Medan Dikepung Banjir, Bobby Nasution Minta Maaf ke Warga Sumut

Rabu, 24 November 2021 13:18 Reporter : Fatimah Rahmawati
Medan Dikepung Banjir, Bobby Nasution Minta Maaf ke Warga Sumut Medan Dikepung Banjir, Bobby Nasution Minta Maaf ke Warga Sumut. Instagram/@bobbynst ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Intensitas hujan yang sangat tinggi melanda Sumatra Utara (Sumut) dalam beberapa minggu terakhir. Hal ini menyebabkan sejumlah daerah di Sumut tergenang banjir, tak terkecuali Kota Medan.

Sejumlah wilayah di Kota Medan saat ini tengah terendam banjir akibat hujan deras yang akhir-akhir ini sering melanda daerah tersebut. Hujan deras menyebabkan parit dan sungai meluap sehingga menggenangi jalanan kota.

Terkait hal ini, Wali Kota Medan Bobby Nasution dalam unggahan di Instagram pribadinya @bobbynst pada Rabu (24/11), menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh masyarakat Kota Medan. Ia meminta maaf atas musibah banjir yang hingga kini belum bisa diatasi.

"Seperti yang kita ketahui, dalam beberapa waktu ke belakang Kota Medan mengalami intensitas hujan yang sangat tinggi. Begitu juga di beberapa daerah, khususnya daerah hulu yang aliran sungainya memasuki Kota Medan. Sebagai Wali Kota Medan, saya memohon maaf kepada seluruh warga Medan atas masalah banjir dan penanganan banjir yang terjadi di sejumlah wilayah di Kota Medan belakangan ini," ucap Bobby dalam video unggahan itu.

Bobby juga mengatakan saat ini pihaknya terus melakukan upaya untuk mengatasi banjir, di mana permasalahan banjir ini merupakan salah satu dari lima program kerja prioritas selama menjabat sebagai Wali Kota Sumut.

Berikut informasi selengkapnya.

2 dari 3 halaman

Minta Dukungan Masyarakat

medan dikepung banjir bobby nasution minta maaf ke warga sumut
Instagram/@bobbynst ©2021 Merdeka.com

Bobby mengatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Medan saat ini terus berupaya membenahi drainase yang tersumbat agar genangan air cepat diatasi. Ia juga sedang mempersiapkan berbagai perencanaan dan penanganan banjir jangka panjang, agar Kota Medan benar-benar bebas dari permasalahan banjir.

Selain itu, Bobby juga meminta dukungan dari seluruh pihak, khususnya masyarakat dalam penanganan banjir tersebut. Ia mengaku, penanganan banjir ini juga akan berjalan dengan baik jika ada kolaborasi antara Pemerintah Provinsi (Pemprov), Pemerintah Pusat.

"Sekali lagi saya mengucapkan permohonan maaf kepada seluruh warga Medan. Saya juga berharap dukungan besar dari warga yang dalam menjalankan program-program untuk mengatasi dan menanggulangi permasalahan banjir di Kota Medan," ujarnya.

3 dari 3 halaman

Upaya Bobby Nasution Tangani Banjir Medan

medan dikepung banjir bobby nasution minta maaf ke warga sumutInstagram/@bobbynst ©2021 Merdeka.com

Penanganan banjir di Kota Medan ini sebenarnya telah menjadi salah satu program prioritas Bobby yang sampai saat ini terus dilakukan. Sejak awal menjabat hingga saat ini, Bobby gencar melakukan perbaikan sistem drainase di Kota Medan yang buruk.

Selain terus melakukan perbaikan atas buruknya drainase yang ada, normalisasi sungai merupakan salah satu upaya mengatasi banjir maupun genangan air yang terjadi di Kota Medan. Hal ini karena umumnya sungai yang melintasi kota tersebut telah mengalami pendangkalan.

Saat ini, Pemkot Medan akan segera menormalisasi tiga sungai di Kota Medan, yakni Sungai Deli, Babura, dan Bedera. Pemkot Medan juga telah menyiapkan konsep rumah susun sederhana milik (rusunami) bagi masyarakat dalam relokasi bantaran sungai tersebut.

Selain itu, Bobby telah membahas rencana revitalisasi kawasan Danau Siombak yang berada di Kecamatan Medan Marelan dengan dengan Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatra II. Danau Siombak ini bisa dimanfaatkan sebagai tempat penampungan air yang sangat baik untuk mengatasi permasalahan banjir di kota Medan.

[far]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini