Puing Satelit Nusantara Dua Jatuh di Perairan Guam

Kamis, 16 April 2020 18:54 Reporter : Indra Cahya
Puing Satelit Nusantara Dua Jatuh di Perairan Guam Ilustrasi Satelit Nusantara Dua. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Beberapa waktu yang lalu, satelit besutan Indonesia yakni Nusantara Dua gagal mengorbit. Satelit ini diluncurkan Xichang Satellite Launch Center di Xichang, Tiongkok.

Proses peluncuran menggunakan roket pendorong Long March 3B sempat berjalan dengan baik pada stage pertama dan stage kedua.

Namun, saat memasuki stage ketiga, salah satu roket pendorongnya tidak berfungsi. Demikian, sebagaimana dijelaskan oleh Direktur Utama Pasifik Satelit Nusantara Adi Rahman Adiwoso.

Adapun setelah ditelesuri, puing-puing satelit tersebut ternyata jatuh di perairan wilayah Guam. Dikutip dari Space Flight Now via Tekno Liputan6.com, informasi ini diketahui pula dari unggahan masyarakat Guam.

Berdasarkan sejumlah unggahan di media sosial, banyak masyarakat negara tersebut yang merekam jatuhnya puing-puing satelit Nusantara Dua di malam hari.

Pada 9 April 2020, Otoritas Dalam Negari Guam juga telah menyatakan puing-puing itu berhubungan dengan gagalnya peluncuran roket di Tiongkok. Namun, mereka mengatakan puing-puing itu tidak mengancam.

Adapun penyebab gagalnya satelit ini mengorbit, karena salah satu roket tidak menyala.

"Pada saat stage ketiga, salah satu roketnya tidak menyala, sehingga peluncur tidak mendapatkan kecepatan yang cukup," kata Adi.

Adi mengatakan, pada stage ketiga, roket sudah berada di ketinggian 170Km. Namun karena daya dorong yang kurang, satelit Nusantara Dua yang seharusnya meluncur menuju orbit jatuh ke laut.

"Satelit jatuh ke laut dan tidak bisa diselamatkan. Satelit hilang sehingga tidak bisa dipergunakan kembali," tutur Adi.

Baca Selanjutnya: Tak Berhenti Bikin Satelit...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Sains
  3. Satelit Indonesia
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini