Antisipasi Masalah, Begini Cara Cek Kesehatan Organ Kewanitaan Secara Mandiri

Selasa, 20 Agustus 2019 19:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Antisipasi Masalah, Begini Cara Cek Kesehatan Organ Kewanitaan Secara Mandiri ilustrasi area kewanitaan. ©www.newhealthadvisor.com

Merdeka.com - Kesehatan organ intim kewanitaan atau vagina merupakan salah satu hal yang sering dikesampingkan banyak orang. Hal ini mungkin baru disadari seseorang ketika masalah kesehatan di organ kewanitaan mereka sudah parah.

Beberapa orang tidak memahami masalah pada organ kewanitaan ini karena kurangnya pengetahuan yang mereka miliki. Banyak orang yang tidak mengecek kesehatan organ kewanitaan mereka dengan benar karen tidak tahu cara melakukannya.

Pengecekan terhadap organ kewanitaan ini sebenarnya bisa kamu lakukan sambil atau setelah mandi. Pengecekan ini sebaiknya juga dilakukan secara rutin untuk mencegah potensi masalah dan mengetahui kondisi yang kamu alami.

Pengecekan ini sangat penting karena sejumlah masalah kesehatan dan infeksi bisa terjadi. Ketika hal ini tidak diatasi dengan benar, bisa terjadi masalah kesehatan serius bahkan hingga membuatmu tidak subur.

Terdapat langkah-langkah pengecekan kesehatan organ kewanitaan yang bisa kamu lakukan. Dilansir dari Her, berikut langkah-langkah yang bisa kamu terapkan untuk mengecek kesehatan organ intim yang kamu miliki.

1 dari 3 halaman

Posisi yang Tepat

1. Pastikan untuk melepas pakaian yang kamu gunakan

2. Duduk di kasur atau di lantai dengan bersandar pada bantal yang menempel ke tembok. Buka paha dan rentangkan kaki selebar-lebarnya.

2 dari 3 halaman

Lakukan Pemeriksaan Menyeluruh

3. Periksa sejumlah bagian dari vulva melingkupi klitoris, bagian dalam, dan luar labia. Perhatikan warna, bentuk, dan ukuran dari tiap bagian. Dengan cara ini kamu bisa mengenali dengan mudah jika muncul perubahan.

4. Waspada jika terdapat benjolan, rasa perih, atau pendarahan tanpa menstruasi yang terjadi pada vagina. Ketika hal ini muncul, segera temui dokter untuk memastikan kondisinya baik-baik saja.

3 dari 3 halaman

Munculnya Bakteri

Salah satu masalah yang sering terjadi adalah munculnya bakteri di vagina. Masalah ini sangat umum terjadi dan biasa disebabkan karena ketidakstabilan pH dan bisa menyebabkan munculnya bau tidak familiar dan kondisi tak bisa lainnya. [RWP]

Baca juga:
Apakah Penting Bercinta Setiap Hari Bagi Pasangan Suami-Istri?
Konsumsi Kacang Secara Rutin Bisa Jaga Tingkat Kesuburan dan Hasrat Seksual Pria
Begini Cara Memberi Edukasi Seks yang Tepat Bagi Anak Sesuai Usia Mereka

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini