Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Cara Membuat Lagu dalam Sepuluh Langkah Mudah, Gampang Dipraktikkan

Cara Membuat Lagu dalam Sepuluh Langkah Mudah, Gampang Dipraktikkan Ilustrasi gitar. ©fanpop.com

Merdeka.com - Bagi pecinta musik, cara membuat lagu bisa menjadi cukup rumit atau sangat sederhana. Ada banyak cara bahkan ratusan metode membuat musik. Seseorang bisa memulai dari melodinya atau hanya memikirkan liriknya terlebih dahulu.

Dan dari semua itu, inspirasi tetap dibutuhkan, dan mereka dapat datang dari berbagai tempat dan kapan saja mungkin tiba-tiba atau mungkin butuh dicari.

Apabila Anda seorang pemula dalam dunia pembuatan lagu, mungkin Anda bingung harus memulai dari mana dan tidak ingin hanya menebak-nebak sebab itu tidak menyakinkan.

Oleh sebab itu, berikut cara membuat lagu dalam sepuluh langkah mudah yang gampang dipahami bagi pemula dilansir dari laman Mysongcoach:

Buat Judul dan Daftar Pertanyaan

1. Mulailah dengan judul

Cara membuat lagu yang mudah yaitu dengan membuat judulnya terlebih dahulu jika memang inspirasi baru akan dicari. Memulai dengan judul akan membantu Anda tetap fokus pada satu ide dalam lagu. 

Buat frasa yang terdiri dari satu hingga enam kata yang merangkum inti dari apa yang ingin dikatakan. Atau cari frasa menarik yang menunjukkan situasi atau emosi bagi Anda. Coba gunakan gambar dalam judul untuk membuatnya lebih menarik atau kata tindakan untuk memberinya energi. 

2. Buatlah daftar pertanyaan yang disarankan oleh judul

Cara membuat lagu selanjutnya yaitu dengan membuat daftar pertanyaan. Mengapa? Sebab ini akan memprkokoh judul yang dipikirkan sebelumnya. Mulailah dengan bertanya pada diri sendiri apa yang ingin dikatakan tentang judul dan apa yang menurut Anda ingin diketahui pendengar. 

Buat daftar pertanyaan. Misalnya seperti: Apa arti judul itu? Bagaimana perasaan Anda tentang itu? Apa yang menyebabkan perasaan itu muncul? Menurut Anda atau harapan apa yang akan terjadi selanjutnya? Anda membutuhkan tiga sampai empat pertanyaan. 

Pilih Struktur Lagu dan Buat Melodi

3. Pilih struktur lagu

Cara membuat lagu berikutnya yaitu dengan menentukan struktur lagu. Banyak hit terbesar saat ini mengandalkan struktur lagu seperti ini: Verse/Chorus/Verse/Chorus/Bridge/Chorus. 

Beberapa menambahkan bagian pendek yang disebut "pre-chorus" atau "lift" antara bait dan chorus untuk membangun antisipasi. Syair, pre-chorus, dan chorus masing-masing memiliki melodi yang dapat dikenali, yang dapat dikenali oleh pendengar saat melodi.

4. Pilih satu pertanyaan untuk dijawab di bagian refrain dan satu pertanyaan untuk setiap ayat

Kita akan fokus pada bagian chorus terlebih dahulu karena itu adalah bagian terpenting dari lagu. Pilih pertanyaan yang ingin Anda jawab di bagian refrain. Tuliskan frasa singkat yang mengungkapkan jawaban. 

Cari gambar dan kata tindakan untuk menghidupkan jawaban. Apa yang dirasakan, dipikirkan, atau dikatakan penyanyi itu? Emosi apa yang dirasakan penyanyi itu dan bagaimana Anda menggambarkannya? Apakah hangat atau dingin? Gelap atau terang?

5. Temukan melodi dalam lirik

Pilih satu atau dua frasa yang ditemukan di Langkah 4. Ucapkan dengan lantang. Sekarang ucapkan lagi dengan BANYAK emosi. Perhatikan ritme dan melodi alami nada Anda saat mengucapkan baris-baris dengan penuh perasaan. 

Ini adalah awal dari melodi paduan suara. Mainkan sampai terasa nyaman. 

Tambahkan Akor dan Sempurnakan Lirik

6. Mulailah menambahkan akor ke melodi paduan suara Anda

Cobalah pola akor sederhana yang berulang. Mainkan melodi dan akor sampai Anda menemukan sesuatu yang Anda sukai. Rekam diri Anda bernyanyi dan bermain (atau hanya bernyanyi) - meskipun hanya di ponsel cerdas. 

7. Kerjakan lirik di bait pertama Anda

Fokus pada pertanyaan yang dipilih di Langkah 4. Buat baris pertama sesuatu yang akan membuat pendengar tertarik: pernyataan yang menarik, pertanyaan, atau deskripsi situasi. 

Di baris kedua, pertimbangkan untuk mengulangi baris pertama dengan cara yang berbeda atau menambahkan lebih banyak informasi. Jangan bergerak terlalu cepat; pendengar membutuhkan waktu untuk memahami apa yang terjadi dalam lagu tersebut. 

Dalam Ayat 1, pastikan untuk memberikan informasi yang cukup kepada pendengar sehingga mereka dapat memahami bagian refreinnya saat Anda sampai di sana. Lakukan Langkah 5 dan 6 dengan melodi bait dan akor.

8. Hubungkan bait dan refrain Anda

Setelah Anda memiliki bait dan paduan suara, buat transisi di antara keduanya sehingga mengalir secara alami. Anda mungkin perlu menaikkan atau menurunkan melodi bait atau mengubah baris terakhir agar bagian refrein Anda lancar. 

Tips: Melodi paduan suara biasanya memiliki rentang nada yang lebih tinggi daripada bait karena lebih emosional, dan ketika kita menjadi emosional, suara kita cenderung meningkat.

Jangan lupa direkam

9. Bangun ayat dan bridge kedua

Pilih pertanyaan yang lain untuk dijawab di ayat kedua. Gunakan Langkah 7 untuk mengerjakan liriknya. Chorus kedua Anda akan memiliki melodi dan lirik yang sama dengan refrein pertama, jadi lagu Anda sekarang hampir selesai. Anda hanya perlu menambahkan bridge.

Bagian bridge coba tambahkan momen emosional puncak ke lagu. Cobalah dua atau tiga baris lirik yang memberikan pemahaman terbaik kepada pendengar tentang situasi atau emosi yang dirasakan penyanyi tersebut. 

Melodi harus berbeda dari bait dan chorus. Coba gunakan akor yang belum pernah digunakan atau ubah panjang frasa atau gerakan melodi. Bridge bukanlah persyaratan tetapi dapat menambah banyak kekuatan pada lagu.

10. Rekam lagu

Piano/vokal atau gitar/vokal sederhana sering kali bisa menjadi pernyataan emosional yang paling efektif untuk lagu. Jika Anda menulis lagu Rock, lakukan versi "unplugged". 

Latih bagian instrumental dan vokal sampai merasa nyaman dengannya. Semakin sedikit Anda harus fokus saat bermain atau bernyanyi, semakin Anda bisa melepaskan dan merasakan emosi dalam lagu tersebut. Cobalah menyanyikannya seolah-olah Anda sedang berbicara kepada seseorang. Rekam untuk waktu yang singkat lalu istirahat. Jagalah agar lagu dan emosinya tetap segar!

(mdk/amd)
ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Cara Membuat Lagu yang Mudah dan Sederhana, Cukup Sepuluh Langkah

Cara Membuat Lagu yang Mudah dan Sederhana, Cukup Sepuluh Langkah

Selain inspirasi, ada langkah-langkah yang dibutuhkan untuk mencitptakan sebuah lagu. Tak perlu banyak-banyak, cukup 10 langkah saja.

Baca Selengkapnya
Cara Belajar Piano untuk Pemula, Cepat dan Mudah

Cara Belajar Piano untuk Pemula, Cepat dan Mudah

Belajar memainkan piano bukanlah hal yang dapat Anda lakukan dengan mudah dan dalam waktu singkat.

Baca Selengkapnya
Cara Menggambar untuk Pemula, Ikuti Langkah-Langkahnya Berikut Ini

Cara Menggambar untuk Pemula, Ikuti Langkah-Langkahnya Berikut Ini

Menggambar adalah kegiatan kreatif yang dapat dinikmati oleh siapa saja, termasuk Anda yang masih pemula.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
9 Kunci Gitar Dasar untuk Dipelajari Pemula, Pahami Tata Cara Memainkannya yang Benar

9 Kunci Gitar Dasar untuk Dipelajari Pemula, Pahami Tata Cara Memainkannya yang Benar

Kunci gitar dasar wajib dipelajari saat Anda hendak memainkan alat musik satu ini.

Baca Selengkapnya
Cara Bikin Telur Rebus yang Mudah Dikupas dan Matang Sempurna, Hanya Butuh Waktu 7 Menit

Cara Bikin Telur Rebus yang Mudah Dikupas dan Matang Sempurna, Hanya Butuh Waktu 7 Menit

Dengan metode ini, telur yang direbus dapat matang dalam rentang tujuh menit dan tetap mudah untuk dikupas. Berikut ini tahapan-tahapannya.

Baca Selengkapnya
Cara Mudah Membuat Rebusan Mengkudu untuk Turunkan Gula Darah hingga Asam Urat

Cara Mudah Membuat Rebusan Mengkudu untuk Turunkan Gula Darah hingga Asam Urat

Meskipun citarasa buah mengkudu tidak begitu enak, namun buah ini memiliki banyak manfaat yang luar biasa. Inilah metode yang tepat untuk mengolahnya.

Baca Selengkapnya
Cara Mengeluarkan Angin dalam Perut dengan Cepat, Mudah Dipraktikkan

Cara Mengeluarkan Angin dalam Perut dengan Cepat, Mudah Dipraktikkan

Perut kembung adalah gangguan umum yang membuat sensasi tidak nyaman.

Baca Selengkapnya
Mengenal Kompang, Alat Musik dari Jazirah Arab yang Populer di Tanah Melayu Riau

Mengenal Kompang, Alat Musik dari Jazirah Arab yang Populer di Tanah Melayu Riau

Alat musik sejenis gendang ini begitu populer di tanah Melayu khususnya Riau.

Baca Selengkapnya
Kisah Gadis Blitar Bikin Jam Tangan Kece dari Limbah Kayu, Awalnya Coba-coba Kini Omzetnya Puluhan Juta Rupiah per Bulan

Kisah Gadis Blitar Bikin Jam Tangan Kece dari Limbah Kayu, Awalnya Coba-coba Kini Omzetnya Puluhan Juta Rupiah per Bulan

Terinspirasi dari banyaknya limbah kayu yang dihasilkan dari produksi alat musik, gadis ini mencoba berinovasi dengan teman-temannya

Baca Selengkapnya