Deretan Manfaat dari Hojicha, Teh Jepang yang Selezat Ocha dan Matcha

Minggu, 2 Oktober 2022 06:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Deretan Manfaat dari Hojicha, Teh Jepang yang Selezat Ocha dan Matcha Ilustrasi Hojicha. ©Shutterstock.com

Merdeka.com - Teh merupakan minuman sehat yang yang memiliki banyak ragam. Selain rasnya yang lezat, minuman ini juga memiliki deretan manfaat yang tak kalah luar biasa.

Salah satu negara dengan variasi teh yang beragam adalah Jepang. Selama ini, jenis teh yang banyak dikenal dan dikonsumsi adalah matcha, namun terdapat teh lain yang tak kalah luar biasanya yaitu hojicha.

Hojicha merupakan teh hijau yang dipanggang serta memiliki wangi dan rasa yang khas. Dibanding jenis teh lain, proses yang dilakukan pada teh ini membuat rasanya lebih lembut dan rendah kafein.

Selain rasa lezat yang dimilikinya, kandungan menyehatkan dari teh ini juga tak dapat dikesampingkan. Dilkumpulkan dari berbagai sumber, berikut deretan manfaat dari hojicha.

2 dari 5 halaman

Rendah Kafein dan Menenangkan

dan menenangkan rev2

Rendah Kafein

Proses pemanggangan daun teh hijau pada hojicha menjadikannya memiliki rasa lebih lembut, warna kecoklatan, serta kandungan kafein lebih tinggi. Rasa pahit dan sepat dari hojicha tak setinggi pada teh jenis lain. Hal ini menjadikannya cocok diminum walau di malam dari dan bisa dinikmati mereka yang sensitif terhadap kafein.

Menenangkan

Seperti jenis teh hijau lain, hojicha juga bisa memunculkan rasa tenang dan meredakan stres. Kandungan L-Theanine dari minuman ini bisa membantu meredakan gejala stres, depresi, serta kecemasan.

3 dari 5 halaman

Membuat Kulit terlihat Cerah dan Muda serta Mencegah Demam dan Menguatkan Kekebalan Tubuh

terlihat cerah dan muda serta mencegah demam dan menguatkan kekebalan tubuh rev2

Membuat Kulit terlihat Cerah dan Muda

Kandungan vitamin C pada hojicha bisa menghilangkan kerusakan kulit serta mencerahkan titik gelap di kulit yang disebabkan oleh bekas jerawat. Vitamin C juga bisa mencerahkan titik-titik hitam di kulit serta mencegah kerut dan mengembalikan kekenyalan kulit.

Mencegah Demam dan Menguatkan Kekebalan Tubuh

Secara umum, teh hijau Jepang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hojicha memiliki kandungan polifenol serta vitamin A,C, dan D.

Sejumlah kandungan tersebut berkhasiat untuk melawan bakteri, menghilangkan demam, mengatur, serta meningkatkan kekebalan tubuh. Penelitian juga menunjukkan bahwa hojicha bisa menurunkan risiko kanker dengan mengadang karsinogen dan mencegah pertumbuhan sel kanker.

4 dari 5 halaman

Menyehatkan Jantung serta Meningkatkan Metabolisme dan Pencernaan

serta meningkatkan metabolisme dan pencernaan rev1

Menyehatkan Jantung

Kandungan yang terdapat pada hojicha bisa membantu menyehatkan jantung. Kandungan katekin pada teh hijau bisa menurunkan tekanan darah dan kolesterol. Hal ini sekaligus bisa menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

Meningkatkan Metabolisme dan Pencernaan

Kandungan katekin pada teh bisa meningkatkan metabolisme tubuh yang bermanfaat untuk menurunkan berat badan serta pembakaran lemak dan kalori di tubuh. Minuman ini juga memiliki kandungan serat yang lebih tinggi dibanding teh lain sehingga baik bagi pencernaan.

5 dari 5 halaman

Melindungi Gigi dan Menghilangkan Rasa Sakit Radang Sendi

dan menghilangkan rasa sakit radang sendi rev1

Melindungi Gigi

Kandungan polifenol dari hojicha bisa meningkatkan kesehatan mulut. Selain itu, terdapat juga kandungan antioksidan EGCG yang bisa mencegah karang gigi dan napas buruk.

Menghilangkan Rasa Sakit Radang Sendi

Kandungan polifenol yang ada di hojicha bisa meredakan rasa sakit dan nyeri dari radang sendi. Teh ini tak hanya mengurangi peradangan saja namun juga mencegah munculnya cedera lebih lanjut pada persendian.

Deretan hal tersebut bisa kamu peroleh dari konsumsi minuman sehat ini. Segudang manfaat yang dimiliki teh ini menjadikannya pilihan minuman yang tepat untuk kamu konsumsi. [RWP]

Baca juga:
Benarkah Konsumsi Daging Bisa Menyebabkan Tubuh Jadi Berkeringat?
Begini Cara Aman Konsumsi Karbohidrat agar Tidak Sebabkan Kenaikan Berat Badan
Bisa Bermasalah, Ketahui 3 Masalah yang Muncul dari Terlalu Banyak Minum Air Putih
Cara Mencegah Stunting pada Anak, Penuhi Asupan Nutrisinya

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini