Galaxy S9 mengecewakan, seberapa menarik Samsung Galaxy S10 nanti?

Selasa, 7 Agustus 2018 00:01 Reporter : Yoga Tri Priyanto
Galaxy S9 mengecewakan, seberapa menarik Samsung Galaxy S10 nanti? Samsung Galaxy S10. ©2018 phonearena.com

Merdeka.com - Beberapa waktu yang lalu, kita telah membahas bagaimana kiprah Samsung Galaxy S9 yang dinilai gagal memenuhi ekspektasi publik dan juga perusahaan. Berbagai faktor telah dibahas secara rinci mengenai flagship tersebut.

Nah, saat ini kita akan membahas mengenai Sang Penerus dari Galaxy S9, yakni Galaxy S10 yang rencananya bakal rilis awal tahun depan. Tentunya, Samsung tidak ingin mengecewakan publik dengan merilis Galaxy S10 yang ternyata kurang memiliki pesona yang kuat untuk menarik konsumen.

Seperti yang diketahui, Sammy menyiapkan tiga model untuk tahun depan di keluarga Galaxy S10-Series, yakni Galaxy S10 Lite (layar datar yang lebih murah), Galaxy S10 (versi reguler) dan Galaxy S10+ (versi yang lebih besar ukuran layarnya.

Seorang analis dari KGI Securities - Ming-Chi Kuo mengungkapkan bahwa Samsung akan merilis tiga model dari Galaxy S10 untuk menyaingi Apple dengan iPhone 9, iPhone X (2018), dan iPhone X Plus yang rilis September mendatang. Bahkan salah satu di antaranya dibanderol lebih murah. Sama persis.

Jika Anda mengharapkan beberapa perombakan ulang yang lebih besar dari wujud Galaxy S-Series, Anda mungkin akan kecewa. Galaxy S10 sepertinya akan, yaa... semoga saja tidak monoton dengan Infinity Display sedikit ditingkatkan dari model yang saat ini.

Yuk, kita simak detail pesona dari Galaxy S10.

1 dari 5 halaman

Sensor Sidik Jari Ultrasonik

Pemindai sidik jari ultrasonik. ©2018 HardwareZone

Kepala Samsung Mobile, DJ Koh baru-baru ini mengatakan bahwa pemindai sidik jari di bawah layar pada Galaxy S10 akan lebih akurat dengan teknologi ultrasonik. Sebenarnya hal ini sudah pernah diungkapkan dua tahun lalu, bahkan sebelum Galaxy S8 melenggang di pasaran.

Selain itu, Ming-Chi Kuo juga mengamini hal tersebut. Dia menunjukkan arsip dari Kantor Paten AS seperti yang dapat Anda lihat di atas. Itu adalah pemindai sidik jari ultrasonik milik Samsung. Pemindai itu tidak hanya akan ditempatkan di bawah layar, namun juga akan ditempatkan di sisi atau di tepi smartphone. Kemungkinan besar, Galaxy S10 Lite (versi murah) akan memiliki sistem pemindai sidik jari di samping layar.

2 dari 5 halaman

Layar memancarkan suara

Layar bersuara Samsung. ©2018 Samsung Central

Sebuah konsep tampilan suara yang menarik dari Samsung mendapat perhatian dari kami ketika dipamerkan pada Society of Information Displays (SID) 2018 bulan lalu.

Seperti yang Anda lihat pada video di atas, layar dari Galaxy S10 nantinya akan memiliki teknologi 'Sound on Display'. Bandwidth transmisi dikatakan berada dalam kisaran 100-8000Hz, dan berkat getaran yang halus Anda dapat mendengar jika meletakkan telinga ke area yang cukup luas di bagian atas layar tanpa speaker.

3 dari 5 halaman

Kamera Samsung Galaxy S10

Samsung galaxy S10. ©2018 phonearena.com

Samsung Galaxy S10 kemungkinan akan memiliki setup tiga kamera di bagian belakang. Mungkin ini memang bukan hal yang baru, mengingat Huawei P20 Pro sudah melakukannya di tahun ini. Dan Samsung baru akan menerapkannya pada perangkat Galaxy S10 tahun depan.

Apakah itu langkah terlambat? Sepertinya tidak juga, mengingat Apple sang rival abadi Sammy belum menerapkan hal itu. Bisa jadi, Apple akan menerapkan triple-cam pada perangkat iPhone di tahun 2019 mendatang.

Dual-camera selfie

Pada setup kamera depan, kemungkinan Sammy juga akan menyematkan dual-camera. Yang mana ini juga akan dilakukan oleh Google Pixel 3 yang akan rilis pada 4 Oktober nanti. Kamera depan ini akan memiliki efek bokeh yang dimaksimalkan dengan kualitas gambar yang lebih baik. Namun perlu dicatat bahwa penerapan dual-camera depan ini akan eksklusif untuk Galaxy S10+, sementara untuk Galaxy S10 dan S10 Lite tidak memiliki itu.

4 dari 5 halaman

Konektivitas 5G

Ilustrasi konten mobile di era 5G. © The Next Web

Qualcomm baru-baru ini mengumumkan chipset 7nm pertama di dunia, modem nirkabel X24 generasi terbaru yang akan memiliki kecepatan download pra-5G 2Gbps. Samsung kemungkinan besar bakal menyematkan chipset QualG 5G Snapdragon pada Galaxy S10.

Itu artinya klien pertama dari Snapdragon 855 adalah Galaxy S10.

5 dari 5 halaman

Pengenalan wajah 3D

Pengideraan 3D. ©2018 Mantis Vision

TrueDepth Apple yang tersemat pada iPhone X adalah sebuah hal yang menarik. Bagaimana tidak, teknologi bukan hanya menggunakan kamera depan yang ditambah dengan pemancar IR terbaik. Melainkan membuat ID wajah pada dengan menembakkan tidak kurang dari 30.000 sinar near-infrared di wajah Anda dan memproyeksikan polanya, ditambah kamera infrared yang mengumpulkan dan menyimpulkan persepsi ke dalam dengan menghitung di mana garis putus melalui suatu algortima. Wow!

Teknologi tersebut disalin oleh OPPO Find X dan juga Xiaomi Mi 8 Edition. Untuk Xiaomi, juga memiliki pemindai jari di layar. Itulah pengaturan yang mungkin akan ditambahkan dalam perangkat Galaxy S10 dan diharapkan bakal memiliki daya tarik yang kuat pada konsumen.

Penginderaan 3D ini konon dikembangkan dalam kemitraan bersama Mantis Vision dan dibantu oleh pembuat komponen kamera loka Woodgate.

Jika Anda pensaran dengan apa yang dilakukan oleh Mantis Vision, bisa cek video di bawah ini. Silakan berandai-andai nantinya Galaxy S10 dan S10+ memiliki teknologi semacam ini.

Semua itu adalah salah satu daya tarik dari Samsung Galaxy S10 yang bakal rilis tahun depan. Apakah sudah lebih baik dari Galaxy S9? Semoga dengan sejumlah perubahan dan peningkatan ini, Samsung kembali memiliki penggemar yang banyak. Mengingat kiprah Galaxy S9 yang kurang memenuhi ekspektasi perusahaan. [ega]

Baca juga:
Galaxy S9 dinilai gagal, ada apa dengan Samsung?
Samsung Galaxy S10 Plus bakal punya dual-camera selfie?
Galaxy S9 tak mendongkrak pendapatan konsolidasi Samsung di Q2 2018
Harga Samsung Galaxy Note 9 di Indonesia terungkap, gratis Smart TV juga?
Penjualan Galaxy S9 lesu, Samsung percepat ketersediaan Galaxy Note 9
Wujud asli Samsung Galaxy Note 9 terungkap jelang rilis

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini