Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

10 Manfaat Gambir bagi Kesehatan dan Tekstil, Obat Diare hingga Pewarna Kain

10 Manfaat Gambir bagi Kesehatan dan Tekstil, Obat Diare hingga Pewarna Kain ilustrasi gambir. ©2021 Merdeka.com/ instagram amininkelulut

Merdeka.com - Gambir dengan nama ilmiah Uncaria gambir adalah, sebuah tanaman asli dari Indonesia milik keluarga Rubiaceae dan catechin adalah senyawa utama dalam gambir.

Di Sumatera Barat, Pesisir Selatan dan Kabupaten Lima Puluh Kota merupakan daerah utama penghasil gambir. Secara tradisional gambir digunakan sebagai obat untuk penyakit seperti diare, sakit perut dan sakit tenggorokan serta sebagai pengawet makanan.

Tanaman ini bisa tumbuh subur dan merambat dalam bentuk cabang lebih lama. Seluruh bagian tanaman memiliki duri dengan daun berbentuk bulat telur bulat.

Ujung tiap daun meruncing seperti tumbuhan tatanan. Tangkai daun sangat pendek, sehingga tanaman gambir terlihat sangat lebat. Bunga tanaman terlihat sangat cantik dengan warna bunga pink. Gambir ada di dalam buah dengan banyak biji.

Uncaria gambir banyak diminati sebagai tanaman obat karena fungsinya dalam mengobati penyakit tertentu. Berikut manfaat gambir bagi kesehatan yang perlu diketahui dilansir dari kayawell:

1. Obat untuk Diare

Manfaat gambir yang pertama yaitu sebagai obat untuk diare. Pada zaman dahulu bagian tanaman gambir digunakan sebagai obat diare yaitu pada daun dan rantingnya. Daun dan rantingnya dikeringkan, kemudian dihaluskan dan digunakan sebagai teh untuk diminum. 

Melalui sebuah penelitian terbukti bahwa daun dan ranting mengandung beberapa bahan bakteri yang dapat menyerang bakteri jahat penyebab diare di usus besar.

2. Untuk Memperkuat Gigi

Manfaat gambir selanjutnya yaitu untuk memperkuat gigi. Mengunyah gambir merupakan kegiatan mengunyah batang dan daun gambir yang dipercaya dapat memperkuat gigi. Kandungan gambir akan meninggalkan warna kemerahan pada gigi akan tetapi terbukti gigi tidak mudah rapuh, tidak berlubang dan lebih sehat. 

Namun hingga saat ini belum diketahui efek sebenarnya. Kebiasaan ini sudah ditinggalkan anak kecil karena bekas warna merah pada gigi sulit dihilangkan.

3. Sumber Antioksidan

Manfaat gambir ternyata juga sebagai sumber antioksidan. Daun gambir mengandung zat kimia yang disebut katekin. Katekin merupakan salah satu sumber manfaat antioksidan alami yang dapat menyerang sistem yang terkena radikal bebas. Senyawa ini juga dipercaya menjadi komponen alami untuk menyerang berbagai jenis penyakit. Beberapa negara meyakini perlakuan ini seperti India dan Pakistan.

4. Mempermudah Proses Penyamakan Kulit

Sejak dahulu kala manfaat gambir juga telah digunakan sebagai bahan untuk memudahkan proses penyamakan kulit. Daging hewan tertentu seperti ular, ikan, buaya dan berbagai jenis hewan lainnya biasa digunakan untuk produk dan aksesoris pakaian. Bahan gambir membuat proses penyamakan menjadi lebih cepat dan membuat kulit yang dihasilkan tidak cacat.

5. Pewarna Produk Tekstil Tradisional

Karena warna merah yang dihasilkan pada gigi saat dikunyah dapat bertahan dalam waktu yang sangat lama, maka beberapa ahli mengembangkan teknik pewarnaan tradisional gambir. 

Cara memeras atau menumbuk daun dan batang kecil gambir ternyata, bisa menyisakan warna merah untuk berbagai jenis benang dan bahan kapas. Warna merah yang dihasilkan akan lebih tajam dan bisa dipadukan dengan warna lain. Bahkan sekarang pembatik mulai menggunakan gambir untuk mewarnai kain batik.

6. Obat Gangguan Mulut

Manfaat gambir yang tak kalah menarik yaitu bisa digunakan sebagai obat gangguan mulut.

Berbagai jenis gangguan atau penyakit pada mulut seperti sariawan, mulut kering, dan luka gusi ternyata juga bisa disembuhkan dengan gambir. Sejarah gambir untuk mengatasi keluhan tersebut tidak lepas dari kebiasaan orang tua mengunyah pada jaman dahulu. 

Berbagai jenis bahan senyawa yang ditemukan di gambir mampu menangani setiap keluhan mulut. Caranya dengan hanya mengunyah atau menempelkan tumbukan gambir pada bagian yang terluka.

7. Obati Luka Bakar

kecil

©www.wikihow.com

Luka bakar sering meninggalkan bekas luka atau lapisan kulit luar hitam yang menggelembung dan meninggalkan rasa nyeri. Untuk mempercepat proses penyembuhan maka bisa mengaplikasikan manfaat gambir. 

Daun gambir yang sudah dilumatkan atau dihaluskan bisa ditempelkan di atas luka bakar. Efek dingin luka bakar yang dihasilkan mampu mempercepat pemulihan dan meminimalkan jaringan parut.

8. Obat Jerawat

Manfaat gambir juga bisa digunakan sebagai obat jerawat. Gambir yang sudah diolah menjadi bentuk yang kemudian dipadatkan ekstraknya akan diolah kembali menjadi masker. Kandungan antioksidan pada gambir dapat membuat jerawat dan menyembuhkan luka tanpa meninggalkan bekas luka. Pemakaian obat jerawat dua kali seminggu juga tidak meninggalkan efek samping apapun bagi jerawat.

9. Mencegah Penuaan

Berbagai jenis masalah penuaan dini akan menimbulkan flek hitam, kulit keriput dan kulit akan semakin kusam. Manfaat  gambir yang telah dibentuk menjadi masker bisa menjadi pengobatan tradisional alami untuk menghilangkan semua gejala penuaan dini. Gambir akan menghasilkan kulit yang lebih kencang, cerah dan segar. Gambir dapat digunakan sebagai bahan ekstrak serbuk dingin seperti beras putih.

10. Obat Penyakit Lambung/Maag

Penyakit maag menyerang lambung. Penyakit ini sering ditandai dengan sakit perut yang parah dan perih jika sudah kenyang makan. Sakit perut atau mulas bisa disebabkan oleh pola makan yang tidak teratur dan konsumsi makanan yang terlalu pedas. Untuk mengobati penyakit maag dapat menggunakan ekstrak gambir yang telah dihaluskan dari gambir kering. Campur gambir dengan sedikit air dan madu dan konsumsi selama dua kali seminggu.

(mdk/amd)
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
8 Manfaat Daun Bambu bagi Kesehatan, Baik untuk Pencernaan
8 Manfaat Daun Bambu bagi Kesehatan, Baik untuk Pencernaan

Gali potensi daun bambu sebagai sumber kesehatan yang alami dan efektif berikut ini.

Baca Selengkapnya
Manfaat Bunga Pepaya untuk Kesehatan, Ampuh Cegah Kanker hingga Penyakit Jantung
Manfaat Bunga Pepaya untuk Kesehatan, Ampuh Cegah Kanker hingga Penyakit Jantung

Bunga pepaya tidak kalah dengan daunnya dalam memberikan manfaat bagi kesehatan. Mari telusuri manfaatnya dalam membantu mencegah berbagai penyakit!

Baca Selengkapnya
Manfaat Daun Sembung untuk Kesehatan, Bisa Dijadikan Obat begini Cara Menggunakannya
Manfaat Daun Sembung untuk Kesehatan, Bisa Dijadikan Obat begini Cara Menggunakannya

Daun sembung ini mengandung beragam senyawa aktif yang memiliki sifat antiinflamasi, antimikroba dan juga antioksidan sehingga bisa menyehatkan manusia.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Cuma Pakai 1 Bahan, Ini Trik Simpan Kue Kering Biar Tahan Berbulan-bulan dan Tidak Jamuran
Cuma Pakai 1 Bahan, Ini Trik Simpan Kue Kering Biar Tahan Berbulan-bulan dan Tidak Jamuran

Cukup gunakan 1 bahan, kue kering dijamin tahan berbulan-bulan tanpa melempem. Begini caranya.

Baca Selengkapnya
13 Manfaat Daun Kelor bagi Kesehatan Tubuh, Bantu Hambat Perkembangan Sel Kanker
13 Manfaat Daun Kelor bagi Kesehatan Tubuh, Bantu Hambat Perkembangan Sel Kanker

Berikut manfaat daun kelor yang sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Baca Selengkapnya
Khasiat Daun Murbei, Salah Satunya Bisa Tekan Gula Darah Naik
Khasiat Daun Murbei, Salah Satunya Bisa Tekan Gula Darah Naik

Bukan hanya buahnya yang dapat dimakan, namun daun Murbei juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Ini dia penjelasannya.

Baca Selengkapnya
Apakah Menggunduli Rambut Bayi Dapat Membantu Pertumbuhan Rambut yang Lebih Lebat?
Apakah Menggunduli Rambut Bayi Dapat Membantu Pertumbuhan Rambut yang Lebih Lebat?

Salah satu kepercayaan agar rambut bayi tumbuh lebih lebat adalah dengan menggundulinya. Benarkah efektif?

Baca Selengkapnya
13 Manfaat Daun Binahong bagi Kesehatan Tubuh & Begini Cara Mengolah yang Tepat
13 Manfaat Daun Binahong bagi Kesehatan Tubuh & Begini Cara Mengolah yang Tepat

Daun binahong memiliki berbagai macam manfaat yang baik bagi kesehatan. Berikut manfaat daun binahong dan cara mengolahnya yang tepat.

Baca Selengkapnya
6 Kandungan yang Terbukti Efektif Atasi Tumit Pecah-Pecah
6 Kandungan yang Terbukti Efektif Atasi Tumit Pecah-Pecah

Jika tidak ditangani dengan baik, kondisi ini bisa menimbulkan rasa tidak nyaman dan bahkan gangguan kesehatan.

Baca Selengkapnya