BRISat siap bantu masyarakat di pedalaman lebih melek teknologi

Selasa, 28 Juni 2016 12:00 Reporter : Indra Cahya
BRISat siap bantu masyarakat di pedalaman lebih melek teknologi BRI menuju pelosok desa. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Mengembangkan perbankan digital di Indonesia bukanlah perkara mudah. Pemahaman tentang layanan tersebut belum sepenuhnya dimengerti oleh seluruh lapisan masyarakat, khususnya mereka yang tinggal di pedalaman. Padahal, pengetahuan tentang berbagai fasilitas seperti phone banking, SMS banking, internet mobile dan internet banking bakal menghadirkan kemudahan tersendiri bagi nasabah.

Tahun 2015 lalu, tercatat ada total 873,1 juta transaksi dengan nilai Rp 899, 4 triliun yang terjadi melalui mesin anjungan tunai mandiri (ATM). Angka ini meningkat dibanding tahun sebelumnya. Diprediksi jika pada bulan Desember 2016angka tersebut bakal kembali mengalami kenaikan. Data tersebut membuktikan jika sebenarnya transaksi seperti ini cukup diminati karena praktis dan efisien. Akan sangat disayangkan apabila kemudahan seperti itu tak bisa dijangkau oleh seluruh lapisan masyarakat.

Perlu digarisbawahi, jika menciptakan masyarakat Indonesia yang melek teknologi diperlukan sokongan dan upaya nyata dari semua pihak, khususnya perbankan. Dalam hal ini, proses atau tahapan seperti edukasi dan sosialisasi terhadap inovasi teknologi wajib segera dipraktikkan.Wakil Direktur Utama Bank Rakyat Indonesia (BRI), Sunarso, menyatakan jika tidak menutup kemungkinan untuk merealisasikan hal itu dalam jangka waktu yang pendek.

Pernyataan tersebut tampaknya memang bukan isapan jempol belaka. Langkah nyata dilakukan oleh BRI dengan meluncurkan BRIsat, satelit komunikasi pertama yang dimiliki sepenuhnya oleh bank. Peluncurannya dilakukan oleh Arianespace dari Guyana Perancis, pada tanggal 19 Juni 2016 dini hari waktu Indonesia. Selanjutnya, satelit ini bakal memulai perjalanan selama 10 hari untuk mencapai orbit geostasioner di slot 150.5 E.

Setelah berada di orbit, selanjutnya bakal dilangsungkan handover atau penyerahan pengendalian dan diperkirakan BRIsat siap difungsikan pada bulan Agustus. Kehadiran satelit ini diharapkan dapat mengembangkan layanan perbankan berbasis digital demi mewujudkan masyarakat yang terkoneksi. BRIsat adalah kontribusi besar BRI guna menyukseskan program inklusi keuangan dan membuat masyarakat pedalaman lebih melek teknologi.

Peluncuran BRIsat membawa dampak besar pada perseroan dan segmen mikro. Peningkatan fasilitas bagi nasabah adalah prioritas BRI. Bersiap dengan hadirnya berbagai fasilitas yang disediakan untuk UMKM, seperti LAS mobile Wifi, EDC Wifi (BRIlink, BRIZZI, dan mini ATM), POS Wifi, Web BRIlink, dan BRI Vision (TV BRI). [idc]

Topik berita Terkait:
  1. Satelit BRI
  2. Satelit Indonesia
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini