Makanan yang harus dihindari penderita hepatitis B

Rabu, 30 Oktober 2013 18:03 Reporter : Rizqi Adnamazida
Makanan yang harus dihindari penderita hepatitis B Ilustrasi cabai. ©Shutterstock/ten43

Merdeka.com - Hepatitis B adalah penyakit hati yang disebabkan oleh virus VHB yang bisa memicu kanker. Agar hepatitis B tak bertambah parah, penderita sebaiknya menghindari konsumsi makanan dan minuman seperti yang dilansir dari Mag for Women berikut ini.

Cabai dan lada

Makanan dengan tambahan bahan cabai, bawang bombai, dan lada sebaiknya dihindari oleh penderita hepatitis B karena sifatnya terlalu panas bagi hati.

Gorengan

Makanan yang digoreng mengandung minyak yang terlalu banyak dan sifatnya membahayakan hati. Jadi masukkan gorengan ke dalam makanan yang harus dihindari penderita hepatitis B.

Kafein

Entah itu kopi, cokelat, atau teh, makanan atau minuman berkafein tinggi juga perlu dihindari karena bisa memperparah kondisi hepatitis B.

Karbohidrat olahan

Karbohidrat olahan mengandung glukosa tinggi yang bisa memperburuk kesehatan hati. Contoh makanan tersebut adalah produk roti, es krim, dan permen.

Alkohol

Bahkan bagi orang dengan kondisi sehat sekali pun, alkohol dianjurkan untuk tidak dikonsumsi. Jadi penderita hepatitis B juga sebaiknya menghindari minuman ini.

kacang

Kacang memang mengandung protein tinggi, tetapi makan kacang bisa membuat pembuluh darah menjadi panas. Sehingga kacang juga perlu dihindari oleh penderita hepatitis B.

daging olahan

Tidak peduli daging merah atau putih, jika diolah, penderita hepatitis B sebaiknya tidak mengonsumsi makanan ini. Sebab daging olahan sama sekali tidak sehat bagi tubuh.

Keju

Keju mungkin mengandung susu yang menyehatkan. Tetapi kandungan lemak di dalam keju jauh lebih tinggi sehingga membuatnya menjadi makanan yang juga harus dihindari.

Zat besi

Hindari makanan yang kaya akan zat besi seperti bayam. Sebab mineral berupa zat besi sifatnya mampu mengeluarkan sodium yang mengganggu kinerja hormon dalam tubuh.

Teh

Satu lagi minuman yang juga bisa mengganggu metabolisme. Adalah teh, yang sebaiknya dihindari penderita hepatitis B agar kondisinya tak semakin memburuk.

Itulah berbagai makanan dan minuman yang harus dihindari penderita hepatitis B.

Baca juga:

Kenapa makanan enak sulit untuk ditolak?

5 Pola makan sehat yang jarang diketahui selama ini

Jangan lagi makan 3 kali sehari!

Pola makan yang tingkatkan risiko diabetes

5 Alasan kenapa ngemil itu penting [riz]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Top List
  3. Tips Sehat
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini