3 Macam Produk WhatsApp yang Ditujukan Untuk Berbagai Jenis Pengguna, Apa Saja?

Rabu, 17 Maret 2021 10:10 Reporter : Indra Cahya
3 Macam Produk WhatsApp yang Ditujukan Untuk Berbagai Jenis Pengguna, Apa Saja? Ilustrasi WhatsApp. ©2019 images.ctfassets.ne

Merdeka.com - WhatsApp sampai saat ini masih jadi aplikasi perpesanan yang paling populer secara global. berbagai fitur yang tak hanya chat dan group chat, namun juga Story, kemampuan berkirim gambar, video, suara, dan dokumen, hingga video call, membuat aplikasi besutan Facebook ini makin populer digunakan.

Tidak hanya sebagai aplikasi pesan untuk terhubung dengan keluarga, teman, hingga kolega, WhatsApp juga menjadi tempat bertumbuhnya berbagai skala bisnis, dari UMKM hingga perusahaan besar.

Yuk kenali tiga produk WhatsApp yang masing-masing memiliki pengguna dan fungsi berbeda satu sama lain. Berikut informasinya dikutip dari keterangan resmi WhatsApp yang dikutip Tekno Liputan6.com.

1. WhatsApp

Semua orang pasti sudah tahu aplikasi WhatsApp. Aplikasi chatting yang bisa diunduh gratis di toko aplikasi ini dirancang untuk bertukar pesan antar individu dengan aman.

Pasalnya, ketika pengguna mengirim pesan WhatsApp ke pengguna lain, semua panggilan, teks, foto, pesan suara, hingga lokasi semuanya dilindungi enkripsi end-to-end.

WhatsApp mengklaim, dengan teknologi ini, pesan yang dikirimkan antar pengguna otomatis "teracak" dan hanya bisa "dipecahkan" oleh ponsel milik penerima pesan yang dituju.

WhatsApp memastikan, tidak ada pihak di luar char yang bisa membaca pesan yang dikirimkan, termasuk WhatsApp dan Facebook.

2. WhatsApp Business

Makin banyaknya pengguna yang menghubungi pelaku usaha atau bisnis melalui WhatsApp membuat perusahaan menghadirkan produk WhatsApp Business.

WhatsApp Business merupakan aplikasi gratis yang ditujukan untuk para pelaku UMKM (bisnis kecil). Aplikasi ini dilengkapi berbagai fitur yang mempermudah perpesanan bisnis dengan pelanggan.

Saat pengguna mengirim pesan ke akun WhatsApp Business, mereka bisa langsung mendapatkan sapaan yang terkirim secara otomatis. Pengirim pesan juga bisa melihat profil usaha serta katalog produk pada sisi kanan atas chat.

Ketika melihat produk yang disukai, konsumen juga bisa menempatkan produk tersebut ke cart dan mengirimkannya sebagai pesan langsung di dalam chat.

WhatsApp memastikan, percakapan pengguna dengan akun WhatsApp Business akan tetap terenkripsi end-to-end dan tidak bisa diintip oleh siapa pun kecuali pengirim pesan dan pemilik bisnis.

Banyak pula bisnis kecil yang memasang iklan di Facebook dan Instagram dengan menampilkan sebuah tombol yang dapat diklik untuk terhubung langsung ke WhatsApp.

Layaknya iklan Facebook pada umumnya, ketika pengguna memilih untuk mengklik iklan-iklan ini, pilihan tersebut dapat mempengaruhi personalisasi iklan yang dilihat. Namun, WhatsApp dan Facebook mengklaim tetap tidak dapat melihat konten dari semua pesan yang terenkripsi.

Baca Selanjutnya: 3 WhatsApp Business API...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini