Mendengarkan musik pakai headphone merusak telinga

Jumat, 12 Juli 2013 19:06 Reporter : Kun Sila Ananda
Mendengarkan musik pakai headphone merusak telinga Ilustrasi mendengarkan musik. ©Shutterstock.com/ Monkey Business Images

Merdeka.com - Mendengarkan musik menggunakan headphone atau earphone adalah hal biasa yang dilakukan banyak orang. Jika Anda termasuk orang yang suka mendengarkan musik menggunakan headphone atau earphone, sebaiknya berhati-hatilah.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa anak muda yang sering menggunakan headphone dengan volume yang tinggi lebih rentan mengalami gangguan pendengaran dibandingkan anak muda yang jarang menggunakan headphone. Hasil ini ditemukan oleh peneliti di New York City Health Department.

Penelitian ini menemukan bahwa hampir 25 persen orang berusia 18 - 44 tahun yang menggunakan headphone dengan volume tinggi mengalami gangguan pendengaran seperti telinga yang berdenging atau kehilangan pendengaran, seperti dilansir oleh NY Daily News (12/07).

Masalah pendengaran ditemukan pada 23 persen orang yang mendengarkan musik melalui headphone dengan volume keras, dibandingkan hanya sembilan persen orang yang tak pernah menggunakan headphone dan 10 persen orang yang jarang menggunakan headphone. [kun]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Penelitian
  3. Kesehatan Telinga
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini