Review realme Buds Air, Jagoan Baru realme di Perangkat Audio

Rabu, 15 Januari 2020 08:01 Reporter : Merdeka
Review realme Buds Air, Jagoan Baru realme di Perangkat Audio realme Buds Air. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Mengawali 2020, realme langsung membuat gebrakan ke masyarakat Indonesia. Lewat perangkat TWS (true wireless stereo) yang dinamakan realme Buds Air, realme berharap dapat menjadi pilihan utama konsumen yang menginginkan perangkat audio dengan kualitas prima namun dengan harga terjangkau.

Untuk membuktikan kehebatan realme Buds Air, kami pun memakai perangkat ini selama beberapa hari untuk merasakan fitur dan ketahanan baterainya. Agar tidak penasaran, mari simak uraian kami berikut ini.

Desain

Bisa dibilang, realme Air Buds memiliki desain yang mirip dengan AirPods. Namun realme Buds Air memiliki keunikannya sendiri. Seperti sebuah kurva, lengkungan realme Buds Air terasa pas saat dimasukkan ke daun telinga.

Untuk case penyimpanan buds, juga terbilang cantik saat dilihat. Case didesain berdasarkan desain kurva yang sempurna. Masing-masing R angle dibuat dengan lebih dari 20 busur yang menjadikannya melengkung dengan sempurna.

realme Buds Air ©2020 Merdeka.com

Secara bobotpun, realme juga terasa ringan saat digunakan. Hanya sekitar 4 gram, realme Buds Air tidak memberatkan telinga ketika dipakai. Sementara dimensinya adalah 51,3 x 45,3 x 25,3mm. Untuk warnanya sendiri, terdiri dari 3 warna yakni, kuning, hitam, dan putih.

Demi perlindungan pengguna, realme mengklaim telah melakukan ratusan tes agar perangkat ini bisa nyaman digunakan oleh konsumen. Selain itu, realme telah menyesuaikan radian dari Buds yang masuk di lubang telinga.

Kualitas Suara

Untuk mentransfer suara ke telinga pengguna secara baik, realme Buds Air dilengkapi dengan diafragma komposit multi-layer LCP yang canggih dan driver suara 12mm yang besar. Hal itu diklaim akan membuat suara lebih kaya ketika didengarkan.

Suara bass yang dihasilkan dari musik dapat terangkat berkat solusi DBB (Dynamic Bass Boost) yang dikustomisasi serta dioptimalkan oleh tim akustik ahli realme setelah lebih dari ribuan kali pengujian. Hasilnya adalah pengalaman mendengarkan musik dan film yang lebih baik.

Kehadiran noise cancellation juga sangat membantu pengguna untuk mendengarkan musik di tempat umum.

Secara umum, pengalaman kami menggunakan realme Buds Air terbilang sangat baik walaupun tidak bisa dibilang spesial. Berbagai genre dapat dilahap oleh perangkat ini secara baik. Catatan khusus untuk genre EDM yang terdengar sangat menggelegar dengan perangkat realme Buds Air.

realme Buds Air dilengkapi dengan dua mikrofon untuk mencapai ENC (Environment Noise Cancellation technology) yang secara cerdas mengidentifikasi setiap kata dan menyaring semua suara bising pada latar belakang.

Konektivitas

Bicara soal konektivitas, realme Buds Air sangat mudah untuk dipasangkan dengan smartphone pengguna. Berkat teknologi Bluetooth 5.0 yang memungkinkan koneksi super cepat. Dalam pengalaman kami, proses pairing hanya berlangsung selama kurang dari 3 detik.

Untuk memasangkan kedua perangkat, Anda hanya perlu menekan tombol yang terletak di tengah-tengah case. Cukup ditekan agak lama, maka perangkat realme Buds Air akan langsung terhubung dengan smartphone.

Ketika perangkat Anda sudah dipasangkan, proses pairing akan berjalan lebih mudah. Ini berkat dukungan fitur instant auto-connection Ada juga fitur smart in-ear detection yang memungkinkan lagu terputar otomatis ketika realme Buds Air dipasangkan di telinga.

realme Buds Air ©2020 Merdeka.com

Bicara soal kontrol, pengguna realme Buds Air dapat melakukan beragam aktivitas, seperti menjawab panggilan, memainkan lagu berikutnya, mengaktifkan asisten suara, dan mengaktifkan Gaming Mode.Namun untuk melakukan kontrol tersebut pengguna harus beradaptasi. Sebab, tombolnya bersifat kapasitif.

Dukungan Baterai

Soal daya baterai, realme Buds Air dapat bertahan selama 17 jam jika diletakkan di dalam case. Sementara untuk perangkat ear buds dapat digunakan selama tiga jam nonstop.
Sisa daya baterai dapat terlihat melalui lampu LED. Lampu hijau berkedip menandakan baterai di atas 75 persen, kuning menunjukkan di atas 50 persen, sedangkan merah menunjukkan perangkat harus segera dimasukkan ke casing.

Untuk proses pengisian baterai, realme Buds Air menggunakan USB type-C dan dalam pengalaman kami, proses charging berlangsung cepat. Selain dengan kabel, realme Buds Air juga sudah mendukung proses pengisian nirkabel menggunakan wireless charging pad.

Kesimpulan

Sebagai sebuah perangkat TWS, realme Buds Air bagaikan sebuah paket lengkap dengan beragam fitur yang diusungnya. Fitur seperti GFP (Google Fast Pair Technology) dan ENC (Environment Noise Cancellation Technology) membuat perangkat ini memudahkan hidup pengguna.

Selain itu, kualitas output suara yang dihasilkan sangat baik untuk sebuah perangkat yang kabarnya akan dijual dengan harga terjangkau. Tak hanya itu, sisi desain dari realme Buds Air juga membuat perangkat ini menjadi lebih menarik. [hhw]

Topik berita Terkait:
  1. Realme
  2. Jakarta
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini