Payroll adalah Sistem Gaji dalam Perusahaan, Ini Manfaatnya

Kamis, 29 April 2021 16:36 Reporter : Ani Mardatila
Payroll adalah Sistem Gaji dalam Perusahaan, Ini Manfaatnya Ilustrasi gaji. ©Shutterstock/Maryna Pleshkun

Merdeka.com - Payroll adalah penggajian dalam Bahasa Indonesia. Lebih luasnya dalam sebuah perusahaan, Penggajian (Payroll) adalah jumlah dari semua catatan keuangan gaji bagi karyawan, upah, bonus dan pemotongan.

Dalam akuntansi, penggajian mengacu pada jumlah yang dibayarkan kepada karyawan atas jasa yang mereka berikan selama periode waktu tertentu. Penggajian (payroll) memainkan peran utama dalam sebuah perusahaan karena beberapa alasan.

Singkatnya, kita dapat mengatakan bahwa payroll melibatkan sampai pada apa yang menjadi hak karyawan yang juga disebut sebagai 'gaji bersih' setelah menyesuaikan pajak yang diperlukan dan pemotongan lainnya.

Jumlah bersih yang harus dibayar dipengaruhi oleh banyak faktor. Berbagai kebijakan perusahaan seperti kebijakan gaji, kebijakan cuti dan tunjangan, kebijakan kehadiran, dll mulai berlaku pada saat itu.

Sebagai langkah pertama, kebijakan semacam itu perlu didefinisikan dengan baik dan disetujui oleh manajemen untuk memastikan pemrosesan penggajian standar.

Berikut merdeka.com merangkum selengkapnya tantang payroll dan manfaatnya yang penting bagi perusahaan:

Baca Selanjutnya: Manfaat Payroll...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini