Prediksi Jepang vs Qatar di Final Piala Asia: Ambisi Calon Juara Baru Ukir Sejarah

Jumat, 1 Februari 2019 10:50 Reporter : Dian Rosadi
Prediksi Jepang vs Qatar di Final Piala Asia: Ambisi Calon Juara Baru Ukir Sejarah Timnas Jepang. ©2018 kapanlagi.com

Merdeka.com - Gelaran Piala Asia 2019 sudah berada di partai puncak. Jepang vs Qatar akan bertarung memperebutkan trofi Piala Asia dalam laga final yang berlangsung di Stadion Zayed Sports City, Abu Dhabi, Jumat (1/2/2019).

Kedua tim memiliki catatan gemilang sebelum masuk ke partai final. Saat berada di fase grup, tim Samurai Biru tak begitu kesulitan mengalahkan lawan-lawannya. Tim-tim yang berada dalam satu grup yakni Tukmenistan, Oman, Uzbekistan berhasil dikalahkan oleh tim asuhan Hajime Moriyasu ini.

Begitu pula saat masuk ke babak 16 besar, Jepang berhasil meredam permainan Arab Saudi dengan skor tipis 1-0. Masuk ke babak perempat final, tim Samurai Biru juga berhasil meraih kemenangan atas Vietnam 1-0. Masuk ke babak semifinal, Jepang mulai semakin menunjukan keperkasaannya sebagai tim elit Asia setelah melibas Iran 3-0. Yuya Osako jadi bintang pahlawan Jepang setelah melesakan dua gol. Sementara satu gol tambahan dicetak Genki Haraguchi.

Sementara Qatar pada fase grup berada satu grup dengan Lebanon, Korea Utara dan Arab Saudi. Tim asuhan Felix Sanchez ini berhasil melaju di fase grup setelah berhasil mengalahkan lawan-lawannya.

Masuk ke fase 16 besar, Qatar berhasil menyingkirkan Irak dengan skor 1-0. Berhasil lolos ke babak perempat final, Qatar harus menghadapi salah satu tim tangguh Asia Korea Selatan. Qatar berhasil lolos ke babak semifinal setelah menang tipis 1-0 lewat gol Abdelaziz Hatim. Berada di babak semifinal, Qatar semakin beringas setelah menjungkalkan tuan rumah Uni Emirat Arab dengan skor 4-0. Dua gol Qatar dilesakan Boualem Khoukhi dan Almoez Ali. Gol ketiga dan keempat dilesakan Hassan Al Heidos dan Hamid.

Pertandingan antara Jepang vs Qatar diprediksi akan berjalan seru. Sebab kedua tim sama-sama mengejar kemenangan untuk.

Jepang yang telah mencatatkan sebagai negara yang telah empat kali menjuarai Piala Asia yakni pada tahun 1992, 2000, 2004 dan 2011. Di Piala Asia 2019 ini, tentunya Jepang ingin menambah koleksi juara untuk kelima kalinya. Tim Samurai Biru berpeluang meninggalkan pesaing terdekat Iran dan Arab Saudi yang masing-masing mengoleksi tiga titel.

Sementara Qatar juga dipastikan akan tampil habis-habisan untuk mengukir sejarah sebagai negara kesembilan yang menjuarai Piala Asia. Sejak Piala Asia mulai bergulir pada 1956, baru delapan negara yang tercatat meraih tropi Piala Asia yakni Iran, Irak,Korea Selatan, Israel, Kuwait, Arab Saudi, Jepang, dan Australia. Satu kelebihan Qatar di Piala Asia 2019 yakni rekor enam pertandingan tanpa kebobolan dengan mencetak 16 gol. Sementara Jepang kemasukan 3 gol dan mencetak 11 gol.

Jika dilihat dari rekor pertemuan sebelumnya antara Jepang vs Qatar, Jepang unggul. Dari empat kali pertemuan, Jepang meraih dua kali kemenangan dan dua kali seri. Pertemuan terakhir yakni pada saat Piala Asia 2011, Jepang menang 3-2 atas Qatar.

Perkiraan Susunan Pemain

Jepang: Shuichi Gonda; Maya Yoshida; Yuto Nagatomo; Hiroki Sakai; Wataru Endo; Takehiro Tomiyasu; Genki Haraguchi; Gaku Shibasaki; Ritsu Doan; Takumi Minamino; Koya Kitagawa

Qatar: Saad Al Sheeb; Pedro Correia; Al Rawi; Tarek Salman; Hassan Al-Haydos; Abdulaziz Hatem; Assim Madibo; Khoukhi; Akram Afif; Alil Afif; Almoez Ali. [end]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini