Bacaan Surat An Nas Lengkap dengan Artinya, Pahami Keutamaannya

Sabtu, 13 Agustus 2022 16:08 Reporter : Muhammad Farih Fanani
Bacaan Surat An Nas Lengkap dengan Artinya, Pahami Keutamaannya al qur'an. shutterstock

Merdeka.com - Arti Surat An Nas dan keutamaannya menjadi salah satu pengetahuan yang perlu ditelisik lebih jauh. Surat An Nas termasuk dalam surat pendek yang hampir semua orang Islam pasti menghafalnya. Hal ini karena Surat An Nas termasuk dalam surat yang kerap dibaca dalam kondisi apapun.

Di Indonesia, Surat An Nas termasuk dalam surat yang selalu dibaca ketika tahlilan. Karena Surat An Nas tergolong salah satu dari beberapa Surat Mu’awidzatain yang memiliki berbagai keutamaan yang akan didapatkan oleh orang yang membacanya.

Meskipun sebagian besar orang hafal surat ini, tetapi masih belum banyak orang yang mengetahui arti dan keutamaannya. Berikut Merdeka.com merangkum penjelasan tentang arti Surat An Nas dan keutamaannya yang perlu diketahui.

2 dari 4 halaman

Teks dan Terjemahan Surat An Nas

Sebelum mengetahui penjelasan tentang keutamaan dan maknanya, Anda perlu mengetahui teks dan terjemahan Surat An Nas terlebih dahulu. Berikut Surat An Nas.

Qul a’udzu birabbin nas

Malikin nas

Ilahin nas

Min syarril waswasil khannas

Al ladzi yuwaswisu fi sudurin nas

Minal jinnati wannas

Artinya:

Katakanlah “Aku berlindung kepada Tuhannya manusia,

Raja manusia

Sembahan manusia

Dari kejahatan (bisikan setan yang bersembunyi

Yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia

Dari (golongan) jin dan manusia

3 dari 4 halaman

Keutamaan Surat An Nas

Setelah mengetahui lafal Surat An Nas, berikut ini Anda juga perlu mengetahui keutamaan Surat An Nas yang bisa Anda dapatkan ketika membacanya. Berikut keutamaan Surat An Nas:

1. Memohon Perlindungan dari Kejahatan

Keutamaan pertama dari Surat An Nas adalah memohon perlindungan dari kejahatan diri sendiri. Surat An Nas termasuk dalam surat yang tidak ada bandingannya. Artinya, Surat An Nas adalah doa yang sangat manjur dalam memohon perlindungan.

Surat An Nas juga memohon perlindungan dari kejahatan manusia dari dalam diri sendiri.

2. Bisa Mencegah Kemunafikan

Selain keutamaan di atas, Surat An Nas juga memiliki keutamaan yang bisa membebaskan manusia dari kemunafikan. Surat An Nas diturunkan berbarengan dengan Surat Al Falaq. Kedua surat ini diidentikkan dengan surat yang mampu membebaskan manusia dari kemunafikan.

Allah mengajarkan Rasul untuk selalu memohon perlindungan kepada-Nya, sebagaimana firman Allah yang artinya: “Katakanlah wahai Nabi Muhammad, aku berlindung kepada Tuhan Pemelihara manusia. Maha Raja yang menguasai manusia Tuhan yang disembah dan dipatuhi oleh manusia suka atau tidak suka.

3. Bisa Mencegah Penyakit Ain

Ain merupakan penyakit yang menyebabkan seseorang bisa mencelakai atau tercelakai. Hal itu dimulai dari sifat hasad, dengki, maupun kekaguman berlebihan terhadap sesuatu. Membaca Surat An Nas dan Al Falaq bisa menjadi salah satu penangkal penyakit ain.

4. Menangkal Sihir

Keutamaan surat An Nas selanjutnya adalah menangkal sihir. Rasulullah menyebutkan bahwa Al Falaq dan An Nas merupakan surat yang tidak ada bandingannya dalam berbagai hal perlindungan. Termasuk perlindungan dari sihir.

Dikisahkan bahwa surat ini diturunkan pada saat Rasulullah sedang sakit parah. Kemudian diutuslah dua malaikat untuk menjenguknya. Malaikat menjelaskan asal penyebab dari penyakit Rasulullah yaitu Rasul sedang mendapatkan guna-guna atau sihir. Maka dari itu Rasulullah membaca surat An Nas untuk menangkal sihir tersebut.

5. Keamanan dan Kenyamanan ketika Tidur

Salah satu keutamaan lain dari Surat An Nas adalah bisa membentengi manusia dari godaan jin dan setan ketika sedang tidur. Setan maupun jin dapat mempengaruhi manusia ketika sedang dalam keadaan tidur. Maka dari itu, hendaknya untuk selalu membaca surat An Nas supaya bisa membentengi diri dari godaan setan ketika dalam keadaan tidur.

4 dari 4 halaman

Makna Surat An Nas

Berikut makna surat An Nas yang perlu untuk Anda ketahui yang dikutip dari laman islam.nu.or.id.

1. Perintah Menjalin Relasi Sosial

Pada surat An Nas yang memiliki arti manusia, terdapat perintah dari Tuhan untuk selalu menjaga relasi sosial. Tuhan tidak hanya memerintahkan umatnya untuk memiliki hubungan dengan Tuhan, akan tetapi juga memiliki hubungan baik dengan manusia lain.

2. Perintah Ibadah

Makna kedua dari surat An Nas adalah memerintahkan manusia untuk beribadah. Hal tersebut karena dalam Al-Qur’an lafal Nas yang berarti manusia juga kerap disandingkan dengan perintah untuk menyembah.

3. Perintah Tunduk dan Patuh kepada Allah

Makna ketiga dari Surat An Nas adalah perintah untuk untuk tunduk dan patuh kepada Allah. Hal itu sesuai dengan ayat yang terkandung dalam Surat An Nas ayat satu sampai 2, yang berarti “Katakanlah “Aku berlindung kepada Tuhan manusia, Dzat yang memiliki manusia, Tuhan manusia.

[mff]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini