Ini Alasan Mengapa Sebaiknya Kita Tidak Berkumur Usai Menyikat Gigi

Kamis, 26 Mei 2022 19:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Ini Alasan Mengapa Sebaiknya Kita Tidak Berkumur Usai Menyikat Gigi ilustrasi sikat gigi. ©www.ckmetrophotos.com

Merdeka.com - Selama ini, sejak kecil kita memiliki kebiasaan untuk berkumur usai menyikat gigi. Hal ini biasanya kita lakukan untuk membersihkan sisa-sisa pasta gigi yang menempel.

Walau begitu, ternyata tidak berkumur usai menyikat gigi sebenarnya berdampak baik untuk dilakukan. Hal ini ternyata juga bisa berdampak baik pada kesehatan gigi kita.

Dampak baik ini bisa muncul pasalnya, pasta gigi mengandung fluorida.

"Fluorida merupakan salah satu kandungan paling penting pada pasta gigi," terang Dr. Nigel Carter, dokter gigi dan CEO dari UK’s Oral Health Foundation, dilansir dari Mental Floss.

"Kandungan ini sangat membantu kesehatan mulut dengan memperkuat email gigi, membuatnya lebih tahan dari kerusakan gigi. Kandungan ini juga menurunkan jumlah asam yang diproduksi oleh bakteri dalam gigi," sambungnya.

2 dari 2 halaman

Berkumur langsung usai menyikat gigi menyebabkan fluorida yang menempel langsung menghilang dalam waktu singkat. Oleh karena itu, disarankan agar tidak berkumur usai menyikat gigi, namun meludahkannya saja.

Sayangnya, setelah menyikat gigi memang kita biasanya sangat ingin dalam membersihkan mulut. Terutama ketika kamu sudah terbiasa untuk berkumur usai menyikat gigi.

Beberapa orang biasanya menggunakan obat kumur untuk membersihkan mulut usai menyikat gigi. Sayangnya, hal ini juga kurang ideal karena kandungan fluorida di pasta gigi lebih tinggi dibanding pada obat kumur.

Penggunaan obat kumur ini disarankan untuk dilakukan pada waktu lain seperti usai makan. Untuk lebih memaksimalkan manfaatnya, pastikan untuk menggunakan metode gargling saat berkumur. [RWP]

Baca juga:
Konsumsi Makanan Berserat Bisa Bantu Kurangi Risiko Karies saat Puasa
Basahi Bibir dengan Air Liur Justru Bisa Memperkering, Begini Cara Atasinya
Begini Cara Orangtua Memeriksa Kesehatan Gigi Anak Usai Menyikatnya
Bahaya dari Perawatan Gigi yang Tidak Dilakukan oleh Dokter Gigi atau Ahli
Pentingnya Berkumur di Pangkal Tenggorok atau Gargle untuk Cegah Infeksi Saluran Napa

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini