17 Ciri HIV AIDS yang Jarang Disadari, Salah Satunya Sering Sariawan

Rabu, 31 Maret 2021 15:00 Reporter : Ani Mardatila
17 Ciri HIV AIDS yang Jarang Disadari, Salah Satunya Sering Sariawan Ilustrasi HIV. ©2013 Merdeka.com/Imam Buhori

Merdeka.com - HIV, atau human immunodeficiency virus, adalah virus yang ditularkan secara seksual yang menyebar melalui paparan cairan tubuh tertentu, seperti sekresi alat kelamin atau darah. Penularan HIV juga dapat terjadi dari ibu ke anak selama kehamilan, persalinan, atau menyusui.

HIV menyerang dan merusak sel kekebalan tubuh, yang melemahkan sistem kekebalan dan pada akhirnya dapat berkembang Menjadi Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS) jika tidak diobati.

AIDS bisa menjadi kondisi yang mengancam jiwa, terutama jika pengobatan tidak segera dimulai, itulah sebabnya tes HIV sangat penting untuk melindungi kesehatan. Berikut ciri HIV AIDS yang jarang disadari:

2 dari 4 halaman

Gejala HIV Dini

Umumnya, seseorang yang terinfeksi HIV terlihat dan merasa sangat sehat untuk waktu yang lama setelah virus masuk ke tubuh. Diperlukan waktu 10 tahun atau lebih bagi HIV untuk menunjukkan gejala apa pun, atau bahkan lebih, lebih lama dari pada orang yang menggunakan obat HIV. 

Itulah mengapa sangat penting untuk melakukan tes HIV secara teratur, terutama jika pernah melakukan hubungan seks tanpa kondom atau berbagi jarum suntik. Pengobatan HIV dapat membantu Anda tetap sehat. Perawatan juga dapat menurunkan atau bahkan menghentikan peluang menyebarkan HIV ke orang lain saat berhubungan seks.

2-4 minggu pertama setelah terinfeksi HIV, Anda mungkin merasa demam dan sakit. Ciri HIV AIDS yang mirip flu ini adalah reaksi pertama tubuh terhadap infeksi. Selama ini, ada banyak virus di sistem, jadi sangat mudah untuk menyebarkan HIV ke orang lain. 

Gejala hanya berlangsung selama beberapa minggu, dan biasanya Anda tidak mengalami gejala lagi selama bertahun-tahun. Tetapi HIV dapat menyebar ke orang lain entah memiliki gejala atau tidak.

3 dari 4 halaman

Ciri HIV AIDS yang Muncul Seiring Waktu

HIV menghancurkan sel dalam sistem kekebalan yang disebut sel CD4 atau sel T. Tanpa sel CD4, tubuh sulit melawan penyakit. Hal ini membuat Anda lebih mungkin untuk benar-benar sakit akibat infeksi yang biasanya tidak menyakiti. Seiring waktu, kerusakan yang dilakukan HIV pada sistem kekebalan menyebabkan AIDS.

ilustrasi hiv aidsShutterstock/wavebreakmedia

Anda dapat mengidap AIDS ketika terkena infeksi langka (disebut infeksi oportunistik) atau jenis kanker, atau jika kehilangan sejumlah sel CD4. Ini biasanya terjadi sekitar 10 tahun setelah tertular HIV jika Anda tidak mendapatkan pengobatan. Pengobatan dapat menunda atau bahkan mencegah Anda mengembangkan AIDS.

Ciri HIV AIDS meliputi di bawah ini menurut situs plannedparenthood.org:

  • Sariawan (lapisan putih tebal di lidah atau mulut Anda)
  • Sakit tenggorokan
  • Infeksi jamur yang buruk
  • Penyakit radang panggul kronis 
  • Sering terkena infeksi yang parah
  • Merasa sangat lelah, pusing, dan pusing
  • Sakit kepala
  • Kehilangan banyak berat badan dengan cepat
  • Memar lebih mudah dari biasanya
  • Mengalami diare, demam, atau keringat malam dalam waktu lama
  • Kelenjar bengkak atau kencang di tenggorokan, ketiak, atau selangkangan
  • Batuk yang dalam dan kering
  • Merasa sesak napas
  • Pertumbuhan keunguan di kulit atau di dalam mulut Anda
  • Pendarahan dari mulut, hidung, anus, atau vagina
  • Ruam kulit
  • Merasa sangat kaku di tangan atau kaki, kehilangan kendali atas otot dan refleks Anda, tidak bisa bergerak, dan kehilangan kekuatan pada otot
4 dari 4 halaman

Kemungkinan Gejala dan Tanda HIV pada Wanita

Kebanyakan ciri HIV AIDS serupa antara wanita dan pria. Namun, wanita juga dapat mengalami infeksi jamur vagina berulang (kandidiasis vagina).

Menguji HIV

Jika pernah melakukan hubungan seks tanpa kondom dengan pasangan yang positif HIV, penting untuk melakukan tes sesegera mungkin. Mengetahui apakah terinfeksi, lebih cepat daripada nanti, dapat membantu Anda memulai pengobatan HIV sebelum infeksi secara serius membahayakan kesehatan dari waktu ke waktu dengan berkembang menjadi sindrom imunodefisiensi didapat, atau AIDS.

[amd]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini