Pantat Sakit dan Pegal Akibat Terlalu Banyak Duduk, Begini Cara Mengatasinya

Rabu, 13 April 2022 13:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Pantat Sakit dan Pegal Akibat Terlalu Banyak Duduk, Begini Cara Mengatasinya ilustrasi sakit punggung. © www.medicalnewstoday.com

Merdeka.com - Bekerja dari rumah merupakan hal yang bisa dilakukan pada saat ini. Hal ini bahkan telah dilakukan banyak orang sejak beberapa bulan belakangan.

Sayangnya, kadang kondisi rumah milik kita tidak benar-benar cocok untuk bekerja dibandingkan kantor. Tidak ada meja dan kursi khusus untuk kerja membuat beberapa masalah mungkin terjadi ketika bekerja dari rumah.

Kondisi bekerja dari rumah ini bisa menyebabkan masalah pada berbagai organ tubuh. Hal ini menyebabkan tekanan pada leher, punggung, serta pantat.

Hal ini terjadi karena kondisi rumah yang tidak memungkinkan bisa menyebabkan kamu bekerja dari kasur di rumah. Bahkan kamu juga bisa bekerja di sofa dengan memangku laptop. Sejumlah hal tersebut tentu saja tidak ideal untuk tubuhmu.

Duduk dalam posisi tidak ideal dalam waktu lama bakal menyebabkan tekanan yang tidak menyenangkan pada pantat. Hal ini bisa berupa rasa sakit dan nyeri pada bagian pantat baik ketika berdiri dan berjalan.

Kondisi ini tidak hanya berupa rasa sakit dan nyeri sederhana namun bisa lebih dari itu. Duduk dalam waktu lama setiap hari bisa berdampak pada meningkatnya risiko obesitas.

Walau begitu, rasa nyeri dan pegal di pantat ini juga tak bisa dikesampingkan dan juga perlu diatasi. Dilansir dari Medical Daily, berikut sejumlah cara untuk meredakan dan mengatasi rasa sakit dan pegal di pantat.

2 dari 4 halaman

Jangan Duduk Terlalu Lama

Cara pertama dan paling penting untuk meredakan rasa sakit di pantat adalah dengan mengubah kebiasaan. Hal ini terutama ketika kamu sering duduk dan berdiam di rumah.

"Gaya hidup kurang gerak menyebabkan rasa pegal dan tegang pada otot gluteal dan flexors pinggang ketika diregangkan dan ditegangkan," terang Fred Chen, fisioterapis.

"Oleh karena itu, kamu perlu menghindari kebiasaan duduk terlalu lama pada posisi yang sama. Mulai berjalan dan lakukan sejumlah peregangan ringan," sambungnya.

3 dari 4 halaman
pantat sakit dan pegal akibat terlalu banyak duduk, begini cara mengatasinya

Lakukan Olahraga

Melakukan olahraga sederhana yang berpusat pada punggung dan pantat bisa membantu mengatasi masalah ini. Disarankan untuk melakukan pemanasan dan peregangang sebagai rutinitas rutin.

Memutar pinggul serta meregangkan punggung dan panat juga bisa membantu meringankan rasa pegal. Selain itu, kamu bisa menjalani gaya hidup lebih aktif untuk menghindari terjadinya masalah ini.

4 dari 4 halaman

Betulkan Postur

Meningkatkan postur tubuh juga bisa membantu punggung dan pantat. Kamu bisa melakukannya dengan duduk tegak dan pastikan monitor berada pada posisi sejajar dengan mata atau sedikit lebih bawah.

Pastikan juga untuk membatasi jumlah jam kerja yang kamu lakukan setiap hari. Imbangi dengan gaya hidup serta konsumsi makanan sehat untuk mencegah munculnya sejumlah masalah ini. [RWP]

Baca juga:
Basahi Bibir dengan Air Liur Justru Bisa Memperkering, Begini Cara Atasinya
Tips Sesuaikan Pola Tidur secara Efektif selama Bulan Ramadan
Tips agar Tak Terpapar COVID-19 di Kala Ramadan
Pentingnya Waktu Makan Sahur untuk Jaga Kesehatan selama Puasa Ramadan
Tips bagi Orangtua untuk Biasakan Anak Puasa untuk Kali Pertama
Ketahui Makanan yang Tepat untuk Sahur dan Berbuka demi Jaga Kesehatan saat Puasa

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini