Mengapa iPhone Lawas Tidak Dapat Night Mode?

Jumat, 4 Oktober 2019 10:58 Reporter : Indra Cahya
Mengapa iPhone Lawas Tidak Dapat Night Mode? Kecanggihan Kamera iPhone 11 Pro. ©2019 Apple

Merdeka.com - Kamera smartphone saat ini jadi bagian terpenting dari sebuah ponsel pintar. Oleh karena itu, vendor smartphone berlomba-lomba untuk meletakkan fitur terbaik kamera di smartphone besutannya.

Salah satunya adalah fitur night mode atau modus malam. Hal ini adalah jawaban dari betapa sulitnya mengambil foto di malam hari. Bahkan, smartphone berkamera baik pun bisa jadi kesulitan.

Night Mode sudah ada di deretan smartphone papan atas. Mulai dari Google Pixel 3, Huawei P30 dan Mate 30 Series, hingga kini di iPhone 11 Series.

Permasalahannya adalah di iPhone, hanya iPhone 11 Series saja yang mendapatkan modus malam. MOdel iPhone lawas tidak mendapatkan pembaruan untuk ada modus malam di kameranya.

Hal ini berbeda dengan vendor lain, di mana Pixel 2 dan Pixel generasi pertama juga mendapatkan fitur modus malam Night Sight dari Google, serta Samsung S10 Series yang juga mendapatkan pembaruan modus malam via update.

Mengapa Apple mengambil keputusan demikian? Berikut deretan alasan Apple tidak menyematkan modus malam di semua iPhone, melansir Phone Arena.

1 dari 3 halaman

Kamera dan Baru dan Prosesor

Alasan pertama adalah modus malam di iPhone tak bisa diterapkan di luar hardware terbaru iPhone 11 Series, yakni kamera wide terbaru yang dipadu prosesor A13 Bionic.

Ini adalah alasan resmi Apple untuk tidak menyertakan night mode di iPhone lawas mereka. Hal ini disebut Apple karena kerumitan hardware yang terdiri dari stabilisasi optik yang dipadu software yang diproses dengan A13 Bionic terbaru yang bertenaga dan cepat.

2 dari 3 halaman

Apple Tidak Mau Memberi Modus Malam Kualitas Setengah-Setengah

Apple tentu bisa untuk mengembangkan night mode versi software dan mengirimkannya via update ke iPhone lawas. Namun tentu kualitasnya tak akan sebaik di iPhone 11 Series, mengingat adanya perbedaan hardware.

Hal ini cukup masuk akal mengingat tenaga pemrosesan A13 Bionic jauh lebih baik ketimbang semua iPhone generasi sebelumnya. Hal ini dikarenakan dalam proses pengambilan gambar dalam night mode, dibutuhkan pengambilan banyak gambar terlebih dahulu, baru diproses menjadi satu gambar.

Dalam pengambilan gambarnya pun, sensor kamera juga berpengaruh, di mana sensor kamera utama yang Apple sebut sebagai Wide Camera ini jadi yang paling baik untuk bekerja bersama A13 Bionic.

3 dari 3 halaman

Ini Adalah Fitur Khusus iPhone 11 Series

Kemungkinan paling menarik adalah Apple sengaja memberikan modus malam hanya ke iPhone 11 Series. Ini adalah semacam 'bonus' untuk mereka yang mau upgrade dari iPhone lama mereka ke iPhone terbaru ini.

Modus malam ini jadi semacam fitur yang meyakinkan pengguna untuk ganti iPhone, sehingga Apple tak akan memberikannya ke iPhone lawas, agar mereka mau upgrade.

Setuju? [idc]

Baca juga:
iPhone SE2 Akan Bawa Desain iPhone 8 Dengan Prosesor iPhone 11
Apple Rilis iOS 13.1.2, Usung Perbaikan Kamera dan iCloud
Karena Celah Keamanan ini, Hacker Bisa Jailbreak iPhone Secara Permanen
Ini Bukti Bahwa AirPods Adalah Ikon Milenial
Apple Patenkan Logo iPhone Menyala
iPhone ini Jatuh Dari Pesawat, Ditemukan Masih Menyala Setahun Kemudian!
Ini Hasil Uji Coba Fast Charging iPhone 11 Series, Makin Cepat!

Topik berita Terkait:
  1. IPhone 11
  2. IPhone 11 Pro
  3. Apple
  4. IPhone
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini