Ketahui 6 Penyebab Flek Hitam di Wajah dan Cara Menghilangkannya

Rabu, 13 November 2019 13:30 Reporter : Siwi Nur Wakhidah
Ketahui 6 Penyebab Flek Hitam di Wajah dan Cara Menghilangkannya Flek Hitam di Wajah. ©2018 YouTube.com

Merdeka.com - Kulit jadi bagian tubuh terluar yang kerap terpapar berbagai jenis polusi. Seperti paparan sinar matahari langsung, debu, kotoran dan udara yang tidak bersahabat. Kondisi tersebut dapat jadi penyebab flek hitam di wajah, dan memicu kemunculan berbagai masalah kulit lainnya.

Ada banyak masalah kulit yang cukup umum terjadi, seperti jerawat, kulit kusam, komedo, pori-pori besar hingga flek hitam. Semua masalah kulit tersebut tidak hanya mempengaruhi kesehatan kulit saja, tapi juga penampilan.

Flek hitam jadi satu di antara masalah kulit yang dianggap mengganggu penampilan. Bagi sebagian orang, keberadaan flek hitam di wajah, membuat warna kulit menjadi tidak merata dan tampak kusam. Di sisi lain, sebagian lainnya menganggap flek hitam sebagai tren make up yang unik, sampai ada yang membuat tips make up dengan flek hitam buatan, lho.

Secara umum, flek hitam tidak selalu berbahaya bagi kesehatan kulit. Namun, ada kondisi di mana flek hitam bisa menjadi pertanda masalah kesehatan yang lebih serius. Apa saja penyebab flek hitam di wajah dan bagaimana cara menghilangkannya? Simak ulasannya berikut ini.

2 dari 6 halaman

Penyebab Flek Hitam yang Normal

hitam yang normal rev1

1. Paparan Sinar Matahari

Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat memicu berbagai masalah kulit, dari masalah ringan hingga masalah serius seperti kanker kulit. Flek hitam bisa muncul bertahap apabila kulit terlalu lama dan sering terpapar sinar matahari langsung.

Sinar UV atau ultraviolet memicu efek radikal bebas di kulit, yang menjadi awal kemunculan flek hitam kecokelatan. Apabila radikal bebas dibiarkan dan bertambah parah, masalah flek hitam bisa menjadi lebih serius dan berbahaya.

2. Hiperpigmentasi

Masih berkaitan dengan paparan sinar matahari, sel kulit memiliki kemampuan untuk memproduksi melanin ekstra sebagai bentuk perlindungan dari kerusakan akibat paparan sinar matahari.

Namun, kemampuan ini jugalah yang menjadi penyebab flek hitam di wajah dan di bagian kulit lainnya, atau biasa disebut hiperpigmentasi. Produksi melanin yang berlebihan dapat menyebabkan kulit menjadi lebih gelap dan memicu kemunculan bintik-bintik hitam.

3 dari 6 halaman

Penyebab Flek Hitam yang Wajar

hitam yang wajar rev1

3. Bekas Jerawat

Selain dua penyebab flek hitam yang normal di atas, ada dua penyebab flek hitam lagi yang bisa dikategorikan wajar dan tidak berbahaya. Yaitu, bekas jerawat dan faktor keturunan. Bekas jerawat menjadi penyebab flek hitam yang cukup wajar, karena luka akibat jerawat dapat membuat warna kulit menjadi lebih gelap dan menyerupai flek hitam.

4. Faktor Keturunan

Tidak hanya faktor dari luar saja yang dapat jadi penyebab flek hitam, tapi juga dari dalam tubuh. Bagi seseorang yang memiliki riwayat keluarga dengan flek hitam atau kemampuan produksi melanin berlebihan, flek hitam di wajah sangatlah wajar.

Penyebab flek hitam ini biasanya lebih sering terjadi pada orang dengan warna kulit yang lebih putih atau cerah, memiliki warna rambut merah, pirang atau cokelat.

4 dari 6 halaman

Penyebab Flek Hitam yang Harus Diwaspadai

hitam yang harus diwaspadai rev1

5. Kerusakan Hati

Keberadaan flek hitam tidak melulu wajar dan normal, tapi juga bisa menjadi pertanda masalah serius, salah satunya kerusakan hati. Kemunculan flek hitam di wajah dan bagian kulit lain secara tidak wajar, menjadi pertanda tubuh tidak dapat menghilangkan racun di dalamnya. Kerusakan ini membuat sel kulit menjadi rusak dan berubah warna cokelat kehitaman seperti flek hitam.

6. Gejala Kanker Kulit

Satu lagi penyebab flek hitam yang berbahaya dan tidak boleh disepelekan, yaitu gejala kanker kulit. Kerusakan sel kulit akibat paparan sinar matahari yang berlebihan dapat meningkatkan risiko kanker kulit.

Kanker ini biasanya diawali dengan kemunculan bercak hitam atau flek hitam di permukaan kulit, sangat mirip dengan flek hitam lainnya. Bedanya, flek hitam gejala kanker kulit dapat berkembang menjadi ukuran yang lebih besar dan bentuknya lebih tidak teratur.

5 dari 6 halaman

Cara Menghilangkan Flek Hitam

flek hitam rev1

Untuk menghilangkan flek hitam secara menyeluruh memang sulit. Pemakaian produk perawatan kulit saja tidak cukup untuk menghilangkan flek hitam di wajah. Setidaknya ada 3 cara menghilangkan flek hitam yang bisa dilakukan:

1. Perawatan Laser

Perawatan ini berfokus pada masalah kerusakan kulit dengan menggunakan sinar laser. Tidak hanya aman, perawatan laser memiliki risiko luka pasca perawatan lebih rendah. Walau begitu, perawatan laser tetap menimbulkan efek samping ringan seperti gatal-gatal, pembengkakan, hingga infeksi.

2. Cryosurgery

Berbeda dengan perawatan laser, perawatan pasca cryosurgery memakan waktu lebih lama. Prosedur medis ini aman dilakukan, namun dapat menyebabkan hypopigmentasi, pendarahan hingga menimbulkan rasa panas.

6 dari 6 halaman

Cara Menyamarkan dan Mencegah Flek Hitam dengan Sunscreen

dan mencegah flek hitam dengan sunscreen rev1

Cara menghilangkan flek hitam dengan sunscreen mungkin tidak terlalu efektif, karena sunscreen hanya mampu mencegah kemunculan flek hitam baru. Walau begitu, penggunaan sunscreen cukup penting, seperti mencegah kemunculan flek hitam baru, melindungi kulit wajah dari sinar UV dan menjaga kesehatan kulit wajah.

Untuk hasil yang efektif, sangat disarankan menggunakan sunscreen dengan SPF lebih dari 30 dan mengenakannya 15 menit sebelum keluar ruangan.

Sumber: Healthline dan Medical News Today

[snw]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini