Selain karena kering, 6 hal ini juga bisa bikin tumitmu pecah-pecah

Senin, 11 September 2017 15:43 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
Selain karena kering, 6 hal ini juga bisa bikin tumitmu pecah-pecah Ilustrasi tumit pecah. boldsky.com

Merdeka.com - Coba lihat telapak kakimu, apakah bagian tumitnya pecah-pecah atau retak? Biasanya kondisi ini terjadi akibat kulit yang kering. Sehingga kamu disarankan untuk mengoleskan losion atau krim anti kulit kering agar tumit mulus kembali.

Namun setelah beberapa kali perawatan, tumit tetap saja pecah-pecah. Well, bisa jadi bukan kondisi kulit kering yang jadi sebabnya. Namun faktor berikut ini.

Tekanan yang berlebih di kaki

Tumit yang pecah bisa jadi tanda bahwa kamu memiliki berat badan berlebih. Akibatnya akan timbul tekanan ekstra di kaki yang membuat tumitmu jadi retak.

Infeksi jamur

Infeksi jamur yang biasanya muncul di kaki yang lembab juga bisa membuat tumit pecah. Infeksi ini bisa sangat menular, apalagi jika terjadi kontak langsung dengan si penderita.

Psoriasis

Psoriasis adalah suatu gangguan kulit yang membuat kulit jadi keriput, muncul bercak kemerahan, serta adanya kerak yang tampak. Hal ini akan membuat tumit pun pecah-pecah.

Eksim

Eksim membuat kulit jadi kering, merah, gatal, dan retak-retak. Faktor seperti stres, penggunaan sabun berbahan kimia terlalu keras, serta alergi akan membuat munculnya eksim.

Juvenile Plantar Dermatosis

Juvenile Plantar Dermatosis merupakan masalah kulit yang ditandai dengan tumit jadi mengkilap dan lama-kelamaan akan pecah karena gesekan yang terjadi.

Terbakar sinar matahari

Tahukah kamu bahwa sinar matahari yang terlalu terik membakar kulitmu juga bisa membuat tumit jadi pecah-pecah? Oleh karena itu jangan lupa untuk mengoleskan krim anti tabir surya di kaki ketika akan beraktivitas di luar rumah. [feb]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini