Unik, Peneliti Temukan Cara Buka Kunci Smartphone Pakai Napas

Senin, 26 September 2022 19:09 Reporter : Merdeka
Unik, Peneliti Temukan Cara Buka Kunci Smartphone Pakai Napas Ilustrasi smartphone. ©Shutterstock/Kostenko Maxim

Merdeka.com - Para peneliti dari Universitas Kyushu, Universitas Osaka, dan Universitas Tokyo di Jepang telah menemukan metode baru untuk membuka kunci smartphone, yakni dengan bernapas.

Dilaporkan TheEngineer dan GizChina Senin (26/9), Chaiyanut Jirayupat sebagai peneliti utama mengatakan bahwa otentikasi biometrik ini pada dasarnya menggunakan komposisi kimia unik dari napas setiap individu untuk mengonfirmasi siapa mereka.

Komposisi napas yang dihembuskan manusia pun sangat kompleks. Bau napas berubah sesuai kondisi, misalnya saat makan.

"Faktanya, napas manusia sudah digunakan untuk mengidentifikasi apakah seseorang mengidap kanker, diabetes, dan bahkan COVID-19," kata Jirayupat.

Istilah untuk teknologi ini ialah "electronic nose". Cara kerjanya sistem sensor akan menganalisis berbagai bau di udara dan secara akurat mengidentifikasi komponen aroma tersebut.

Penelitian ini juga menemukan bahwa setidaknya ada 28 senyawa dalam satu napas. Maka dari itu, teknologi ini dilengkapi dengan 16 saluran sensor yang tiap salurannya dapat mengidentifikasi berbagai bau.

Data sensor kemudian diteruskan ke sistem learning machine untuk menganalisis komposisi napas setiap orang dan mengembangkan profil yang akan digunakan untuk membedakan individu dengan tingkat akurasi yang diklaim mencapai 97,8 persen.

Namun, skala penelitian ini dianggap masih terlalu kecil. Dengan kata lain, teknologi ini belum akan diterapkan dalam waktu dekat.

Reporter Magang: Dinda Khansa Berlian

[faz]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini