Mengenal Proses Pembuatan Semen Bangunan dan Jenisnya

Selasa, 19 Januari 2021 19:45 Reporter : Ani Mardatila
Mengenal Proses Pembuatan Semen Bangunan dan Jenisnya Ilustrasi Konstruksi Bangunan. ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - Bahan umum yang digunakan untuk membuat semen di antaranya adalah batu kapur, cangkang, dan kapur atau napal yang dikombinasikan dengan serpih, tanah liat, batu tulis, terak tanur sembur, pasir silika, dan bijih besi. Bahan-bahan ini, bila dipanaskan pada suhu tinggi membentuk zat seperti batu yang digiling menjadi bubuk halus yang biasa kita anggap sebagai semen.

Tukang batu Joseph Aspdin dari Leeds, Inggris pertama kali membuat semen portland pada awal abad ke-19 dengan membakar bubuk batu kapur dan tanah liat di kompor dapurnya. Dengan metode kasar ini, dia meletakkan fondasi untuk industri yang setiap tahun memproses pegunungan kapur, tanah liat, batuan semen, dan bahan lainnya menjadi bubuk yang sangat halus sehingga dapat melewati saringan yang mampu menahan air.

Laboratorium pabrik semen memeriksa setiap langkah dalam pembuatan semen portland dengan sering melakukan uji kimia dan fisik. Laboratorium juga menganalisis dan menguji produk jadi untuk memastikan kesesuaiannya dengan semua spesifikasi industri. Berikut proses pembuatan semen bangunan dan jenisnya:

Baca Selanjutnya: Bahan Baku Pembuatan Semen...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Ragam
  3. Sumut
  4. Konstruksi
  5. Yogyakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini