[Penelitian] 7 Hal ini yang dirasakan seseorang ketika mati

Selasa, 9 Agustus 2016 00:01 Reporter : Yoga Tri Priyanto
[Penelitian] 7 Hal ini yang dirasakan seseorang ketika mati Mati suri. © Dailymail.co.uk

Merdeka.com - Kehidupan setelah mati selalu menjadi misteri. Dari pengakuan orang-orang yang kembali dari kematian, banyak yang menceritakan pengalamannya saat dirinya meninggal.

Ada banyak penelitian yang mengungkap hal ini. Apa yang terjadi pada manusia saat sedang sakaratul maut (menjelang mati) dan setelah beberapa saat nyawanya dicabut dari tubuh. Penjelasan sains pun tidak bisa membuktikan secara konkret mengenai semua ini. Namun sejumlah peneliti mengungkapkan bahwa mereka telah melakukan riset pada ribuan orang mengenai perasaan jelang mati dan setelah mati. Berikut ulasannya.

1 dari 7 halaman

Mengulang semua kenangan

kenangan rev1Penelitian tentang kematian. ©2016 Merdeka.com

Menurut Boldsky (4/8), saat orang sedang dalam keadaan akan meninggal, yang rasakan adalah mulai teringat semua kenangan semasa hidupnya. Baik itu kenangan indah atau kenangan pahit. Semua kenangan tersebut seakan muncul di depan mata seperti video yang diputar di bioskop dengan cepat.

2 dari 7 halaman

Melihat cahaya

rev1Penelitian tentang kematian. ©2016 Merdeka.com

Sebagian besar orang yang kembali dari kematian atau mati suri mengaku melihat cahaya yang sangat menyilaukan. Mereka mengungkapkan bahwa cahaya tersebut selalu disertai dengan rasa cinta dan perdamaian. Menurut ilmuwan, ini merupakan sebuah bentuk rasa nyaman untuk memulai kehidupan yang baru.

3 dari 7 halaman

Melihat jasad

rev1Penelitian tentang kematian. ©2016 Merdeka.com

Orang yang telah diambil nyawanya, dapat melihat tubuhnya sendiri terkapar tak berdaya. Mereka tergeletak dengan tanpa nyawa. Akan tetapi ilmuwan mengatakan bahwa hal itu tidak bisa membuatnya berbuat apa-apa alias berdiam diri sambil menjauh dari tubuh menuju 'tempat yang baru'.

4 dari 7 halaman

Melihat kerabat

rev1Penelitian tentang kematian. ©2016 Merdeka.com

Orang-orang yang sedang sekarat atau sedang sakaratul maut mengklaim dapat melihat saudara-saudaranya yang telah meninggal di masa lalu. Orang-orang tersebut bahkan menemani ketika dirinya sedang dalam proses pencabutan nyawa. Kerabat tersebut adalah orang-orang yang memiliki ikatan khusus dengan dirinya.

5 dari 7 halaman

Dapat mendengar dan melihat semua orang

dan melihat semua orang rev1Penelitian tentang kematian. ©2016 Merdeka.com

Tidak hanya dapat melihat tubuhnya sendiri dengan tanpa nyawa. Orang yang baru saja meninggal dapat melihat dan mendengar tangisan-tangisan orang terdekat di dalam ruangan tersebut. Semangat dan kesadaran orang yang meninggal masih tersisa meski sudah tak bernyawa.

6 dari 7 halaman

Merasa ketenangan

rev1Penelitian tentang kematian. ©2016 Merdeka.com

Ini telah diklaim oleh orang-orang yang telah hidup dari kematian. Mereka mengaku merasa ketenangan yang luar biasa. Bahkan perasaan tenang tersebut belum pernah dia rasakan oleh orang-orang yang masih hidup di dunia. Perasaan positif senantiasa membayangi benak dan hatinya ketika meninggal.

7 dari 7 halaman

Bertemu malaikat

rev1Penelitian tentang kematian. ©2016 Merdeka.com

Orang-orang yang meninggal dan kemudian hidup lagi, beberapa di antaranya mengaku melihat malaikat. Ketika mereka berada di tempat tidur saat mati. Orang-orang ini juga mengaku bahwa malaikat membantu mengeluarkan rasa sakit dunia untuk menariknya ke alam kematian. Meskipun kedengarannya menenangkan, namun tampaknya menakutkan.

Itulah 7 penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan tentang kematian. Meski begitu belum ada yang bisa menjelaskan secara detail dan terbukti benar terjadi. Percaya atau tidaknya tergantung individu masing-masing.

  [ega]

Baca juga:
Mengapa jatuh cinta itu memabukkan? Ini penjelasannya secara sains!
Awas, 8 penyakit ini mampu bunuh penderitanya dalam waktu 24 jam!
Kisah apes lima orang nabung malah jadi buntung
Persahabatan para selebriti & pelajaran berharga yang bisa dipetik

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini