Ford patenkan mobil otomatis dengan 'gaya menyetir' beragam

Kamis, 25 Februari 2016 15:16 Reporter : Indra Cahya
Ford patenkan mobil otomatis dengan 'gaya menyetir' beragam Mobil otomatis Ford. © Ford

Merdeka.com - Mobil otomatis memang sudah lama dikembangkan. Selama ini kita hanya tahu kalau mobil ini akan mengemudi dengan sendirinya, mengantarkan kita ke tujuan tanpa repot memegang setir. Namun bagaimanakah gaya menyetir si mobil otomatis ini?

Dilansir dari Daily Mail (24/2), pabrikan mobil asal Amerika Serikat, Ford, telah mengajukan paten untuk memberi mobil otomatis mereka sebuah kepribadian. Pengajuan paten ini berupa sebuah mobil otomatis dengan gaya menyetir yang berbeda-beda, demi mencocokkan keinginan penggunanya. Moda ini bisa diatur mulai dari 'moda chauffeur' atau gaya menyetir layaknya mobil mewah, atau 'moda mobil balap,' untuk gaya menyetir yang lebih menantang.

Dalam moda mobil balap, mobil otomatis ini akan beroperasi layaknya pembalap profesional yang sedang bertanding di sirkuit. Sebaliknya gaya menyetir 'chauffeur' membuat Anda serasa naik limosin, tanpa ada yang menyetir.

Chauffeur atau pembalap? 2016 Merdeka.com

Untuk setiap pengaturan, mobil ini mampu diatur kembali untuk menyesuaikan kebiasaan pengemudi yang diinginkan. Hal ini dilakukan dengan merekam data curamnya akselerasi dan rem.

Ada beberapa moda menyetir yang diterapkan untuk mobil otomatis Ford ini. Antara lain 'moda time to target,' 'moda eco-friendly,' 'moda chauffeur,' 'moda sport,' dan 'moda mobil balap.' Beberapa opsi ini akan memberikan kontrol pada pengguna untuk menentukan 'kepribadian' dari gaya menyetir mobil, untuk menemukan gaya menyetir yang sesuai keinginan pengguna.

Bagi para pengguna, di dalam mobil nanti akan disediakan pengontrol dengan tampilan antarmuka, di mana mereka bisa menentukan moda yang mereka inginkan.

Tak hanya itu, ide ini bukan hanya untuk memberi kesan seperti naik mobil dengan gaya menyetir tertentu, namun hal teknologi ini mampu memberi opsi untuk memaksimalkan bahan bakar.

Jika Anda memilih moda 'eco-friendly,' maka mobil akan meminimalisir berapa kali mobil mempercepat laju, sehingga bahana bakar lebih efisien. Sementara moda 'time to target' memungkinkan Anda untuk sampai ke tujuan secepat mungkin, dengan rute seefisien mungkin.

Meski punya moda yang akan membuat mobil melaju seperti mobil balap, mobil ini tak akan melanggar hukum lalu lintas. Pengajuan paten teknologi ini juga berisi komitmen untuk mengedepankan kenyamanan dan keamanan, namun tetap tidak melawan hukum. [idc]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini