Jaga Integritas Alat Ukur, Faxtor Indonesia Dukung Potensi Industri Test Publisher

Minggu, 3 Juli 2022 09:05 Reporter : Syakur Usman
Jaga Integritas Alat Ukur, Faxtor Indonesia Dukung Potensi Industri Test Publisher Faxtor Indonesia meluncurkan layanan baru sebagai Test Publisher.. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - PT Inovasi Pemuda Indonesia (Faxtor Indonesia) meluncurkan layanan baru sebagai Test Publisher di Indonesia. Peluncuran dilakukan saat merayakan ulang tahun ke-4 Faxtor Indonesia di Bandung, kemarin (2/7/).

Peluncuran Test Publisher ini menjadi ajang perkenalan Faxtor Indonesia kepada masyarakat sebagai perusahaan test publisher pertama di Indonesia. Dengan begitu, Faxtor Indonesia resmi terdaftar sebagai bagian dari Association of Test Publishers (ATP) dan menjadi perusahaan yang berperan untuk menjaga integritas layanan dan produk asesmen.

“Dalam ulang tahun ke-4 Faxtor Indonesia, perayaan ini menjadi sebuah grand gestures untuk memperkenalkan diri kepada masyarakat sebagai perusahaan test publisher pertama Indonesia. Sebagai test publisher, Faxtor Indonesia terus fokus dalam pengembangan alat ukur psikologi dengan tetap menjaga integritas alat ukur di Indonesia. Kami juga akan berkolaborasi dengan para praktisi dan akademisi dalam pengembangan alat ukur psikologi di Indonesia,” ujar Anjar Kartapura, CEO Faxtor Indonesia, kemarin.

Anjar menjelaskan, melalui layanan ini, para profesional psikolog dan pelaku industri dapat mempercayai alat ukur yang dipublikasikan Faxtor Indonesia untuk digunakan dalam pengetesan psikologi. Para psikolog juga dapat dengan mudah mengakses alat ukur dan layanan asesmen, tanpa perlu khawatir dengan hak cipta alat ukur maupun kebocoran tes.

Foxtret menjamin kualitas alat ukur yang dipublikasikannya, karena berkomitmen untuk menjaga integritas alat ukur psikologi di Indonesia. Dalam hal ini, perusahaan berpegang teguh pada kaidah ilmiah, kode etik psikologi, dan koridor psikometri yang ada.

“Kami mengajak para profesional di bidang psikologi berkolaborasi dalam pengembangan alat ukur sendiri yang dapat digunakan kembali oleh praktisi psikolog atau industri lain di Indonesia. Alat ini dapat digunakan untuk asesmen psikologi baik untuk kepentingan riset, pendidikan, bahkan recruitment pada industri,” jelasnya.

Peluncuran ini diharapkan masyarakat terutama kalangan psikologi dan profesional pengguna jasa asesmen lebih mengenal peran test publisher. Selain itu, ke depan semakin banyak pemangku kepentingan yang berkontribusi dalam pengembangan alat ukur di Indonesia melalui kolaborasi dengan Faxtor Indonesia.

“Kami juga ingin memberikan kontribusi kepada komunitas psikologi dalam menghadirkan validitas dan jaminan untuk pengembangan alat ukur psikologi di Indonesia,” pungkas dia.

Pada kesempatan ulang tahun ini, Faxtor Indonesia juga menggelar webinar. Bertajuk "Peran Test Publisher dan Urgensi Pengembangan Alat Ukur di Indonesia", webinar ini terbagi ke dalam dua sesi dengan para pembicara, seperti CEO Association of Test Publisher (ATP) Global William G Haris, Behavioral Science Expert Aulia Iskandarsyah, Ahli Program Asesmen dan Intervensi Whisnu Yudiana, dan Ahli Psikometri Wahyu Widhiarso.

Program Asesmen

Selain mengadakan webinar dan virtual launching, Faxtor Indonesia juga akan melaksanakan program asesmen kepada sejumlah siswa.

Asesmen dilaksanakan berkolaborasi dengan dua komunitas , yaitu Pengajar Muda dari Gerakan Indonesia Mengajar dan Komunitas Muda Bermula. Program asesmen ini ditujukan untuk memberikan deskripsi dan dinamika minat dari para siswa untuk eksplorasi karier siswa. Peserta dari asesmen ini adalah siswa SMA di Kabupaten Maybrat, Papua Barat, juga siswa SMP Juara.

Program ini juga dilaksanakan melalui kolaborasi dengan biro psikologi di Indonesia. Para biro berperan dalam menyediakan laporan asesmen untuk para siswa, berupa laporan dinamika minat dan bakat siswa yang terdiri dari hasil tes kognitif, inventori minat, serta gaya belajar. Faxtor Indonesia berperan sebagai penyedia alat ukur dan konfigurasi tes daring.

Laporan ini dapat digunakan oleh siswa, guru, dan rang tua dalam memetakan minat dan potensi karir siswa.

[sya]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Psikologi
  3. Teknologi
  4. Bandung
  5. Sains
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini