Deteksi kanker kulit dengan tanda ABCDE

Rabu, 10 Oktober 2012 19:33 Reporter : Rizqi Adnamazida
Deteksi kanker kulit dengan tanda ABCDE Ilustrasi kanker kulit. ©2012 Shutterstock/Suzanne Tucker

Merdeka.com - Kanker kulit adalah salah satu jenis penyakit yang menghantui manusia. Padahal sebenarnya kanker kulit bisa dicegah dan ditangani dengan cepat jika deteksi dilakukan lebih awal.

Seperti yang dilansir dari Science Daily (09/10), deteksi sederhana kanker kulit bisa Anda lakukan di rumah dengan panduan tanda ABCDE. Anda juga cukup menggunakan mata dan cermin untuk memeriksa kulit sendiri.

Tanda ABCDE sebenarnya adalah cara mendeteksi kanker kulit jenis melanoma. Namun sebelum melakukan pemeriksaan, sebaiknya Anda memahami dulu arti dari tanda ABCDE.

  • Asimetris, artinya setengah bagian dari tahi lalat atau bintik pada kulit yang tidak simetris sebaiknya diwaspadai.
  • Batasan, maksudnya adalah tahi lalat atau bintik pada tubuh yang tidak wajar memiliki batas yang kurang atau tidak jelas, atau bergerigi.
  • Color (warna), jika ada bagian kulit tertentu yang memiliki warna yang berbeda dan terlalu mencolok.
  • Diameter, segala bentuk tahi lalat atau bintik pada tubuh yang melebihi ukuran 6 mm biasanya adalah gejala kanker melanoma.
  • Evolusi, apabila bentuk, warna, maupun ukuran dari tahi lalat atau bintik pada tubuh selalu berubah dari waktu ke waktu.

Setelah mengetahui pengertian tanda ABCDE, periksa tubuh sendiri pada bagian depan dan belakang. Anda pun sebaiknya berdiri di depan cermin ketika melakukan pemeriksaan. Kemudian, deteksi kanker kulit melalui langkah berikut ini.

  1. Angkat lengan dan periksa sisi kanan dan kiri tubuh.
  2. Tekuk lengan dan perhatikan lengan bawah, ketiak, sampai telapak tangan.
  3. Setelah itu, periksa belakang kaki, ruas-ruas jari, dan telapak kaki.
  4. Terakhir, jangan lupakan bagian yang sulit dilihat seperti punggung, pantat, dan kulit kepala.

Deteksi dini kanker kulit adalah kunci utama keberhasilan pengobatan. Jika Anda tidak yakin, Anda juga bisa menemui dokter untuk memeriksa diri Anda. Jangan takut jika prosesnya tidak nyaman seperti mammogram dalam mendeteksi kanker payudara. Sebab dokter biasanya hanya akan memeriksa kulit dengan bantuan kaca pembesar saja.

[riz]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini