Samsung Perkenalkan Galaxy A10s, HP Sejutaan Saingan Berat Realme dan Redmi

Kamis, 15 Agustus 2019 15:03 Reporter : Indra Cahya
Samsung Perkenalkan Galaxy A10s, HP Sejutaan Saingan Berat Realme dan Redmi Samsung Galaxy A10s. ©2019 Samsung via Android Authority

Merdeka.com - Pasca memperkenalkan Samsung Galaxy Note 10 series, vendor smartphone Korea Selatan tersebut kembali untuk mempertajam lini andalan lainnya yakni Galaxy A.

Kini, mereka mengumumkan salah satu varian termurahnya yakni Samsung Galaxy A10s. Ini adalah smartphone entry-level yang kan memberi persaingan di segmen yang telah diramaikan oleh smartphone dari Redmi dan Realme.

Melansir Android Authority dan XDA, Samsung A10s mengusung prosesor octa-core dari MediaTek Helio P22 yang dipadu RAM 2GB serta storage 32GB.

Soal layar, terdapat panel layar TFT dengan bentang 6,2 inci beresolusi HD+. Terdapat juga sebuah waterdrop notch yang mengakomodir kamera depan dari A10s.

Soal kamera, terdapat sensor utama 13MP dengan bukaan f1.8 dipadu sensor kedalaman 2MP, serta kamera depan 8MP.

Spesifikasi penting lainnya adalah baterai 4.000mAh, sensor sidik jari di bagian belakang, face-unlock menggunakan kamera depan, serta dukungan dual SIM.

Soal harga, Samsung Galaxy A10s dibanderol 8.990 Rupee atau setara Rp 1,8 Juta. Smartphone ini bersaing langsung dengan Redmi 6 dan juga Realme C2, yang sama-sama mengusung prosesor MediaTek Helio P22 dengan kisaran harga sama.

1 dari 2 halaman

Sebelumnya, Samsung merilis Galaxy M30

Tak sampai sebulan dari perkenalan Galaxy A10s, Samsung juga merilis lini murah lainnya di seri M yakni Galaxy M30.

Galaxy M30 sendiri merupakan model dengan spesifikasi paling tinggi untuk lini Galaxy M, setidaknya hingga saat ini. Hal itu dapat dilihat dari hardware yang disertakan Samsung di perangkat ini.

Samsung Galaxy M30 dibekali Exynos 7904 yang dipadukan dengan RAM 4GB dan memori internal 64GB. Galaxy M30 hadir dengan layar Super AMOLED berukuran 6,4 inci dan memiliki desain Infinity U.

"Penetrasi smartphone yang makin meluas dan kebutuhan meningkat. Kami merilis Galaxy M30 untuk pengguna dengan aktivitas tinggi sebab hadir dengan baterai besar, kamera mumpuni, dan layar yang bagus," ujar Head of IT and Mobile Business SEIN, Denny Galant.

Beralih ke sektor kamera, Samsung menyertakan tiga kamera belakang yang masing-masing beresolusi 13MP untuk lensa utama, 5MP lensa wide-angle, dan 5MP depth sensor. Urusan selfie diserahkan pada kamera depan beresolusi 16MP.

Seperti dua seri sebelumnya, Samsung kembali membenamkan baterai berkapasitas besar di Samsung Galaxy M30. Smartphone ini memiliki baterai 5.000mAh yang sudah mendukung fitur fast charging 15W.

Samsung Galaxy M30 ini dibanderol harga Rp 3.399.000.

2 dari 2 halaman

Perbedaan Dua Lini Samsung yakni seri A dan seri M

Seri Galaxy A dan Galaxy M dapat dikatakan memiliki beberapa produk di rentang harga yang sama. Lantas, apa yang membedakan kedua model tersebut? Menurut Senior Product Marketing Manager SEIN, Selvia Gofar, perbedaan kedua produk tersebut adalah target pasar yang disasar Samsung.

"Galaxy M merupakan lini yang ditujukan untuk pengguna dengan banyak aktivitas, sedangkan Galaxy A memang menyasar generasi Live atau generasi muda," tuturnya saat ditemui usai peluncuran Galaxy M30 di Jakarta, melansir Liputan6.com.

Oleh sebab itu, Samsung menghadirkan Galaxy M dengan sederet fitur yang mendukung penggunaan dasar sehari-hari. Beberapa di antaranya adalah baterai yang besar, layar bagus, dan kemampuan kamera apik.

Sementara Galaxy A hadir dengan beragam fitur yang mendukung kebiasaan generasi milenial dalam membuat konten. Selain itu, lini Galaxy A juga hadir dalam rentang harga yang lebih luas.

"Jadi, nanti konsumen atau pasar yang akan memilih produk yang sesuai dengan kebutuhannya masing-masing," ujar Selvia menuturkan. Sekadar informasi, Samsung sendiri baru saja merilis Galaxy M30 sebagai produk terbaru lini Galaxy M di Indonesia. [idc]

Baca juga:
Smartphone Oppo Nomor Satu di Indonesia per Kuartal II 2019
Realme 5 Akan Segera Dirilis, Smartphone Empat Kamera 64MP!
Bersama Galaxy Note 10, Samsung Juga Rilis Laptop Tipis Galaxy Book S
Pixel 4 Disebut Akan Bawa Layar 90Hz dan RAM 6GB
Bagaimana Nasib Bixby di Samsung Galaxy Note 10?
Perbandingan Samsung Galaxy Note 10 dan Note 9, Layak Beli baru?

Topik berita Terkait:
  1. Smartphone
  2. Samsung Galaxy
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini