Momen politik dan ramainya Twitter

Rabu, 6 Desember 2017 16:32 Reporter : Fauzan Jamaludin
Ilustrasi Twitter. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Komposer musik ternama Addie MS punya pandangan tersendiri terkait momen-momen menarik baginya di Twitter sepanjang tahun 2017. Ia yang aktif di ranah media sosial itu, memang kerap mengutarakan pendapatnya terhadap masalah sosial ataupun politik. Tak terkecuali saat DKI Jakarta menyambut pesta demokrasi.

Banyak yang mengesankan selama 2017, tetapi yang paling mengesankan itu saat Pilkada kemarin, katanya saat media update Twitter di Jakarta, Rabu (6/12).

Dilanjutkannya, sebagai warga DKI Jakarta, Ia memiliki hak untuk mengungkapkan aspirasinya meskipun seorang musisi. Nah, Twitter, sering dijadikannya sebagai media untuk mengutarakan aspirasinya itu. Tak jarang juga, ia merasakan nyinyiran dari netizen yang tak sependapat dengannya.

Tentang ini, Addie mungkin salah satu dari para pengguna Twitter di Indonesia yang kerap menuangkan aspirasinya terkait persoalan sosial maupun politik. Berdasarkan data dari internal Twitter, ada 10 momen yang ramai di Twitter selama tahun 2017.

Dari 10 momen yang ramai itu, 5 di antaranya adalah momen-momen yang menyangkut soal sosial politik. Di antaranya, Pilkada Serentak, HUT RI ke 72, Pilkada DKI, Kasus Ahok, dan Kasus Korpusi Setya Novanto.

Bila disimpulkan, sepanjang tahun 2017, pengguna Twitter di Indonesia memang menyukai pembahasan-pembahasan yang tengah ramai di dunia nyata, khususnya soal sosial dan politik.

Novita Jong, Country Head Industry Twitter Indonesia, pun mengakui habit dari para pengguna Twitter di Indonesia yang menyukai kedua persoalan itu. Apalagi jika berbicara mengenai politik. Alhasil, ramai-ramai pengguna Twitter membubuhi hashtag sebagai tema yang diperbincangkan seru.

Politik memang jadi sumber berita hangat. Ini terjadi tidak hanya di Indonesia saja, melainkan global. Pembahasan mengenai politik akan menjadi sumber berita yang terkini, ungkapnya.

Meski begitu, bukan berarti hanya momen yang bersifat politik selalu ramai. Momen yang berlatarbelakang sosial pun, tak kalah ramai dan menjadi sumber informasi yang hangat.

Misalnya saja, momen Ramadan, berpulangnya Choirul Huda, pernikahan Raisa-Hamish, dan pernikahan Kahiyang Ayu Bobby Nasution.

Pada akhirnya, kita melihat Twitter saat ini sebagai sumber informasi terkini, jelas Nov [idc]

Topik berita Terkait:
  1. Media Sosial
  2. Twitter
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini