Samsung Patenkan Teknologi Smartphone Dengan Layar Sliding, Apa Itu?

Selasa, 22 Oktober 2019 13:14 Reporter : Indra Cahya
Samsung Patenkan Teknologi Smartphone Dengan Layar Sliding, Apa Itu? Samsung Galaxy Note 10 dan 10+. ©2019 phonearena.com

Merdeka.com - Dalam pengembangan teknologi terbarunya, Samsung disebut akan membawa smartphone dengan fitur layar sliding.

Hal ini berdasarkan paten yang diajukan Samsung dan diterbitkan oleh World Intellectual Property Organization atau WIPO (direkap oleh LetsGoDigital).

Paten ini menampilkan smartphone dengan dengan layar yang dapat digeser serta dapat ditarik, dengan bezel atas yang benar-benar tidak ada, karena memang tak ada kebutuhan mengakomodir sensor apapun.

Sehingga, smartphone ini adalah perangkat yang bagian depannya semua lauar, kecuali di bagian bingkai logam tipis di bagian bawah di mana layar tertarik ke atas dan ke bawah.

1 dari 3 halaman

Cara Kerja Layar Sliding

Menggeser layar ke bawah akan meningkatkan ukuran layar seceara keseluruhan. Selain itu, menggerakkan layar kembali ke atas akan mengurangi ukuran tampilan sebagaimana layar memendek.

Ketika layar digeser pun, akan ada layar kedua yang lebih kecil di bagian belakang, yang menggunakan bagian dari layar yang bisa ditarik. Nantinya, menjawab telepon bisa dilakukan hanya dengan menggeser layar.

2 dari 3 halaman

Kamera Rotasi Bawah Layar

Salah satu bagian dari paten ini adalah adanya kamera bawah layar yang berotasi kala layar digeser. Sensor kamera ini diletakkan di bagian bawah perangkat.

Di bagian belakang smartphone ini, dilengkapi semacam lubang untuk membuat lensa dapat mengambil gambar meski layar kamera sedang digeser.

Paten ini juga memperlihatkan bagaimana mekanisme kamera rotasi ini jika menggunakan dual kamera.

Soal kamera bawah layar sendiri, Oppo dan Xiaomi adalah vendor yang telah memamerkan teknologi serupa besutannya. Huawei P40 Series juga dirumorkan akan dirilis tahun depan dengan fitur serupa.

3 dari 3 halaman

Belum Akan Datang Dalam Waktu Dekat

Teknologi layar yang dapat ditarik ini sendiri terlihat terlalu ekstrem untuk datang dalam waktu dekat. Diprediksi bahkan, Samsung S11 pun masih mengusung desain lubang layar atau yang lebih dikenal di Samsung sebagai Infinity O.

Jadi, untuk ada layar geser, tentu butuh waktu setidaknya beberapa tahun lagi.

Terlebih lagi, Samsung mungkin akan memfokuskan lini terbarunya saat ini, yakni Smartphone lipat Fold yang akan menelurkan generasi keduanya pada April tahun depan. [idc]

Baca juga:
Huawei Akan Rilis Flagship Dengan Dual OS Tahun Depan?
Segera, Tak Akan Ada Tombol di Smartphone
Smartphone Lipat Motorola RAZR Diperkenalkan 13 November?
Samsung Dilaporkan Produksi Galaxy Note 10 Versi Murah
Google Perkenalkan Smartwatch Pixel Watch di Acara Pixel 4?
Spesifikasi dan Harga Oppo Reno 2, Rilis Sore Ini!

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini