Mengenal Sameera Moussa, Ilmuwan Nuklir Perempuan Muslim yang Tewas Misterius

Kamis, 14 Oktober 2021 16:01 Reporter : Ani Mardatila
Mengenal Sameera Moussa, Ilmuwan Nuklir Perempuan Muslim yang Tewas Misterius Sameera Moussa. ©2021 Merdeka.com/wikipedia

Merdeka.com - Nama Sameera Moussa mungkin jarang terdengar di lingkungan sekolah. Sameera Moussa adalah seorang perempuan muslim yang berhasil menjadi wanita pertama di universitas yang memegang jabatan universitas, berkat terobosan PhD dalam radiasi atom pada 1940-an.

Lahir pada 3 Maret 1917, Sameera Moussa adalah ilmuwan nuklir wanita Mesir pertama. Dia kuliah di Universitas Kairo, di mana dia menjadi wanita pertama yang mendapatkan gelar doktor dalam radiasi atom dan memegang jabatan mengajar. Salah satu tujuannya adalah membuat penggunaan medis teknologi nuklir terjangkau bagi semua orang.

Dia berkata, "Saya akan membuat perawatan nuklir tersedia dan semurah Aspirin." Sayangnya, hidupnya dipersingkat oleh kecelakaan mobil misterius (disebut keluarga dan masyarakat Mesir sebagai "The Sunset") selama kunjungan pertamanya ke Amerika Serikat sebagai bagian dari beasiswa Program Atom Fulbright.

Berikut selengkapnya merdeka.com merangkum kisah hidup Sameera Mousa:

Baca Selanjutnya: Usaha Sameera Mousa Membumikan Nuklir...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini