukan pada 2017. Dilanjutkan tahap kedua di tahun 2018. Sementara dua tahun berselang tidak dilakukan konstruksi apapun karena adanya audit atau penyelesaian komponen-komponen pengawasan oleh berbagai pihak.

Kini, pembangunan masjid memasuki tahap III. Membetulkan dan menyelesaikan semua area fungsi pemanfaatan masjid. Termasuk area parkir yang bisa dimanfaatkan para santri. Pembangunan masjid ini dijadwalkan rampung tahun mendatang, 2022.

masjid 99 kubah makassar
©2021 Merdeka.com/Kuas Cahaya

Bentuknya yang unik, Masjid 99 Kubah Makassar akan menjadi 30 masjid terunik di dunia. Masjid terbesar di Sulawesi Selatan ini juga masuk daftar 10 masjid terunik di Indonesia. Saat berkunjung ke Kota Daeng, masjid ini menjadi daya tarik sendiri bagi para wisatawan. [Tys]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini