3 Alasan Headphone dan Earphone Berkabel Lebih Baik Ketimbang Wireless!

Senin, 8 Juli 2019 15:44 Reporter : Indra Cahya
3 Alasan Headphone dan Earphone Berkabel Lebih Baik Ketimbang Wireless! Pixel Buds. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Satu tren smartphone yang mulai banyak dianut gadget-gadget baru adalah hilangnya headphone jack. Hal ini membuat lahirnya tipe gawai untuk mendengarkan musik baru yang nirkabel, yakni earphone nirkabel, atau headset nirkabel.

Namun, terlihat canggih bukan berarti itu adalah hal yang terbaik. Terlebih lagi, gadget tanpa kabel tersebut tentu tak murah harganya.

Berikut tiga buah alasan mengapa headphone dan earphone berkabel lebih baik ketimbang wireless, melansir Android Authority.

 

1. Kualitas Suara Lebih Baik

Tak bisa dimungkiri, kualitas suara earphone atau headset dengan Bluetooth belum sebaik yang berkabel. Bahkan LDAC yang merupakan codec bluetooth terbaik, masih belum menyaingi mendengar musik dengan kabel.

Hal ini dikarenakan bandwith bluetooth sangat terbatas dibanding versi kabel. Performanya sendiri masih diragukan jadi yang terbaik. Kelebihan bluetooth tentu hanya terletak di soal nirkabel, namun dirasa belum sempurna di aspek kualitas.

Perbedaan kualitas suara seringkali tak bisa dibedakan oleh orang yang awam soal sound atau musik. Namun dijamin jika Anda mendengarkan musik di suasana yang sangat sunyi, seperti di rumah pada malam hari, perpustakaan, dan sebagainya, kualitas suara dari headset akan terasa.

 

2. Lebih Praktis

Tentu tak ada yang mengalahkan kepraktisan menyolok earphone ke headphone jack. Tentu hal ini tak dimiliki earphone nirkabel. Meski memang kepraktisannya adalah tidak ada kabel yang mungkin mengganggu, namun proses pairing adalah hal yang cukup kurang praktis.

Seringkali kita telah melakukan pairing, namun entah apa alasannya tiba-tiba harus kita hapus dan pairing kembali dengan alasan yang tak kita pahami asal-usulnya. Sayangnya, hal ini bukan karena harga earphone nirkabelnya: murah maupun mahal seringkali menghadapi hal yang sama.

Selain itu, kita juga harus mengecas earphone ini. Tak cuma kita punya tambahan satu gadget lagi yang harus dicas, smartphone kita tentu lebih cepat habis baterai karena bluetooth juga menyala secara bersamaan.

 

3. Lebih Murah dan Lebih Mudah Direparasi

Satu hal paling utama yang tak bisa dimungkiri dari earphone berkabel adalah harganya yang lebih murah. Mungkin jika itu headset, harganya memang sedikit mahal. Namun earphone, Anda bisa mendapatkannya dengan harga semurah Rp 29.000.

Di merek yang sama, biasanya perbedaan earphone berkabel dan nirkabel dengan keluaran dan kualitas yang sama, bisa jutaan rupiah.

Tentu tak cuma murah, earphone berkabel mudah direparasi. Aspek paling rentan adalah kabel, dan proses penyambungan kabel ini, jika Anda terampil dan hobi DIY, hanya memakan waktu setengah jam hingga satu jam saja. Membawanya ke reparasi untuk mengganti kabel pun tak menguras kantong.

Sementara earphone nirkabel punya titik rentan di banyak aspek, mulai dari baterai hingga titik solderan. Hal ini tentu sulit direparasi sendiri, dan untuk membawanya ke tukang reparasi, biayanya cukup mahal. Garansi bisa diandalkan jika di bawah waktu garansi, biasanya satu tahun. [idc]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini