Seberapa Sering Sebenarnya Kita Harus Mencuci Handuk Mandi?

Kamis, 8 Desember 2022 13:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Seberapa Sering Sebenarnya Kita Harus Mencuci Handuk Mandi? Ilustrasi handuk. Shutterstock/mrcmos

Merdeka.com - Sejumlah hal yang kita gunakan setiap hari perlu untuk dicuci secara rutin. Hal ini tak hanya pada pakaian yang kita gunakan saja namun juga pada berbagai benda lain seperti sarung bantal dan handuk.

Handuk merupakan salah satu hal yang kita gunakan setiap hari. Dalam sehari, handuk pasti kita gunakan lebih dari sekali, baik untuk mandi, menyeka keringat, atau untuk melakukan hal-hal lainnya.

Jika kamu termasuk orang yang mandi dua kali sehari secara teratur, biasanya handuk yang kamu gunakan tidak dalam kondisi benar-benar kering setiap harinya. Selain itu, penggunaan handuk ini juga biasanya memindahkan kotoran yang muncul dan menempel di dirimu.

Menempelnya kotoran serta kondisi lembap pada handuk ini menjadikannya sebagai sarang yang sangat disukai oleh kuman. Bersarangnya kuman ini menjadikan handuk menjadi bau dan kotor sehingga menggunakannya terus-menerus bisa memiliki dampak buruk terhadap kulit kita.

Untuk mencegah terjadinya sejumlah masalah tersebut, mencuci handuk merupakan hal yang bisa dilakukan. Lalu seberapa sering sebaiknya kita mencuci handuk kita?

2 dari 2 halaman

Seberapa Sering Kita Perlu Mencuci Handuk

Dilansir dari Livestrong, Stacy Chimento, MD, dokter spesialis kulit dari Riverchase Dermatology, mengungkap bahwa pada handuk mandi, kamu sebaiknya mencucinya setelah digunakan tiga hingga empat kali. Maksimal, handuk ini sebaiknya digunakan hingga seminggu.

Pada handuk yang kamu gunakan untuk berolahraga dan disimpan di dalam tah, sebaiknya kamu segera mencucinya dan menggunakan handuk bersih dan baru terus. Pasalnya, kondisi ini bisa menjadi sarang bagi tumbuhnya bakteri dan kuman secara subur.

Pada handuk tangan dan lap, keduanya perlu dicuci secara lebih sering. Hal ini perlu dilakukan karena di samping lebih sering digunakan, keduanya juga digunakan oleh lebih banyak orang sehingga lebih banyak kuman yang menempel.

Pada handuk lap yang menempel di kamar mandi, jumlah kuman dan bakteri yang ada lebih tinggi. Kloset di kamar mandi yang cenderung terbuka bisa menerbangkan kuman dan bakteri ke udara dan kemudian menempelkan di handuk.

Pada handuk lap ini, kamu sebaiknya mencucinya sekitar dua hingga tiga hari sekali. Selain itu, pastikan juga untuk selalu menutup kloset untuk mencegah bakteri dan kuman berterbangan. [RWP]

Baca juga:
Cegah Masalah Kulit, Lansia Disarankan Mandi Maksimal 10 Menit
Pentingnya Melakukan Pemeliharaan Kulit Sejak Dini
Mengenal Ichthyosis, Kelainan Kulit yang Lebih Tipis dari Orang Normal

Baca juga:
Cegah Masalah Kulit, Lansia Disarankan Mandi Maksimal 10 Menit
Pentingnya Melakukan Pemeliharaan Kulit Sejak Dini
Mengenal Ichthyosis, Kelainan Kulit yang Lebih Tipis dari Orang Normal

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini