Doa Pembuka Rezeki di Pagi Hari, Mudah Diamalkan

Rabu, 17 Agustus 2022 04:00 Reporter : Muhammad Farih Fanani
Doa Pembuka Rezeki di Pagi Hari, Mudah Diamalkan Ilustrasi Berdoa. ©2022 Merdeka.com/pixabay

Merdeka.com - Doa pembuka rezeki di pagi hari adalah salah satu doa yang wajib untuk diketahui orang-orang. Doa ini adalah salah satu doa yang diharapkan untuk memberikan rezeki yang berlimpah bagi orang yang memanjatkannya.

Jika Anda mengalami masalah dalam hal rezeki atau hanya ingin berdoa kepada Tuhan atas rezeki yang ingin Anda miliki di kemudian hari, maka membaca doa pembuka rezeki di pagi hari ini merupakan langkah yang harus Anda lakukan.

Rezeki adalah karunia Tuhan, akan tetapi sebagai manusia harus memanjatkan doa kepada Tuhan untuk meminta rezeki sebagai bentuk kerendahan hati seorang hamba. Ini melambangkan bahwa manusia hanya bisa berusaha dan usaha yang dilakukan oleh manusia tentu hanya bisa dikabulkan oleh Tuhan, termasuk usaha dalam mencari rezeki.

Maka dari itu, Anda perlu mengetahui doa pembuka rezeki di pagi hari yang mudah untuk diamalkan. Berikut ini Merdeka.com merangkum doa pembuka rezeki di pagi hari yang mudah untuk diamalkan melansir dari berbagai sumber.

2 dari 4 halaman

Doa Pagi Hari Rasulullah

Doa pembuka rezeki di pagi hari yang bisa Anda amalkan adalah doa pagi hari yang biasa dipanjatkan oleh Rasulullah. Rasulullah selalu mengajarkan umatnya untuk memanjatkan doa supaya segala macam kebutuhan dan urusan di dunia dan akhirat bisa dimudahkan dan dilancarkan oleh Allah.

Berikut doa pagi hari yang diajarkan oleh Rasulullah dikutip dari laman islam.nu.or.id.

Allahumma bika ashbahna wa bika nahya, wa bika namutu wa ilaukan nusyuru.

Artinya: “Ya Allah, dengan -Mu aku berpagi hari, dengan-Mu aku bersore hari, dengan-Mu kami hidup, dengan-Mu kami mati. Hanya kepada-Mu kami kembali.”

Doa Subuh Rasulullah yang Diajarkan kepada Fatimah

Doa pembuka rezeki di pagi hari yang juga bisa Anda baca adalah doa pembuka rezeki di pagi hari yang diajarkan oleh Rasulullah kepada Fatimah. Berikut doa beserta dengan artinya dilansir dari laman nuponorogo.or.id.

Allahumma inni as-aluka ‘ilman naafi’an wa rizqon thoyyibaa, wa ‘amalan mutaqobbala.

Artinya: “Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat (bagi diriku dan orang lain), rizki yang halal dan amal yang siterima (di sisi-Mu dan mendapatkan ganjaran yang baik).”

3 dari 4 halaman

Doa Rasulullah dari Ibnu Masud

Selain doa yang pendek, Anda juga bisa membaca doa pembuka rezeki di pagi hari yang panjang. Doa ini merupakan doa pagi Rasulullah yang diriwayatkan oleh Sahabat Ibnu Mas’ud dalam Shahih Muslim. Berikut ini adalah doanya.

Asbahna wa asbahal mulku lillahi wal hamdu lillahi, la ilaha illallahu wahdahu la syarika lah, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syai‘in qadir. Rabbi, as’aluka khaira ma fi hadzihil lailata wa khaira ma ba‘daha, wa a‘udzu bika min syarri ma fi hadzihil lailata wa khaira ma ba‘daha. Rabbi, a‘udzu bika minal kasli wa su’il kibari. A‘udzu bika min ‘adzabin fin nari wa ‘adzabin dil qabri.

Artinya: “Kami dan kuasa Allah berpagi hari. Segala puji bagi Allah. Tiada Tuhan selain Allah yang Maha Esa, tiada sekutu bagi-Nya. bagi-Nya segala kuasa dan puji. Dia kuasa atas segala sesuatu. Tuhanku, aku memohon kepada-Mu kebaikan malam ini dan maam sesudahnya. Aku memohon perlindungan-Mu kejahatan malam ini dan malam sesudahnya. Tuhanku, aku memohon perlindungan-Mu dari kemalasan dan kedaifan masa tua. Aku memohon perlindungan-mu dari siksa neraka dan siksa kubur.”

Doa Rasulullah dari Imam An-Nasai

Selanjutnya, doa pembuka rezeki di pagi hari yang juga diajarkan oleh Rasulullah adalah doa yang disampaikan dalam hadits Ali yang diriwayatkan oleh Imam An-Nasai, Imam Al-Bazzar dengan sanad yang shahih juga Imam Al-Hakim. Berikut doanya yang bisa Anda praktikkan.

Yaa hayyu yaa qayyum birahmatika astaghits ashlih lii sya’ni kullahu wala takilni ilaa nafsi thorfata ‘aini.

Artinya: “Wahai Dzat yang Maha Hidup, serta Maha Berdiri Sendiri, dengan rahmat-Mu aku memohon pertolongan, perbaiki seluruh urusan atau keadaanku, dan janganlah Engkau mewakilkan aku kepada diriku sendiri dalam sekejap mata pun.”

4 dari 4 halaman

Doa Rasulullah dari Imam Tirmidzi

Selanjutnya adalah doa yang juga diajarkan oleh Rasulullah Untuk dipanjatkan di pagi hari. Doa ini diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi dan termasuk dalam hadits Hasan.

Doa ini sangat ringkas dan mudah untuk dihapal. Anda bisa menghapalnya dan mengamalkannya setiap hari di pagi hari sebagai doa pembuka rezeki di pagi hari.

Allahummakfinii bihalaalila ‘an haraamika wa aghni bi fadhlika ‘amman siwaaka.

Artinya: “Ya Allah, cukupkanlah aku dengan yang halal dan jauhkanlah aku dari yang haram, dan cukupkanlah aku dengan karunia-Mu dari bergantung pada selain-Mu.

[mff]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini