Cara agar Rambut Lemas, Halus, dan Tidak Mengembang, Mudah Dipraktikkan

Selasa, 16 Agustus 2022 16:34 Reporter : Muhammad Farih Fanani
Cara agar Rambut Lemas, Halus, dan Tidak Mengembang, Mudah Dipraktikkan ilustrasi rambut. Unsplash

Merdeka.com - Cara agar rambut lemas, halus, dan tidak mengembang adalah pengetahuan yang perlu diketahui oleh sebagian besar orang. Pasalnya, rambut sering disebut sebagai mahkota seseorang, khususnya kaum wanita. Maka dari itu, memiliki rambut yang indah dan tidak rusak adalah satu kelebihan tersendiri yang merupakan keunggulan dan bahkan bisa dibanggakan.

Rambut bisa menunjang penampilan. Penampilan yang keren dan nyentrik dan ditunjang oleh rambut yang indah akan membuat orang merasa lebih percaya diri. Maka dari itu, memiliki rambut yang lemas, halus, dan tidak mengembang adalah informasi yang sangat penting untuk diketahui.

Berikut ini Merdeka.com merangkum beberapa cara dan tips cara agar rambut lemas, halus, dan tidak mengembang yang perlu untuk diketahui. Anda bisa mempraktikkannya karena ini adalah cara yang mudah dan sekaligus membuat rambut Anda menjadi indah.

2 dari 3 halaman

1. Keramas dengan Air Dingin

Langkah pertama cara agar rambut lemas adalah yaitu dengan keramas dengan air dingin. Ini kebalikannya dengan keramas dengan menggunakan air hangat. Air hangat atau air panas akan membuat kutikula rambut menjadi terbuka. Kutikula adalah lapisan terluar rambut yang melindungi inti rambut.

Ketika Anda membilas rambut dengan air dingin, maka rambut akan terlindungi dengan baik. Hal ini akan menanggulangi agar rambut Anda tidak mengembang karena kutikula tidak terbuka dan tetap bisa melindungi inti rambut.

2. Jangan Terlalu Sering Keramas

Kedua, cara agar rambut lemas yang bisa Anda praktikkan adalah jangan terlalu sering keramas. Hal ini sering sekali dilupakan oleh orang-orang. Padahal, keramas tidak hanya memiliki dampak baik, akan tetapi juga dampak buruk jika dilakukan terlalu sering. Terlalu sering keramas akan membuat minyak alami pada kulit kepala akan menjadi berkurang.

Hal tersebut menyebabkan menurunnya kelembapan pada rambut sehingga akan membuat rambut mengembang dan kaku. Hal ini tentu akan berdampak buruk pada rambut dan membuat rambut akan kering dan kusam. Maka dari itu, untuk cara agar rambut lemas, halus, dan tidak mengembang, Anda jangan terlalu sering keramas.

3. Jangan Menyisir Rambut yang Sudah Kering

Selanjutnya, tata cara agar rambut lemas adalah dengan tidak menyisir rambut ketika sudah kering. Biasanya orang akan cenderung melakukan aktivitas ini ketika berada di luar ruangan dan tidak sempat untuk menata rambut dengan benar. Padahal, menyisir rambut ketika sudah kering justru akan merusak rambut.

Menyisir rambut yang sudah kering akan merusak kutikula rambut sehingga menyebabkan rambut mengembang dan kemudian kaku. Hal ini tentu tidak baik. Maka dari itu, Anda disarankan untuk menyisir rambut ketika masih dalam keadaan setengah basah.

3 dari 3 halaman

4. Jangan Terlalu Sering Menata Rambut

Tata cara agar rambut lemas dan tidak mengembang yang bisa Anda lakukan adalah yaitu dengan tidak terlalu sering menata rambut. Menata rambut yang dimaksud adalah ketika Anda mengecat, meluruskan, mengeriting, dan menggunakan alat penata rambut seperti catok dan pengering rambut.

Hal itu memang menjadi salah satu cara untuk mempercantik rambut, akan tetapi jika dilakukan terlalu sering, maka menata rambut justru akan merusak rambut. Hal itu bisa menjadi penyebab rambut menjadi kering. Jika terpaksa harus menata rambut, pastikan Anda mengoleskan serum rambut supaya rambut bisa tetap sehat.

5. Lakukan Perawatan dengan Bahan Alami

Tata cara agar rambut lemas dan tidak mengembang yang bisa Anda praktikkan adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami dalam merawat rambut. Bahan-bahan alami yang bisa Anda gunakan adalah bahan alami yang mudah sekali untuk didapatkan di sekitar Anda.

Berikut ini adalah bahan-bahan alami yang bisa digunakan untuk melakukan perawatan rambut.

- Santan Kelapa

Bahan pertama adalah santan kelapa. Santan kelapa bisa membuat rambut lembap dan tidak kering. Akan tetapi santan yang dipakai haruslah santan asli yang langsung diperas dari buah kelapa.

- Susu

Bahan alami kedua adalah susu. Susu adalah bahan yang sudah umum digunakan untuk kecantikan. Susu bisa berperan juga dalam melembapkan rambut. Caranya, semprotkan susu ke rambut, ratakan, dan diamkan selama satu jam.

- Lidah Buaya

Lidah buaya juga termasuk dalam bahan alami yang bisa melembapkan rambut. Gel lidah buaya mengandung komposisi kimia yang sama dengan keratin, yaitu protein yang berperan besar dalam membentuk rambut. Anda bisa mendapatkannya dengan membeli atau mengambilnya sendiri dari pohon lidah buaya.

- Seledri

Sayuran yang satu ini juga membuat rambut menjadi lembap dan sehat. Caranya, haluskan seledri, tambahkan sedikit air, basuhkan seledri ke seluruh kulit kepala, dan diamkan selama 30 menit. Seledri dipercaya dapat mengatasi rambut kaku.

- Jojoba Oil & Vitamin E

Minyak jojoba adalah salah satu bahan alami yang diekstrak dari tumbuhan jojoba. Jojoba oil memiliki manfaat alami untuk menghidrasi dan mengunci kelembapan rambut. Selain itu, vitamin E juga menjadi bahan alami yang juga bisa melemaskan rambut. Vitamin E dipercaya dapat menjadi media sirkulasi bagi rambut dan membuatnya tampak lemas dan lembut.

[mff]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini