Cara Mengecas Smartphone Agar Baterai Awet dan Tak Cepat Rusak

Minggu, 27 September 2020 06:00 Reporter : Indra Cahya
Cara Mengecas Smartphone Agar Baterai Awet dan Tak Cepat Rusak Ilustrasi baterai smartphone. © mashable.com

Merdeka.com - Tak bisa dimungkiri bahwa baterai smartphone mempunyai titik kerusakan. Makin lama kita pakai, akan makin cepat baterai menemui ajal. Hal ini sudah merupakan takdir dari baterai Lithium-Ion yang dapat dicas.

Meski demikian, baterai yang dapat dicas ini tidak lantas selalu akan segera rusak. Alih-alih, kita bisa menjaga kesehatannya dan mencegah baterai ini menemui stres.

Hal ini merujuk pada salah kaprahnya beberapa teknik mengecas yang selama ini kita gunakan. Dengan menerapkan beberapa tips khusus, kita bisa menjaga baterai smartphone kita tetap awet dan juga beroperasi secara optimal.

Penasaran? Mari kita ulas cara mengecas smartphone dengan baik mengutip laporan dari Cadex dan juga Battery University.

1. Isi Sedikit Demi Sedikit

Menunggu kapasitas baterai hingga 0 persen habis adalah sebuah kesalahan. Jauh sebelum habis, ada baiknya untuk mengecas smartphone Anda meski sedikit-sedikit. Menunggunya sampai habis total, ternyata dapat memperpendek umur baterai.

Sebuah fakta menarik: makin sering mengecas ternyata sama sekali tak berpengaruh pada kesehatan baterai. Yang lebih berpengaruh adalah overcharge atau terus mengecas hingga penuh. Jadi, isi sedikit-sedikit akan lebih baik.

2. Jaga Daya Baterai di Atas 65 Persen

Usahakan agar daya baterai smartphone Anda berada di atas 65 persen. Triknya adalah cas smartphone ketika berada di titik kira-kira 45 persen, agar daya baterai rata-rata tetap berada di titik pertengahan meskipun sering digunakan.

Hal ini mengacu pada prinsip sama, menguras baterai memperpendek masa hidup baterai.

2 dari 2 halaman

Tips Pamungkas Bikin Baterai HP Makin Awet

3. Segera Copot Jika Sudah Penuh

Tekanan daya dari charger bisa merusak zat kimiawi yang ada di baterai. Di masa lampau, baterai yang kelamaan dicas akan mudah melembung dan rusak. Hal ini sudah dicegah oleh teknologi terbaru dari vendor smartphone yang dapat memutus aliran listrik jika sudah penuh.

Meski demikian, seraya smartphone menua, perkiraan penuhnya baterai kerap tidak lagi akurat sehingga aliran listrik tetap mengalir jika sudah 100 persen. Jadi ada baiknya untuk selalu menghentikan proses pengecasan sebelum penuh.

4. Cas Smartphone di Malam Hari

Penting untuk mengecas smartphone di malam hari, karena tidak adanya sinar matahari akan secara drastis mengurangi temperatur ruangan tempat smartphone dicas. Karena proses pengecasan sudah menimbulkan panas pada baterai. Jika ditambah panas eksternal, kimiawi baterai akan mudah rusak.

Hal ini juga berlaku untuk casing baterai dan juga penggunakan aplikasi berat pada smartphone kala mengecas yang sangat wajib untuk diminimalisir.

Baca juga:
Langganan Spotify Premium, Viu, HBO Go, Youtube Premium Bisa Lewat GoPay
Fitur Back Tap iOS 14, Ini Keunggulan dan Cara Mengaktifkannya!
Cara Menghapus Blog secara Permanen dengan Mudah, Ikuti Langkah-Langkahnya
Cara Menghapus Akun Google dengan Mudah, Ketahui Risikonya Terlebih Dahulu
Cara Update iOS 14, Khusus iPhone 6S ke Atas!

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Smartphone
  3. Tekno Tips
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini