Neraka sebenarnya! Di planet mirip Bumi ini batu mulia pun meleleh

Rabu, 6 Mei 2015 16:05 Reporter : Bramy Biantoro
Neraka sebenarnya! Di planet mirip Bumi ini batu mulia pun meleleh Planet 55 Cancri e. © University of Cambridge

Merdeka.com - Apakah Anda pernah mendengar istilah planet 'super earth'? Ya, super earth adalah planet berbatu mirip bumi dengan besar dua kali lipat bumi yang bertebaran di laur tata surya kita. Kini, super earth baru telah ditemukan, namun planet ini lebih mirip neraka ketimbang bumi kita.

Menggunakan teleskop luar angkasa Splitzer milik NASA, ilmuwan Universitas Cambridge inggris berhasil menemukan super earth yang diberi nama "55 Cancri e". Nama Cancri disematkan karena planet ini terletak 40 tahun cahaya di gugusan bintang Cancer.

Salah satu hal yang membuat ilmuwan bergidik, suhu planet 55 Cancri e dihitung berkisar antara 1000-2700 derajat Celsius! Suhu sepanas 'neraka' itu cukup membuat batu mulia yang kini banyak digemari orang Indonesia meleleh. Misalnya, batu rubi yang memiliki titik leleh 2050 derajat Celsius dapat lumer bak es di tengah hari bolong.

Bahkan, dari gambar ilustrasi uang dibuat oleh Universitas Cambridge, terlihat bila sebagian besar daratan di planet 55 Cancri e tertutup oleh lava pijar. Saking panasnya, planet itu diketahui memancarkan cahaya ke luar angkasa. Hal ganjil yang jarang dilakukan oleh sebuah planet.

Menurut Dr Nikku Madhusudhan, ilmuwan Astronomi Cambridge, suhu panas hingga ribuan derajat Celsius planet 55 Cancri e terjadi akibat letaknya yang sangat dekat dengan bintang yang dia kelilingi. Oleh sebab itu, satu tahun di planet ini sama dengan 18 jam saja di Bumi.

"Tidak ada catatan sebuah planet super earth pernah mengeluarkan panas hingga ke luar angkasa sebelumnya. Ini mungkin disebabkan oleh tingginya aktivitas vulkanik di planet 55 Cancri e," jelas Dr. Nikku, Daily Mail (05/05). [bbo]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini