Kondisi Asma Tidak Boleh Buat Anak Enggan Berolahraga

Senin, 17 Mei 2021 09:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Kondisi Asma Tidak Boleh Buat Anak Enggan Berolahraga Ilustrasi Anak Berolahraga. ©Healthline

Merdeka.com - Bagi anak yang tengah mengalami asma, olahraga merupakan hal yang tidak boleh dikesampingkan. Malahan, pakar menyarankan bagi mereka untuk berolahraga terutama ketika penyakitnya terkendali.

Profesor Bambang Supriyanto dari Unit Kerja Koordinasi Respirologi Ikatan Dokter Anak Indonesia mengatakan bahwa ketika terjadi serangan, anak dengan asma memang tidak boleh berolahraga.

"Ketika dia serangan rasanya seperti ikan yang tidak di air, kurang oksigen," kata Bambang. "Jadi kalau lagi serangan ya tentu tidak boleh," katanya dalam temu media virtual beberapa waktu lalu.

Namun, Bambang mengatakan bahwa apabila asmanya dalam kondisi tenang atau terkontrol, justru anak dianjurkan untuk berolahraga.

"Tentu dengan obat-obatan dia tidak lagi serangan, sehingga olahraganya bisa," ujarnya seraya menambahkan bahwa semua jenis olahraga boleh dilakukan oleh penyandang asma.

"Jadi tidak ada alasan anak asma tidak boleh ikut berolahraga. Tentu kalau dia asmanya berat sekali ya sesuai dengan kemampuannya dia," kata Bambang.

Baca Selanjutnya: Kendalikan Asma dengan Baik...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini