7 Pesepakbola ini paling dibenci di gelaran Piala Dunia 2014

Jumat, 18 Juli 2014 10:24 Reporter : Masithoh Azzahro Lutfiasari
7 Pesepakbola ini paling dibenci di gelaran Piala Dunia 2014 Juan Camilo Zuniga. ©2014 Merdeka.com/nydailynews.com

Merdeka.com - Gelaran Piala Dunia 2014 Brasil memang sudah berakhir. Namun, para penikmat sepakbola di seluruh dunia tentu masih mengenang momen-momen yang mereka favoritkan atau benci hingga beberapa bulan ke depan. Banyak momen yang menghadirkan airmata, tawa, serta caci maki yang terjadi di gelaran Piala Dunia kali ini. Dilihat dari semua momen tersebut, berikut adalah 7 pesepakbola yang paling dibenci dan dicaci maki di media sosial, seperti dilansir dari FTB Pro.

2 dari 8 halaman

Alex Song

rev3Alex Song. ?2014 Merdeka.com/rantsports.com

Kamerun jelas tampil mengecewakan di Piala Dunia 2014 kali ini. Tak ada aksi-aksi mengejutkan yang bisa diingatkan dari performa para punggawanya, kecuali pelanggaran keras yang dilakukan oleh Alex Song kepada Mario Mandzukic, yang berbuah kartu merah. Hal ini semakin memperburuk permainan keseluruhan pemain Kamerun, yang memang terkesan tanpa semangat, sporadis, dan kehilangan dedikasi. Tak heran jika rakyat Kamerun yang sudah jauh-jauh datang ke Brasil untuk mendukung tim negara mereka merasa kecewa dan merutuk-rutuk pada Alex Song di media sosial.

3 dari 8 halaman

Arjen Robben

rev3Arjen Robben. ?2014 Merdeka.com

Arjen Robben mendapatkan julukan baru di Piala Dunia 2014 kali ini yaitu, rajanya diving. Setiap kali dijegal atau dilanggar oleh pemain lawan, Robben selalu menjatuhkan diri dengan cara yang berlebihan agar wasit melihat hal tersebut sebagai pelanggaran berat dan memberikan hadiah tendangan bebas pada timnas Belanda, atau mengeluarkan kartu kuning untuk pemain lawan. Anehnya, setelah aksi jatuhnya pada pertandingan melawan Mexico berbuah penalti, Robben tanpa sungkan mengaku pada media bahwa dia memang beberapa kali melakukan diving dalam pertandingan tersebut, meski membantah bahwa yang berhadiah penalti itu juga merupakan hasil diving.

4 dari 8 halaman

Juan Zuniga

rev3Juan Camilo Zuniga. ?2014 Merdeka.com/nydailynews.com

Juan Zuniga menjadi public enemy rakyat Brasil di Piala Dunia 2014 kali ini. Gara-gara aksi lutut Zuniga, Neymar menderita cedera punggung yang cukup parah, sehingga tidak bisa berlaga di pertandingan semifinal, yang mengakibatkan Brasil kalah telak 7-1 dari timnas Jerman. Pelanggaran keras yang dilakukan Zuniga tersebut sayangnya tak mendapatkan hukuman dari komite penyelenggara Piala Dunia 2014 ataupun FIFA, meskipun efeknya sangat besar bagi pemain yang dilanggar. Mungkin jika Zuniga ingin berlibur ke Brasil suatu saat nanti, dia harus memakai topeng untuk menyelamatkan diri dari amukan rakyat Brasil yang mengenali wajahnya.

5 dari 8 halaman

Carlos Velasco Carballo

carballo rev3Carlos Velasco Carballo. ?2014 Merdeka.com/starmedia.com

Sosok yang dibenci yang satu ini bukanlah pemain bola, melainkan seorang wasit asal Italia, Carlos Velasco Carballo. Wasit yang satu ini dinilai gagal mengawal pertandingan antara Brasil dan Kolumbia yang memang berjalan amat keras, dengan berbagai pelanggaran yang terjadi, termasuk yang menimpa Neymar. Hanya ada 4 kartu kuning yang dikeluarkan oleh Carballo, dan ini tentu saja mengundang reaksi keras dari para pemerhati sepakbola di dunia. Carballo dianggap terlalu lunak dan tidak 'berani' memberikan penilaian yang tegas pada tiap pelanggaran, yang mana merugikan timnas Brasil di laga berikutnya.

6 dari 8 halaman

David Luiz

rev3David Luiz. ?Reuters/Stefano Rellandini

David Luiz awalnya disebut-sebut sebagai bintang muda yang menjanjikan di gelaran Piala Dunia 2014. Dengan adanya Thiago Silva dan Neymar di Brasil, lengkap sudah kawan berjuang David Luiz di timnas Brasil. Namun, harapan ternyata memang lebih manis dari kenyataan. Thiago Silva dan Neymar berhasil menunjukkan performa maksimal, sedangkan David Luiz terjebak pada ketidakdisiplinan yang akhirnya menyulitkan Neymar untuk mendapatkan bola serangan. Satu-satunya hal yang patut dibanggakan dari David Luiz adalah tendangan bebasnya yang memang begitu sempurna saat melawan Colombia.

7 dari 8 halaman

Tim Krul

rev3Tim Krul. ?2014 Merdeka.com/365dm.com

Tak ada lagi kiper Piala Dunia 2014 yang selicik Tim Krul. Kiper timnas Belanda ini menggunakan cara yang licik ketika harus menyelamatkan tim negaranya dari kekalahan adu penalti melawan Kosta Rika. Dua dari pemain Kosta Rika berhasil dimanipulasi secara mental oleh Krul, Bryan Ruiz dan Michael Umana. Mereka berdua harus menyaksikan Krul mendikte kemana arah bola yang mereka tendang akan mengarah, dan hal tersebut mempengaruhi mental mereka. Alhasil, bola memang mengarah ke arah yang diinginkan Krul, dan Belanda pun keluar sebagai pemenang dengan skor 4-3.

Sepertinya Belanda memang timnas yang paling kontroversial di gelaran olahraga musim panas ini.

8 dari 8 halaman

Luis Suarez

rev3Luiz Suarez. ?2014 Merdeka.com

Luis Suarez sudah lama dikenal sebagai pemain yang temperamental dan kerap melakukan aksi brutal serta impulsif ketika sedang bertanding. Pada pertandingan Uruguay melawan Italia, Suarez kembali melancarkan serangan 'gigitan maut' yang sudah beberapa kali dia lakukan di kancah profesional sebelum Piala Dunia 2014 ini. Kali ini yang menjadi korban keganasan gigi Suarez adalah Chiellini, punggawa timnas Italia. Ketika sedang sama-sama mengantisipasi tendangan pojok, Suarez terlihat mengantukkan kepalanya ke bahu Chiellini, dan pelanggaran tersebut pun terjadi. Gara-gara aksinya ini, Suarez dihukum tak boleh mengikuti pertandingan baik internasional maupun profesional selama 4 bulan lamanya.

Siapa yang menurut Anda memang paling pantas dibenci tahun ini?

[mzh]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini