Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

SWOT adalah Metode Analisis Perencanaan untuk Mengevaluasi, Berikut Penjelasannya

SWOT adalah Metode Analisis Perencanaan untuk Mengevaluasi, Berikut Penjelasannya Ilustrasi rapat. ©2018 Merdeka.com/Pixabay

Merdeka.com - Analisis SWOT adalah alat yang sangat sederhana, namun ampuh untuk membantu Anda mengembangkan strategi bisnis, baik dalam rangka membangun startup atau membimbing perusahaan yang sudah ada.

SWOT adalah singkatan dari Strengths, Weaknesses, Opportunities, dan Threats. Kekuatan dan kelemahan ada di dalam perusahaan adalah hal-hal yang dapat dikendalikan dan dapat diubah. Contohnya termasuk siapa yang ada di tim Anda, hak paten dan kekayaan intelektual, dan lokasi Anda.

Peluang dan ancaman bersifat eksternal, hal-hal yang terjadi di luar perusahaan Anda, yaitu di pasar yang lebih besar. Anda dapat memanfaatkan peluang dan melindungi dari ancaman, tetapi tidak dapat mengubahnya. Contohnya termasuk pesaing, harga bahan baku, dan tren belanja pelanggan.

Berikut merdeka merangkum pengertian SWOT, metode, dan contoh pertanyaan SWOT:

Pengertian SWOT

Menurut Freddy Rangkuty dalam Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis, pengertian analisis SWOT adalah sebuah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (Strength), kelemahan (Weakness), peluang (Opportunity), dan ancaman (Threat) yang terjadi dalam proyek atau di sebuah usaha bisnis, atau mengevaluasi lini-lini produk sendiri maupun pesaing.

Sedangkan menurut Pearce dan Robinson SWOT adalah singkatan dari kekuatan (Strength) dan kelemahan (weakness) intern perusahaan serta peluang (opportunities) dan ancaman (threat) dalam lingkungan yang dihadapi perusahaan.

Analisis SWOT merupakan salah satu instrumen analisis lingkungan internal dan eksternal perusahaan yang dikenal luas. Analisis ini didasarkan pada asumsi bahwa suatu strategi yang efektif akan meminimalkan kelemahan dan ancaman. Bila diterapkan secara akurat, asumsi sederhana ini mempunyai dampak yang besar atas rancangan suatu strategi yang berhasil.

Kekuatan (Strength)

Kekuatan (strength) merupakan sumber daya/kapabilitas yang dikendalikan oleh perusahaan atau tersedia bagi suatu perusahaan yang membuat perusahaan relatif lebih unggul dibanding dengan pesaingnya dalam memenuhi kebutuhan pelanggan yang dilayaninya.

Kekuatan dapat terkandung dalam sumber daya keuangan, citra, kepemimpinan pasar, hubungan pembeli dengan pemasok dan beberapa faktor lainnya.

Kelemahan (weakness)

Kelemahan (weakness) adalah keterbatasan atau kekurangan dalam sumber daya, keterampilan, dan kapabilitas yang secara serius menghambat kinerja efektif perusahaan atau organisasi.

Menurut Sondang P.Siagian, dalam Manajemen Strategi, pada praktiknya, berbagai keterbatasan dan kekurangan kemampuan tersebut bisa terlihat dari sarana dan prasarana yang dimiliki, kemampuan manajerial yang rendah, keterampilan pemasaran yang tidak sesuai dengan tuntutan pasar, produk yang tidak atau kurang diminati oleh para pengguna atau calon pengguna dan tingkat perolehan keuntungan yang kurang memadai.

Peluang (Opportunities)

Peluang merupakan situasi utama yang menguntungkan dalam lingkungan suatu perusahaan. Kecenderungan utama merupakan salah satu sumber peluang. Identifikasi atas segmen pasar yang sebelumnya terlewatkan, perubahan dalam kondisi persaingan/ regulasi, perubahan teknologi, dan membaiknya hubungan dengan pembeli/ pemasok dapat menjadi peluang bagi perusahaan.

Ancaman (threath)

Ancaman (threath) adalah situasi penting yang tidak menguntungkan dalam lingkungan perusahaan atau organisasi. Ancaman merupakan pengganggu utama bagi posisi sekarang yang diinginkan organisasi.

Masuknya pesaing baru, lambatnya pertumbuhan pasar, meningkatnya kekuatan tawar-menawar pembeli atau pemasok penting, perubahan teknologi serta peraturan baru atau yang direvisi dapat menjadi ancaman bagi keberhasilan perusahaan.

Siapa yang harus melakukan analisis SWOT?

Agar analisis SWOT menjadi efektif, pendiri dan pemimpin perusahaan harus terlibat secara mendalam seperti yang dilansir dari laman Live Plan. Ini bukanlah tugas yang bisa didelegasikan kepada orang lain.

Namun, kepemimpinan perusahaan juga tidak boleh melakukan pekerjaan mereka sendiri. Untuk hasil terbaik, Anda sebaiknya mengumpulkan sekelompok orang yang memiliki perspektif berbeda tentang perusahaan. Pilih orang yang dapat mewakili berbagai aspek perusahaan, dari penjualan dan layanan pelanggan hingga pemasaran dan pengembangan produk. Setiap orang harus memiliki tempat duduk di meja.

Perusahaan inovatif bahkan melihat di luar peringkat internal mereka sendiri ketika mereka melakukan analisis SWOT dan mendapatkan masukan dari pelanggan untuk menambahkan suara unik mereka ke dalam campuran.

Jika Anda memulai atau menjalankan bisnis sendiri, Anda masih dapat melakukan analisis SWOT. Rekrut sudut pandang tambahan dari teman yang tahu sedikit tentang bisnis Anda, akuntan Anda, atau bahkan vendor dan pemasok. Kuncinya adalah memiliki sudut pandang yang berbeda.

Bisnis yang ada dapat menggunakan analisis SWOT untuk menilai situasi mereka saat ini dan menentukan strategi untuk maju. Tapi, ingatlah bahwa banyak hal terus berubah dan Anda ingin menilai kembali strategi Anda, dimulai dengan analisis SWOT baru setiap enam hingga 12 bulan.

Untuk startup, analisis SWOT adalah bagian dari proses perencanaan bisnis. Ini akan membantu menyusun strategi sehingga Anda memulai dengan langkah yang benar dan mengetahui arah yang direncanakan.

Bagaimana melakukan analisis SWOT dengan cara yang benar

Seperti yang disebutkan di atas, sebaiknya mengumpulkan sekelompok orang untuk mengerjakan analisis SWOT. Anda tidak perlu retret sepanjang hari untuk menyelesaikannya. Satu atau dua jam seharusnya lebih dari cukup.

Kumpulkan orang-orang dari berbagai bagian perusahaa dan pastikan Anda memiliki perwakilan dari setiap bagian. Anda akan menemukan bahwa grup yang berbeda dalam perusahaan akan memiliki perspektif yang sama sekali berbeda yang akan sangat penting untuk membuat analisis SWOT berhasil.

Melakukan analisis SWOT mirip dengan rapat curah pendapat, dan ada cara yang benar dan salah untuk menjalankannya. Disarankan untuk memberi setiap orang catatan tempel dan meminta setiap orang secara diam-diam menghasilkan ide sendiri untuk memulai sesuatu. Ini mencegah groupthink dan memastikan bahwa semua suara didengar.

Setelah lima hingga 10 menit bertukar pikiran secara pribadi, tempelkan semua catatan tempel di dinding dan kelompokkan ide-ide serupa. Izinkan siapa pun untuk menambahkan catatan tambahan pada saat ini jika ide orang lain memicu pemikiran baru.

Pertanyaan yang dapat membantu menginspirasi analisis

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang dapat ditanyakan kepada tim Anda saat membangun analisis SWOT. Pertanyaan-pertanyaan ini dapat membantu menjelaskan setiap bagian dan memicu pemikiran kreatif.

Kekuatan

Kekuatan adalah atribut internal dan positif perusahaan Anda. Ini adalah hal-hal yang ada dalam kendali Anda.

  • Proses bisnis apa yang berhasil?
  • Aset apa yang dimiliki di tim Anda, seperti pengetahuan, pendidikan, jaringan, keterampilan, dan reputasi?
  • Aset fisik apa yang dimiliki, seperti pelanggan, peralatan, teknologi, uang tunai, dan paten?
  • Keunggulan kompetitif apa yang Anda miliki atas pesaing Anda?
  • Kelemahan

    Kelemahan adalah faktor negatif yang mengurangi kekuatan Anda. Ini adalah hal-hal yang mungkin perlu Anda tingkatkan untuk menjadi kompetitif.

  • Adakah hal-hal yang dibutuhkan bisnis Anda agar dapat bersaing?
  • Proses bisnis apa yang perlu ditingkatkan?
  • Apakah ada aset berwujud yang dibutuhkan perusahaan Anda, seperti uang atau peralatan?
  • Apakah ada celah di tim Anda?
  • Apakah lokasi Anda ideal untuk kesuksesan Anda?
  • Peluang

    Peluang adalah faktor eksternal dalam lingkungan bisnis Anda yang cenderung berkontribusi pada kesuksesan Anda.

  • Apakah pasar Anda berkembang dan adakah tren yang akan mendorong orang untuk membeli lebih banyak dari apa yang Anda jual?
  • Apakah ada acara mendatang yang mungkin dapat dimanfaatkan oleh perusahaan Anda untuk mengembangkan bisnis?
  • Adakah perubahan peraturan yang akan datang yang mungkin berdampak positif bagi perusahaan Anda?
  • Jika bisnis Anda aktif dan berjalan, apakah pelanggan menganggap Anda tinggi?
  • Ancaman

    Ancaman adalah faktor eksternal yang tidak dapat Anda kendalikan. Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk membuat rencana darurat untuk menanganinya jika itu terjadi.

  • Apakah Anda memiliki pesaing potensial yang dapat memasuki pasar Anda?
  • Akankah pemasok selalu dapat memasok bahan mentah yang Anda butuhkan dengan harga yang Anda butuhkan?
  • Bisakah perkembangan teknologi di masa depan mengubah cara Anda berbisnis?
  • Apakah perilaku konsumen berubah dengan cara yang dapat berdampak negatif pada bisnis Anda?
  • Adakah tren pasar yang bisa menjadi ancaman?
  • (mdk/amd)
    Geser ke atas Berita Selanjutnya

    Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
    lihat isinya

    Buka FYP
    SWOT adalah Strenght, Weakness, Opportunity, Threats, Ini Penjelasan dan Tujuan Analisisnya
    SWOT adalah Strenght, Weakness, Opportunity, Threats, Ini Penjelasan dan Tujuan Analisisnya

    SWOT merupakan analisis penting untuk setiap perencanaan.

    Baca Selengkapnya
    10 Contoh Kalimat Fakta dan Opini, Perhatikan Perbedaannya
    10 Contoh Kalimat Fakta dan Opini, Perhatikan Perbedaannya

    10 contoh kalimat fakta dan opini akan memperjelas perbedaan keduanya.

    Baca Selengkapnya
    Tak Banyak Orang Tahu, Metode Ini Bisa Jadi Salah Satu Cara Capai Swasembada Daging Sapi di Indonesia
    Tak Banyak Orang Tahu, Metode Ini Bisa Jadi Salah Satu Cara Capai Swasembada Daging Sapi di Indonesia

    Sistem Integrasi Sapi dan Kelapa Sawit (Siska) merupakan suatu program yang mengintegrasikan ternak dengan kelapa sawit.

    Baca Selengkapnya
    Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
    video untuk kamu.
    SWIPE UP
    Untuk melanjutkan membaca.
    Karakteristik adalah Sifat Khas, Begini Pengertiannya Menurut Para Ahli dan Macam Pembentukannya
    Karakteristik adalah Sifat Khas, Begini Pengertiannya Menurut Para Ahli dan Macam Pembentukannya

    Karakteristik adalah sifat khas yang sesuai dengan perwatakan tertentu. Ini penjelasan lengkapnya.

    Baca Selengkapnya
    Strategi BUMN Semen Jadikan Keberlanjutan Jadi Acuan Bisnis dan Operasional
    Strategi BUMN Semen Jadikan Keberlanjutan Jadi Acuan Bisnis dan Operasional

    Perusahaan terus menciptakan inovasi sosial guna mendorong terwujudnya kemajuan desa dengan membentuk masyarakat yang berdaya dan mandiri.

    Baca Selengkapnya
    32 Contoh Fakta dan Opini Singkat Beserta Pengertian hingga Ciri-cirinya, Bisa jadi Bahan Pembelajaran
    32 Contoh Fakta dan Opini Singkat Beserta Pengertian hingga Ciri-cirinya, Bisa jadi Bahan Pembelajaran

    Mengetahui contoh fakta dan opini kurang lengkap rasanya jika tak memahami pengertian hingga ciri-cirinya.

    Baca Selengkapnya
    Perbedaan Tujuan dan Manfaat, Berikut Penjelasan dan Contohnya
    Perbedaan Tujuan dan Manfaat, Berikut Penjelasan dan Contohnya

    Tujuan dan manfaat mempunyai makna yang berbeda, meskipun sama-sama akan menghasilkan suatu hal yang baik.

    Baca Selengkapnya
    Contoh Teks Tanggapan Lengkap Beserta Strukturnya yang Perlu Diketahui
    Contoh Teks Tanggapan Lengkap Beserta Strukturnya yang Perlu Diketahui

    Kumpulan contoh teks tanggapan dan penjelasan lengkapnya.

    Baca Selengkapnya
    Awal Tahun, AMA Malang Gelar Seminar Bertajuk
    Awal Tahun, AMA Malang Gelar Seminar Bertajuk "Sales Outlook 2024,10 Skills to Incrase Your Sales in 2024"

    Asosiasi Management Indonesia (AMA) Malang menggelar seminar bertajuk Sales Outlook 2024; 10 Skills to Increase Your Sales in 2024, pembicara Herman Seowono.

    Baca Selengkapnya