Salahkan hormon kamu untuk 5 gangguan kesehatan ini!

Sabtu, 5 Desember 2015 12:03 Reporter : Siti Rutmawati
Salahkan hormon kamu untuk 5 gangguan kesehatan ini! ilustrasi wanita. ©www.healthline.com

Merdeka.com - Sering merasa perut kembung, iritasi atau merasa tidak enak badan tanpa alasan yang jelas? Mungkin kamu bisa menyalahkan kondisi kamu ini pada ketidakseimbangan hormon. Hormon adalah bahan kimia yang bertugas sebagai pengirim pesan agar sel-sel dan organ tubuh berfungsi dengan baik.

Ketidakseimbangan hormon ini sebenarnya normal terjadi pada wanita terutama pada beberapa titik tertentu seperti sebelum dan selama periode menstruasi, kehamilan dan selama menopause. Hal lain yang bisa jadi penyebab terjadinya ketidakseimbangan hormon ini adalah konsumsi beberapa obat. Melansir dari WebMD berikut ini merupakan beberapa efek yang terjadi saat hormon dalam tubuh kamu tidak seimbang.

1. Periode tidak teratur

Periode menstruasi pada wanita bisanya hadir dalam jangka 21-35 hari. Memiliki terlalu banyak atau sedikit hormon tertentu seperti estrogen dan progesteron berpengaruh pada periode menstruasi kamu. Ini bisa mengakibatkan menstruasi kamu tidak hadir pada kisaran waktu yang sama, atau bahkan bisa saja kamu melewatkan menstruasi selama beberapa bulan.

2. Gelisah saat tidur

Ketidakseimbangan hormon bisa membuat kamu tidak bisa tidur dengan nyenyak. Kekurangan hormon progesteronlah yang menyebabkan kamu sulit untuk mendapatkan tidur yang nyenyak. Selain itu hormon estrogen yang rendah dapat memicu kamu untuk berkeringat di malam hari yang artinya kamu tidak bisa tidur dengan nyaman.

3. Sulit mengingat

Para ahli masih belum yakin bagaimana hormon mempengaruhi otak seseorang. Tetapi yang pasti perubahan estrogen dan progesteron dapat membuat kamu sedikit kesulitan untuk mengingat beberapa hal. Hormon estrogen berdampak pada zet kimia otak yang disebut neurotransmitter. Masalah konsentrasi dan ingatan adalah masalah umum yang terjadi pada masa perimenopause dan menopause.

4. Kelelahan sepanjang waktu

Kelelahan adalah salah satu gejala yang paling umum terjadi karena ketidakseimbangan hormon. Kelebihan progesteron dapat membuat kamu merasa mengantuk. Selain itu, kekurangan hormon tiroid juga bisa mengambil peran dalam hal ini.

5. Vagina kering

Jika hal ini terjadi sesekali, maka itu masih menjadi hal yang normal. Tetapi, ketika vagina kamu kering dan menyebabkan iritasi, hal ini bisa disebabkan oleh rendahnya hormon estrogen. Hormon ini membantu jaringan vagina tetap lembap dan nyaman. Jika hormon estrogen menurun dan menjadi tidak seimbang, maka ini akan mengurangi cairan vagina dan membuatnya iritasi.

Selain itu, kekurangan estrogen pada wanita juga bisa memicu terjadinya sakit kepala. Sebenarnya, banyak hal yang menyebabkan orang sakit kepala, tetapi jika sakit kepala ini terjadi pada sekitar waktu yang sama setiap bulan, mungkin ini disebabkan oelh penurunan kadar hormon estrogen dalam tubuh kamu. [SRA]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini