7 Bau yang Menarik Bagi Kucing, Kenali Ketajaman Hidungnya

Kamis, 19 Mei 2022 18:51 Reporter : Ani Mardatila
7 Bau yang Menarik Bagi Kucing, Kenali Ketajaman Hidungnya Ilustrasi Kucing. ©2021 Merdeka.com/pexels-fox

Merdeka.com - Indera penciuman kucing 14 kali lebih baik daripada manusia, jadi ini jauh lebih berkembang dan memungkinkan mereka untuk merasakan aroma lebih yang intens.

Keunggulan ini sangat berguna untuk mendeteksi bau yang mereka sukai dengan mudah tetapi juga untuk dengan cepat mengidentifikasi orang yang mereka benci. Kucing juga menggunakan indra penciuman mereka yang unggul untuk kawin, berburu, menjalin ikatan, dan menjelajahi lingkungan sekitar mereka.

Nah bagi kamu pencinta kucing, berikut merdeka.com membagikan beberapa bau yang menarik bagi kucing dan beberapa di antaranya yang tidak mereka sukai:

2 dari 3 halaman

Bau Pemiliknya

Bau yang menarik bagi kucing yaitu bau manusia yang mereka sukai. Hal itu membuat kucing merasa aman dan puas. Bahkan ketika kamu berpikir kucingmu tidak akan peduli dengan keberadaanmu selama mangkuk makanannya terisi, yakinlah mereka masih menyukai baumu. 

Inilah salah satu alasan mengapa kucing suka tidur denganmu, menabrakmu, atau tertidur di keranjang cucian di antara pakaianmu.

Catnip

Bau yang tak kalah mengundang kucing adalah bau catnip. Bau catnip dapat memiliki berbagai efek pada kucing, mulai dari membuatnya hiperaktif hingga membuatnya dalam keadaan euforia. 

Reaksi ini berasal dari bahan kimia yang disebut nepetalactone, yang memicu respons berbasis aroma di otak kucing.

Catnip adalah bau yang menarik bagi kucing sehingga dapat ditemukan dalam segala hal mulai dari mainan kucing hingga produk pelatihan. Namun, hanya 50% -70% kucing yang bereaksi terhadap bau catnip, jadi ada kemungkinan kucingmu salah satunya.

Zaitun

Ini mungkin tampak aneh, tetapi banyak kucing menyukai aroma zaitun dan minyak zaitun. Zaitun mengandung bahan kimia yang mirip dengan nepetalactone di catnip. 

Baunya sering menghasilkan reaksi bersemangat atau euforia pada kucing, yang mungkin mereka tunjukkan dengan berguling-guling di lantai.

Jika kucing,u adalah penggemar aroma zaitun, mereka mungkin juga menyukai rasanya, tetapi berhati-hatilah untuk tidak membiarkannya makan terlalu banyak karena buah zaitun mengandung garam dan lemak yang tinggi.

3 dari 3 halaman

Mawar

Salah satu bau yang menarik bagi kucing dan manusia adalah aroma mawar. Meskipun banyak bunga tidak aman untuk kucing, mawar tidak hanya harum untuk kucing, tetapi juga aman untuk dikunyah. Bantulah mereka dan potong durinya terlebih dahulu.

Melon

Ini adalah aroma lain yang mungkin tampak agak aneh untuk dinikmati kucing. Namun, banyak pemilik kucing telah memperhatikan bahwa kucing mereka tampaknya tertarik untuk makan melon dan aroma adalah daya tarik utama buah ini. 

Diperkirakan bahwa melon memiliki bau yang mirip dengan daging pada kucing karena banyak senyawa yang memberikan aroma pada daging juga ditemukan dalam jumlah yang lebih kecil pada melon.

Kemangi

Jika kamu menanam herba di luar ruangan atau di atas meja yang cerah di dalam ruangan, kucingmu mungkin akan menyukainya jika kemangi adalah salah satunya. 

Kemangi berkerabat dekat dengan catnip dan banyak kucing suka mencium dan mengunyah daun tanaman ini. Untungnya, kemangi tidak hanya harum untuk kucing, tetapi juga tidak beracun, meskipun kamu tidak boleh membiarkan kucing makan terlalu banyak agar perutnya tidak terganggu.

Lavender

Seperti halnya kita manusia, aroma yang dikeluarkan oleh lavender menarik kucing dengan menarik mereka ke arahnya untuk mengendus dan menggosoknya. Namun, daya tariknya tidak sekuat tanaman sebelumnya dan ada kemungkinan beberapa kucing tidak akan menunjukkan minat yang sama.

Namun, bagi banyak orang, ini adalah bau yang dibenci kucing. Alasannya sedikit yang diketahui. Ada kemungkinan alasannya genetik mirip dengan catnip atau hanya preferensi pribadi masing-masing kucing.

Jika teman berbulumu adalah salah satu kucing yang menyukai bau ini, kamu dapat menggunakannya untuk keadaan relaksasi.

Terutama dalam kasus kecemasan dan sedikit agresivitas, telah terbukti bahwa penggunaan terapi alami ini, bersama dengan faktor relaksasi lainnya dan penemuan penyebab masalah, membantu hewan merasa jauh lebih tenang.

Kucing tidak suka minyak esensial. Karena indra penciumannya sangat kuat, minyak esensial apa pun bisa menjadi terlalu kuat. Jangan terlalu terobsesi dengan bau yang seharusnya bisa menenangkan kucing. Jika digunakan dalam diffuser atau sangat encer, mungkin akan meniru aroma lavender segar yang menyenangkan.

Namun perlu diperhatikan, menelan tanaman itu beracun bagi kucing. Penting agar kucing tidak menelan bunga atau daunnya.

Bau yang tidak disukai kucing

Setelah mengetahui beberapa bau yang menarik bagi kucing, lantas aroma apa yang mungkin mereka benci?

Kucing cenderung tidak menyukai wewangian yang sangat kuat seperti yang ada di penyegar udara, sabun, atau sampah beraroma. Inilah sebabnya mengapa pasir yang tidak diberi wewangian adalah pilihan yang lebih disukai untuk kotak kucing. 

Beberapa aroma spesifik yang tidak disukai kebanyakan kucing adalah sebagai berikut:

  • Jeruk
  • Rosemary
  • Ampas kopi
  • kayu putih
  • pisang
  • Kayu manis

[amd]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini