9 Cara Memutihkan Mata agar Terlihat Jernih dan Tidak Menguning, Aman dan Mudah

Rabu, 22 September 2021 19:15 Reporter : Ani Mardatila
9 Cara Memutihkan Mata agar Terlihat Jernih dan Tidak Menguning, Aman dan Mudah ilustrasi mata. ©www.huffingtonpost.com

Merdeka.com - Area putih pada mata yang disebut sklera dapat berubah kekuningan atau keruh seiring waktu karena kondisi tertentu. Kondisi ini membuat penampilan seseorang tampak tidak segar dan mungkin bagi beberapa orang merasa tak menarik dengan tampilan mata yang tidak jernih.

Ketika iris (bagian berwarna mata) sangat kontras dengan bagian putih mata (sklera), mata cenderung lebih berkilau dan sering menyampaikan rasa kegembiraan, vitalitas, dan kesehatan.

Sedangkan mata yang menjadi kuning bisa menjadi tanda masalah kesehatan yang lebih besar seperti reaksi alergi, glaukoma, dan penumpukan racun, serta penyakit lainnya.

Contoh mata cerah yang biasa diketahui masyarakat adalah seseorang yang tampil di sampul majalah atau di iklan cetak dan online. Tampilan mereka tersebut sebenarnya sudah diperbaiki agar mata mereka terlihat lebih putih, lebih cerah, dan lebih memikat. Bahkan beberapa foto media sosial selebriti juga sudah diedit agar menambah kilau.

Oleh sebab itu, meski menginginkan mata yang jernih, penting diketahui bahwa yang terpampang di halaman depan majalah maupun iklan merupakan mata cerah yang berlebihan. Jika Anda ingin mencerahkan mata, penting diketahui untuk melakukannya dengan cara alami yang aman dilakukan.

Berikut merdeka.com rangkum cara memutihkan mata agar terlihat jernihyang telah dirangkum dari kanal healthline:

2 dari 4 halaman

1. Gunakan obat tetes mata

ilustrasi obat tetes mata©Shutterstock.com/Alexander Raths

Cara memutihkan mata agar tampak jernih bisa menggunakan obat tetes mata. Menggunakan obat tetes mata dapat membantu menghilangkan kemerahan di mata Anda. 

Gunakan obat tetes mata biasa untuk mendapatkan mata putih cerah. Tetes mata tidak hanya akan mengurangi kemerahan tetapi juga akan memberi sedikit kelembapan.

Pelumasan juga akan menghilangkan kekeringan yang mungkin mengiritasi mata Anda untuk melawan iritasi atau kekeringan di mata. Atau gunakan tetes garam karena tidak terlalu keras untuk mata.

2. Makan buah dan sayuran segar

Cara memutihkan mata berikutnya dengan makan buah dan sayur. Pastikan Anda rajin mengonsumsi sayuran dan buah-buahan segar dalam seperti wortel, labu, lemon, dan jeruk. 

Buah-buahan dan sayuran yang kaya akan vitamin dan antioksidan akan membuat mata  tetap putih. Konsumsi makanan berdaun hijau seperti bayam dan kacang-kacangan seperti almond, walnut, dan kacang tanah akan meningkatkan kesehatan mata. 

Buah-buahan dan sayuran akan mendetoksifikasi hati, yang akan membuat mata tetap jernih dan cerah. Untuk membuat detoksifikasi lebih banyak minum segelas jus bit saat perut kosong, atau makan wortel dan bayam. 

3. Kurangi asupan gula halus dan karbohidrat

Cara memutihkan mata yang bisa dilakukan dengan mengurangi asupan gula dan karbohidrat. Ketika Anda mulai menambahkan lebih banyak sayuran dan buah-buahan segar ke dalam makanan Anda, secara bertahap mulailah mengurangi jumlah gula rafinasi dan karbohidrat. 

Cara ini secara tidak langsung dapat membantu detoksifikasi hati. Mengurangi jumlah makanan yang tidak sehat dapat membantu menjaga pola tidur yang baik jika Anda kesulitan tidur di malam hari. 

3 dari 4 halaman

4. Tidur

ilustrasi tidur menggunakan guling©europeanbedding.sg/

Cara memutihkan mata yang tak boleh terlewatkan adalah tidur cukup. Tidur 7-8 jam setiap malam itu penting, karena tanpa tidur yang cukup, mata akan terlihat kemerahan dan lelah. 

Jadi, pastikan tubuh mendapat istirahat yang cukup setiap malam. Mengurangi asupan gula rafinasi dan karbohidrat akan memastikan Anda memiliki pola tidur yang baik. Namun jika Anda masih sulit tidur, cobalah meditasi atau musik yang menenangkan sebelum tidur.

5. Minum suplemen

Cara memutihkan mata selanjutnya bisa dilakukan dengan mengonsumsi suplemen. Jika Anda tidak mendapatkan cukup vitamin dan mineral dari makanan, minumlah vitamin tambahan setiap hari. 

Anda juga dapat mengonsumsi kapsul omega 3 atau suplemen minyak ikan untuk meningkatkan kadar asam omega 3. 

6. Perbanyak minum air putih

Menjaga tubuh tetap lembap adalah kunci mata yang cerah dan jernih. Pastikan minum cukup air untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Cara ini akan mengurangi bengkak dan kemerahan di mata. Minumlah sekitar 8 sampai 10 gelas air untuk menjaga tubuh Anda terhidrasi dan untuk mendapatkan mata putih cerah.

4 dari 4 halaman

7. Hindari iritasi seperti asap, debu dan serbuk sari

Iritan seperti asap, debu dan serbuk sari dapat mengeringkan mata. Jika Anda menghilangkan kebiasaan merokok dari kebiasaan sehari-hari, ini akan membantu mengembalikan warna alami dan hidrasi mata. Jika lingkungan Anda tercemar, gunakan pembersih udara di dalam ruangan, itu akan mengurangi iritasi ini dan menjadi cara memutihkan mata yang baik.

8. Mengurangi kelelahan mata

Jika Anda menghabiskan sebagian besar waktu bekerja di depan layar komputer, Anda harus mencoba mengurangi jumlah waktu yang dihabiskan di depan layar. 

Juga, pastikan menggunakan layar dengan ruangan yang cukup terang, pencahayaan dan kecerahan layar akan memengaruhi mata Anda. Berkedip lebih sering dan latih mata Anda untuk mengurangi kelelahan mata.

9. Kenakan kacamata hitam

hitam©www.universityexpress.co.in

Sama seperti tabir surya yang berfungsi untuk melindungi kulit dari sinar UV berbahaya, memakai kacamata hitam saat berada di luar akan memberikan perlindungan mata. Kacamata hitam akan melindungi mata dari sinar UVA dan UVB yang dapat merusak mata Anda dari waktu ke waktu.

[amd]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini