Kenali Tanda-Tanda Gejala Kanker Hidung Seperti yang Dialami Lee Chong Wei

Jumat, 14 Juni 2019 13:37 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Kenali Tanda-Tanda Gejala Kanker Hidung Seperti yang Dialami Lee Chong Wei Lee Chong Wei pensiun dari bulu tangkis. ©2019 REUTERS/Lai Seng Sin

Merdeka.com - Pebulu tangkis asal Malaysia, Lee Chong Wei baru saja mengumumkan pengunduran dirinya pada tahun ini. Sebelumnya, pada tahun lalu, Lee Chong Wei telah mengumumkan bahwa dia mengidap kanker hidung.

Wei didiagnosis kanker hidung pada tahun lalu. Dia sempat dinyatakan sehat dan kembali ke pelatihan pada Januari lalu. Namun, dokter memintanya untuk benar-benar beristirahat dari olahraga tersebut.

Kanker hidung sendiri merupakan salah satu jenis kanker yang tidak banyak diperhatikan oleh masyarakat. Ini karena kanker yang menyerang rongga hidung dan sinus paranasal ini tidak menyebabkan gejala spesifik sehingga bisa ditemukan lebih awal.

Laman American Cancer Society menyatakan bahwa banyak gejala kanker hidung disebabkan oleh kondisi jinak (non-kanker) seperti infeksi. Hal ini yang menyebabkan kanker ini biasanya tidak terdeteksi kecuali ukurannya telah membesar.

Kanker hidung terbilang cukup langka. Data dari Cedars Sinai mengungkapkan bahwa di Amerika Serikat, hanya dua ribu orang yang terdiagnosis setiap tahunnya. Di sini, pria lebih rentan terkena kanker jenis ini daripada perempuan.

Diagnosis kanker hidung biasanya ditemukan tanpa sengaja ketika seseorang melakukan pemeriksaan medis. Berikut ini adalah beberapa gejala yang mungkin timbul dari kanker tersebut:

- Hidung tersumbat yang tidak membaik bahkan memburuk

- Nyeri di atas atau di bawah mata

- Tersumbatnya satu sisi hidung

- Lendir mengalir di belakang hidung dan tenggorokan

- Mimisan

- Nanah mengalir dari hidung

- Menurunnya atau bahkan indera penciuman menghilang

- Mati rasa atau sakit di bagian wajah

- Mati rasa di gigi

- Pertumbuhan massa wajah, hidung, atau bagian atas mulut

- Mata berair secara terus menerus

- Satu mata menggembung

- Kehilangan atau perubahan dalam penglihatan

- Nyeri atau tekanan di salah satu telinga

- Gangguan pendengaran

- Sakit kepala

- Kesulitan membuka mulut

- Pembesaran kelenjar getah bening di leher

Walau sejumlah hal tersebut merupakan gejala dari kanker hidung, namun pada kondisi kesehatan lain, seseorang bisa saja mengalaminya. Walau begitu jika mengalami gejala seperti ini, sebaiknya peraksakan dirimu ke dokter.

Reporter: Giovani Dio Prasasti

Sumber: Liputan6.com [RWP]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini