Macam-macam Penyakit Mata dan Cara Mencegahnya

Rabu, 13 November 2019 14:54 Reporter : Khulafa Pinta Winastya
Macam-macam Penyakit Mata dan Cara Mencegahnya Ilustrasi katarak. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/Tyler Olson

Merdeka.com - Macam-macam penyakit mata perlu diperhatikan oleh setiap orang. Mata merupakan organ vital manusia yang digunakan untuk melihat dan beraktifitas. Maka dari itu, jangan sampai penyakit mata malah menjadi menghambat aktivitas.

Penyakit mata biasanya disebabkan karena alergi, infeksi, atau kurangnya cairan yang mengakibatkan mata menjadi kering sehingga terasa pedih. Terlalu fokus memandang obyek secara berlebihan juga bisa menjadikan mata menjadi kering. Hal ini bisa terjadi apabila terlalu banyak melihat layar komputer, menonton televisi, atau bermain gadget.

Penyebab sakit mata yang lain juga bisa dikarenakan kurang tidur, kekurangan asupan gizi, bahkan melemahnya sistem kekebalan tubuh. Penyakit mata merupakan gangguan kesehatan yang cukup sering terjadi pada masyarakat. Perawatannya pun beragam, ada yang sembuh dengan sendirinya dan ada yang membutuhkan pengobatan medis.

Berikut macam-macam penyakit mata yang umum terjadi seperti dirangkum merdeka.com dari berbagai sumber :

1 dari 4 halaman

Katarak

Penyakit katarak merupakan penyebab kebutaan nomor satu di Indonesia. Penyakit ini membuat lensa mata menjadi keruh sehingga mengakibatkan pandangan menjadi kabur.

Biasanya, katarak di sebabkan karena protein menggumpal di lensa mata karena penuaan. Tetapi, katarak juga bisa disebabkan oleh diabetes, paparan sinar matahari, dan efek samping obat tertentu. Cara mengatasinya biasanya dilakukan operasi.

Glaukoma

Glaukoma terjadi ketika saraf optik mata rusak. Kerusakan saraf optik tersebut disebabkan karena peningkatan tekanan di dalam bola mata akibat adanya timbunan cairan.

Glaukoma dapat terjadi di segala usia, tetapi lebih sering menyerang lansia. Penyakit mata ini merupakan salah satu penyebab utama kebutaan bagi orang yang sudah berusia di atas 60 tahun.

Penyakit ini bisa diatasi dengan obat minum atau obat tetes untuk mengurangi tekanan di dalam bola mata. Bisa juga dilakukan operasi laser maupun konvensional.

2 dari 4 halaman

Konjungtivitas

Penyakit mata ini terjadi saat jaringan lunak di sekitar mata meradang sehingga membuat mata merah, berair, perih dan gatal. Di lansir dari laman Klikdokter.com penyakit ini terjadi karena adanya iritasi akibat infeksi pada bagian selaput konjungtivas yang melapisi mata.

Cara mengatasi konjungtivitas disesuaikan dengan penyebabnya. Jika disebabkan oleh alergi penanganannya adalah dengan menjauhi pemicu alergi dan mengonsumsi obat antihistamin. Jika disebabkan oleh infeksi virus, konjungtivitis dapat sembuh sendiri dalam beberapa hari.

Berbeda jika penyebabnya karena infeksi bakteri, dibutuhkan pengobatan dengan obat tetes mata atau salep mata antibiotik.

Mata Kering

Keluhan ini sering dialami oleh para lansia. Biasanya penderitanya akan merasakan mata terasa berpasir atau seperti ada benda asing di mata. Faktor penyebabnya bisa bermacam-macam, mulai dari kurangnya produksi air mata, penyakit autoimun, infeksi, iritasi, alergi, kekurangan nutrisi, mata terlalu sering terpapar angin atau sinar matahari, hingga efek samping obat-obatan.

Mata kering bisa ditangani dengan penggunaan obat tetes air mata, atau obat untuk meningkatkan produksi air mata.

Kelainan Refraksi

Kelainan refraksi membuat penderitanya kesulitan melihat dengan jelas (buram) karena fokus mata tidak jatuh pada titik yang seharusnya.
Pada penderita kelainan refraksi, fokus cahaya tidak jatuh tepat di retina. Akibatnya, objek tampak buram.

Kelainan refraksi ini bisa digolongkan menjadi empat jenis, yaitu rabun dekat, rabun jauh, Presbiopi atau mata tua, dan Astigmatisme atau mata silinder.

3 dari 4 halaman

Kelainan Kornea

Beberapa kemungkinan kelainan kornea yang bisa terjadi di antaranya :

  • Ulkus kornea, luka pada kornea mata akibat infeksi, cedera, atau paparan zat iritatif pada mata. Penyakit mata ini dapat membuat mata nyeri, berair, silau, bahkan hingga kebutaan
  • Distrofi kornea, yaitu kornea yang kehilangan kejernihan nya karena adanya penumpukan zat tertentu pada permukaan atau di belakang lapisan kornea.
  • Keratitis, yaitu peradangan pada kornea akibat infeksi atau iritasi terhadap zat tertentu.



4 dari 4 halaman

Pencegahan Sakit Mata

mata

Dari berbagai penjelasan tentang macam-macam penyakit mata di atas, tentunya penting bagi kita untuk mengerti dan waspada terhadap hal-hal yang bisa memicu penyakit mata. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit mata :

  • Mengenakan kacamata saat bekerja wilayah yang kemungkinan terdapat bahan kimia industri dan lainnya.
  • Jauhkan penyemprotan bahan kimia dari mata (parfum, pengharum ruangan dll)
  • Memeriksa lensa kontak
  • Hindari berenang di air yang memiliki kandungan klorin
  • Mata harus di cuci dengan air agar tetap bersih
  • Memperhatikan kosmetik yang digunakan di area mata seperti eyeshadow, eyeliner, dan alat kosmetik lainnya
[khu]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini