Eksotisnya Air Terjun Bantimurung Gallang di Tengah Pepohonan

Selasa, 18 Mei 2021 18:00 Reporter : Tyas Titi Kinapti
Eksotisnya Air Terjun Bantimurung Gallang di Tengah Pepohonan Air Terjun Bantimurung Galang. ©2021 Merdeka.com/Andi Imran Fajar

Merdeka.com - Dari tebing dengan ketinggian sekitar 80 meter, air mengalir deras. Tumpah di kedalaman 40 meter. Suara jatuhnya air terdengar jelas. Air terjun ini terhimpit di balik rindangnya pepohonan. Suara air beradu dengan hewan di sekitar. Asri dan sejuk.

Keindahan ini hanya bisa dijumpai di Air Terjun Bantimurung Gallang, di Dusun Pao, Desa Pao, Kecamatan Tombolopao. Air Terjun di Gowa ini berhasil memikat wisatawan dengan pemandangan eloknya. Masih hijau alami dengan banyak pepohonan di sekelilingnya.

Jika dilihat dari kejauhan air terjun ini mirip benang kelambu berwarna putih. Eksotis. Keelekoannya membuat Air Terjun Bantimurung Gallang menjadi destinasi favorit bagi para pencinta alam.

air terjun bantimurung galang
©2021 Merdeka.com/Andi Imran Fajar

Jika dilihat dari kejauhan Air Terjun Bantimurung Gallang hanya memiliki 1 aliran air saja. Namun, saat kamu menapaki lebih dekat. Air Terjun Bantimurung Gallang ini memiliki 2 aliran, bak air terjun kembar. Bagian bawah terdapat kolam dengan beberapa alga yang hidup.

Pesonanya tak hanya berhenti sampai di situ saja. Air terjun ini langsung menghadap ke arah terbitnya matahari. Jika, kamu berkunjung saat pagi hari, guratan pelangi muncul di antara derasnya aliran air. Mengaggumkan!

air terjun bantimurung galang
©2021 Merdeka.com/Andi Imran Fajar

Dulunya, destinasi ini dikenal sebagai wisata yang angker. Konon, katanya Air Terjun Bantimurung Gallang menjadi tempat eksekusi rakyat dari 3 kerajaan di sekitarnya. Rakyat yang melanggar adat pada masing-masing kerajaan akan dihukum dan mendapatkan eksekusi di air terjun ini.

Namun, kini kesan angker Air Terjun Bantimurung sudah hilang. Air Terjun di Tanah Gowa ini dikenal berkat keeksotisannya. Warga sekitar atau luar kota bersedia meluangkan waktu menikmati segarnya Air Terjun Bantimurung Gallang ini.

air terjun bantimurung galang
©2021 Merdeka.com/Andi Imran Fajar

Perjalanan ke Air Terjun Bantimurung Gallang memang bukan perjalanan yang mudah. Berada pada lereng Gunung Buhung Langit, membuat jalur yang dilalui berliku dan menanjak. Dari Kota Makassar setidaknya membutuhkan waktu sekitar 3 jam. Jika dari Kota Malino membutuhkan waktu sekitar 30 menit saja.

Di belakang wisata ini terdapat kawasan pembangkit listrik tenaga air (PLTA) Tompobulu. Kamu yang berkunjung bisa sekaligus mampir menyusuri kawasan PLTA.

air terjun bantimurung galang
©2021 Merdeka.com/Andi Imran Fajar

Wisata di Air Terjun Bantimurung Gallangsemakin mengasyikkan dengan fasilitas yang cukup memadai. Jalanan menuju rtue air terjun yang baik, toilet dan gazebo yang estetik. Para wisatawan bisa beristirahat di sejumlah gazebo sambil bersantai.

Menikmati suasana sejuk asri yang tak bisa dirasakan di hiruk pikuk kota.Air Terjun Bantimurung Gallang tempat yang cocok untuk melepas penat atau bercengkrama bersama orang terkasih. [Tys]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini