Terlalu Sering Gunakan Alat Penata Bisa Buat Rambut Cepat Rusak

Kamis, 25 April 2019 16:04 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Terlalu Sering Gunakan Alat Penata Bisa Buat Rambut Cepat Rusak Ilustrasi menata rambut dengan catok. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Alat penata rambut seperti hairdryer dan catok hampir tak bisa dilepaskan dari kehidupan sejumlah orang saat ini. Namun di balik manfaatnya dalam membuat rambut tampak bagus, penggunaan sejumlah alat ini bisa membuat keratin rambut berkurang sehingga rambut lebih mudah patah.

"Panas dari blow dry dapat meningkatkan suhu air pada batang rambut. Hal ini membuat rambut lebih mudah patah. Selain itu, rambut tanpa proteksi akan memiliki dampak negatif lebih tinggi. Harus ada perawatan lebih untuk rambut," jelas spesialis kulit dan kelamin, dr Gloria Novelita.

Dr. Gloria merekomendasikan penggunaan hairdryer yang aman yakni dengan jarak 15 cem dari batang rambut. Nozzle atau corong hairdryer juga harus digunakan untuk mengurangi paparan panas.

Selain itu, Gloria mengingatkan untuk menghindari penggunaan catok pada rambut basah, serta terapkan hanya sekali pada setiap permukaan untuk menghindari kerusakan rambut.

Rambut yang rusak memiliki permukaan yang tidak rata. Kondisi itu akan membuat rambut terlihat kusam. Sebaliknya, rambut sehat memiliki permukaan rata sehingga terlihat lebih berkilau. Ini karena permukaan rambut yang rata bisa merefleksikan kembali sinar yang menerpanya.

Selain melakukan langkah pencegahan seperti yang telah disebutkan, penting juga untuk menutrisi rambut. Dr Gloria mengatakan ada cara internal dan eksternal dalam menutrisi rambut.

"Ada cara internal yakni dengan memperhatikan asupan konsumsi sehari-hari. Seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C dan Vitamin E. Mikronutria seperti zinc dan lainnya juga dibutuhkan." kata Gloria.

Sementara cara eksternal yakni dengan menggunakan vitamin rambut. Pilih vitamin rambut yang tak hanya menutrisi melainkan juga mampu melindungi rambut ketika di-styling.

Jika rambut Anda sudah sangat rusak, kurangi atau bahkan hentikan penggunaan alat styling. Rambut rusak tidak dapat diperbaiki secara instan. Perlu waktu serta kesabaran saat melakukannya. Anda dapat menggunakan vitamin serta masker rambut untuk membantu proses perbaikan rambut yang rusak.

"Penggunaan vitamin dan masker rambut dapat mengatasi kerusakan karena styling. Frekuensi penggunaan masker rambut dapat disesuaikan dengan kebutuhan tiap individu." tandas Gloria.

Penulis: Khairuni Cesario
Sumber: Liputan6.com [RWP]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini